Manfaat Daun Sirih untuk Mata Minus

Berita 0 Comments

DAUN sirih punya manfaat besar untuk kesehatan. Antara lain mengobati bau mulut, mengobati mata minus, menjaga kesehatan payudara, dsb. Daun sirih mengandung minyak atsiri yang punya khasiat untuk mematikan bakteri, jamur, antioksidan sehingga bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Tetapi, yang akan kita perbincangkan di sini adalah manfaat daun sirih untuk mata, terutama sakit mata minus.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa daun sirih sangat baik untuk mengobati mata minus. Sebab, daun sirih dengan berbagai kandungannya bisa digunakan sebagai antiseptik untuk pengobatan luka luar.

Tetapi, supaya daun sirih bisa memberikan efek positif untuk pengobatan mata, penggunaannya harus benar. Jika digunakan secara tidak benar, maka hasilnya justru membuat petaka.

Rina La Distia Nora, seorang dokter mata menyatakan permasalahan yang sering ditemukan di masyarakat adalah salah dalam penyiapan air daun sirih. Akibatnya bisa terjadi berbagai permasalahan mata, bahkan bisa terjadi infeksi mata.

Oleh karena itu, dr Rina tidak menganjurkan masyarakat menggunakan daun sirih untuk mengatasi sakit mata. Kecuali masyarakat bisa menyiapkan ramuan daun sirih dengan benar dan tepat.

manfaat daun sirih untuk mata

Cara Menyiapkan Ramuan Daun Sirih untuk Mata dengan Benar dan Aman

Pertanyaannya, bagaimana cara menyiapkan ramuan daun sirih untuk mata dengan benar dan tepat sehingga bisa menghilangkan sakit mata?

Umumnya masyarakat mengolah daun sirih dengan cara yang tidak benar / salah. Yaitu dengan cara daun sirih direbus lalu dirambang (disaring).

Tetapi kata dr. Rina, hanya dengan merebus daun sirih tidak dijamin kuman di dalam air bisa mati.

Kesalahan lain adalah masyarakat melakukan rambang ketika air rebusan daun sirih sudah dingin. Dengan cara itu justru kuman muncul lagi. Apalagi, ada infeksi debu, yaitu kotoran yang masuk ke mata.

Berikut ini adalah cara menyiapkan ramuan daun sirih untuk pengobatan mata dengan benar dan aman. Pemanfaatan daun sirih untuk pengobatan mata harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak timbul petaka yang tidak diinginkan.

Pertama: Siapkan daun sirih hijau dengan hitungan ganjil, 1, 3, 5, atau 7 lembar.

Kedua: Bersihkan daun sirih hijau menggunakan air bersih. Sebaiknya dengan air kran yang mengalir.

Ketiga: Sediakan ember kecil dan diisi dengan air bersih 1 -2 liter.

Keempat: Masukkan daun sirih yang telah dibersihkan ke dalam ember berisi air.

Kelima: Rendam (masukkan) wajah Anda ke dalam air ramun daun sirihdengan mata terbuka. Lakukan cara itu beberapa kali.

Demikian cara pemanfaatan daun sirih untuk mata yang dikutip dari Kompasiana.com.

Obat Herbal Mata Minus

Anda juga bisa menggunakan obat herbal yang antara lain dibuat dengan memanfaatkan daun sirih untuk mengobati mata minus. Namanya Miracle Betel, obat mata minus.  Selain ekstrak daun sirih (betel folium), obat herbal ini juga dibuat menggunakan bahan ekstrak lidah buaya dan mikroba positif.

Fungsi utama dari ekstrak daun sirih adalah mengatasi penyakit mata minus, mata plus dan cilinder, katarak, membersihkan mata, mengurangi ketegangan syaraf mata (kelelahan mata) sampai syaraf otak.

Melindungi mata dari radiasi ultraviolet dan radiasi dari monitor komputer ataupun televisi. Cara penggunaannya, satu tetes 2 – 6 kali sehari.

Yang terbanyak produk herbal dengan bahan daun sirih adalah produk kecantikan, termasuk mengatasi bau badan dan bau mulut serta pemeliharaan kewanitaan.

Semoga artikel tentang manfaat daun sirih untuk mata ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->