6 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Jantung, Paru, dsb.

Herbal 0 Comments

ANDA suka buah apel? Jika ya, maka Anda sebaiknya meneruskan kebiasaan baik itu. Manfaat buah apel untuk kesehatan sangat besar. Artinya, mengonsumsi buah apel sangat baik untuk memelihara kesehatan Anda.

Bahkan buah apel juga bermanfaat untuk membuat jantung dan paru-paru Anda selalu sehat. Siapa yang tidak ingin jantungnya dan parunya selalu sehat?

Jantung dan paru-pari termasuk organ vital. Anda harus selalu menjaga dan merawat supaya jantung dan paru Anda tetap sehat.

Buah apel tinggi serat, kaya vitamin C, dan berbagai macam antioksidan. Satu buah apel mengandung 95 kalori. Sebagian besar berasal dari kandungan karbohidrat. Bagusnya, buah apel bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Sebanyak 86 persen kandungan apel adalah air.

Apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan? Bagaimana cara mengonsumsi buah apel supaya membuat Anda tetap sehat, termasuk jantung dan paru-paru Anda.

Daftar Manfaat Mengonsumsi Buah Apel untuk Kesehatan

manfaat buah apel untuk kesehatan

Berikut hasil penelitian tentang manfaat buah apel untuk kesehatan seperti dikutip oleh liputan6.com. Ternyata manfaat buah apelĀ  sangat besar. Baik manfaat buah apel hijau atau buah apel merah.

Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda sebaiknya sering mengonsumsi buah apel. Walaupun tidak setiap hari. Bisa memilih apel hijau atau apel merah.

1. Kaya Nutrisi dan Kalori

Sebagai bukti manfaat konsumsi buah apel sangat besar untuk kesehatan adalah dua cangkir apel mengandung 2.000 kalori. Selain itu, buah apel juga mengandung nutrisi yang beragam, yakni:

– 95 kalori
– 25 gram karbohidrat
– 4 gram serat
– 14 persen vitamin C
– 6 persen potasium
– 5 persen vitamin K
– 4 persen mineral, vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, dan B6.

2. Bisa Menurunkan Berat Badan

Buah apel dikenal kaya akan mineral dan serat. Studi mengungkapkan bahwa seseorang yang mengonsumsi beberapa potong buah apel merasa lebih kenyang dibandingkan minum jus apel atau produk makanan dengan varian apel.

Selain itu juga diketahui bahwa wanita yang mengonsumsi apel dalam program dietnya selama 10 minggu bisa menurunkan berat badannya 1 kg.

Dari hasil studi ini disimpulkan bahwa mengonsumsi buah ini bisa membantu menurunkan berat badan. Bisa menghancurkan lemak dalam tubuh.

3. Bisa Menyehatkan Jantung

Apel juga efektif untuk mencegah berjangkitnya sakit jantung. Sebab, buah apel mengandung serat tinggi yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Apalagi, apel mengandung polifenol yang bisa meningkatkan peran antioksidan pada tubuh. Selain menyehatkan jantung, apel juga mengandung senyawa flavonoid yang menurunkan 20 persen risiko kena stroke.

4. Turunkan Risiko Kena Diabetes

Tidak hanya menurunkan risiko sakit jantung dan stroke. Mengonsumsi apel juga bisa menurunkan risiko kena diabetes tipe 2. Menurut studi, mereka yang mengonsumsi satu buah apel tiap hari ada kemungkinan bisa menurunkan risiko kena diabetes 28 persen.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat buah apel lainnya adalah bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dan anti-inflamasi pada apel bisa melawan kanker dan kematian yang diakibatkan oleh kanker.

6. Melawan Penyakit Asma

Mengonsumsi apel juga efektif melindungi organ paru-paru dari kerusakan oksidatif. Ini tidak lain akibay sifat antioksidan pada apel.

Ada 68 ribu wanita yang yang terlibat dalam sebuah penelitian selalu mengonsumsi apel terbukti risiko kena asma lebih rendah 10 persen.

Tidak lain hal ini akibat pengaruh efek flavonoid pada kulit apel yang disebut quercetin. Mengonsumsi apel juga bisa mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan yang berkaitan dengan penyakit asma dan reaksi alergi.

!-- Ads 300x250 -->