7 Makanan yang Menguatkan Gigi biar Tak Mudah Patah

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

SUPAYA gigi Anda kuat, tidak mudah patah ataupun rapuh dan rusak, maka Anda perlu mengonsumsi makanan yang menguatkan gigi. Dengan gigi yang kuat, Anda tak perlu khawatir gigi Anda akan patah saat menggigit makanan yang agak keras.

Saya pernah menyaksikan ada anak muda yang tengah menikmati hidangan siang. Eh, tiba-tiba dia bilang giginya yang depan atas ada yang patah. Dia menggigit makanan yang agak keras dan tiba-tiba ada giginya yang patah.

Kini, saat dia berbicara atau tertawa, giginya yang patah sebagian akan terlihat. Tentu saja, kondisi itu bisa membuat dia merasa kurang nyaman.

Daftar Makanan yang Menguatkan Gigi dan Kandungannya

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat gigi kuat sehingga peristiwa yang dialami anak muda seperti digambarkan di atas tidak akan Anda alami?

makanan yang menguatkan gigi

Salah satu cara menguatkan gigi adalah sering mengonsumsi makanan tertentu. Tidak hanya menguatkan gigi, mengonsumsi makanan tertentu yang akan disebutkan di bawah ini juga bisa memutihkan gigi.

Beberapa makanan yang menguatkan gigi adalah:

1. Buah Apel – Banyak Serat

Anda suka mengonsumsi buah apel? Jika suka, teruskan apa yang Anda lakukan itu. Sebab, apel mengandung banyak serat dan air. Mengonsumsi apel setelah makan bisa membersihkan kotoran yang tertinggal di gigi.

Ya, apel yang Anda kunyah bisa menggosok dan membilas partikel sisa makanan yang ada di gigi atau bagian lain dari mulut.

Mengonsumsi apel juga bisa meningkatkan produksi air liur. Kegunaan air liur adalah melawan bau mulut akibat bakteri dan sisa makanan di gigi.

2. Keju – Memperkuat Enamel Gigi

Anda juga bisa menguatkan gigi dan membuat gusi sehat dengan mengonsumsi keju. Makanan yang terbuat dari susu ini kaya akan protein dan kalsium.

Dengan demikian, mengonsumsi keju bisa melindungi dan memperkuat enamel atau lapisan terluar pada gigi.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa keju menaikkan tingkat pH dalam mulut dan menurunkan risiko kerusakan gigi.

3. Yogurt – Menjaga Kesehatan Gusi dan Menguatkan Gigi

Hampir sama dengan keju, yogurt juga mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Ditambah dengan kandungan probiotik atau bakteri baik, sering mengonsumsi yogurt bisa membantu kesehatan gusi Anda.

4. Wortel – Meningkatkan Produksi Air Liur

Wortel memang bukan makanan lezat. Tetapi, khasiatnya untuk kesehatan tinggi sangat banyak. Termasuk kesehatan gigi dan gusi.

Selain bisa membuat mata selalu sehat, sering mengonsumsi wortel juga bisa meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Mulut pun tidak akan terasa kering. Banyaknya air liur bisa mengatasi bau mulut tidak sedap.

5. Seledri – Membersihkan Gigi

Anda juga bisa membuat gigi sehat dan kuat dengan sering mengonsumsi daun seledri hijau dalam keadaan mentah.

Rasanya memang tidak lezat. Namun Anda perlu mengonsumsinya biar mulut dan gigi Anda selalu sehat. Yang perlu dikonsumsi adalah tangkai seledri. Tentu saja, sebelumnya tangkai daun seledri harus dicuci bersih dengan air mengalir (kran).

Selain itu, daun seledri juga kaya vitamin A dan C. Mampu memproduksi banyak air liur yang menetralisir bakteri.

6.  Makanan yang Menguatkan Gigi – Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga bisa dipilih untuk membuat gigi selalu kuat dan sehat. Sayur hijau, misalnya bayam dan kale. Keduanya kaya kalsium dan asam folat. Bisa membantu Anda membangun enamel gigi.

7. Kurangi Konsumsi Makanan Minuman Manis

Anda sebaiknya jangan banyak mengonsumsi makanan minuman sangat manis dan lengket. Kedua jenis makanan itu biasanya akan menyebabkan sisa makanan menempel di gigi dan diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada di mulut.

Lalu, timbullah plak pada gigi kamu. Kian lama, plak akan terus menumpuk di gigi dan bisa menyebabkan gigi Anda tidak sekuat dulu. Selain itu, plak yang menumpuk bisa menyebabkan gigi berlubang dan banyak karang gigi.

Penutup

Menguatkan gigi dan terus menjaganya biar selalu sehat dan kuat sangat penting. Gigi tidak akan mudah tanggal semasa Anda masih muda. Tentu kurang nyaman masih muda punya gigi yang patah, tanggal, berlubang, dsb.