Manfaat Dulcolax Untuk Susah BAB – Tablet atau Peluru

82 / 100

PERNAH menderita susah buang air besar (BAB)? Jika suatu saat mengalami susah BAB atau sembelit, Anda jangan khawatir. Gunakan obat Dulcolax. Manfaat Dulcolax sangat besar untuk mengatasi susah BAB atau konstipasi.

Dalam beberapa jam setelah menggunakan Dulcolax, Anda bisa BAB dengan lancar. Anda tidak perlu mengejan terus-menerus. Anda bisa menggunakan Dulcolax dubur atau Dulcolax tablet.

Tentu saja, Anda merasa sangat senang setelah bisa BAB dengan lancar. Penderitaan akibat susah BAB sudah lenyap. Manfaat Dulcolax untuk sembelit memang ampuh.

Obat susah BAB Dulcolax bisa digunakan oleh siapa saja. Dulcolax untuk ibu hamil, orang dewasa, anak-anak, remaja, dsb.

Ada dua pilihan untuk penggunaan Dulcolax. Yakni Dulcolax tablet untuk Anda minum atau memilih Dulcolax kapsul atau Dulcolax dubur (peluru).

Cara menggunakan Dulcolax peluru atau kapsul, Anda masukkan Dulcolax atau suppositorial melalui dubur. Oleh karena itu, Dulcolax yang ini sering juga disebut sebagai Dulcolax dubur.

Berapa lama kerja Dulcolax peluru? Tidak terlalu lama. Sekitar 2 jam kemudian, Anda pun bisa BAB dengan lancar. Tidak perlu mengejan lagi. Rasanya mak plong.

Harga Dulcolax tablet ataupun harga Dulcolax peluru tidak mahal. Anda cukup pakai satu kapsul, masalah susah BAB beres.

Itulah manfaat Dulcolax dalam mengatasi susah BAB. Anda tidak perlu repot. Tetapi setelah itu, selalu cegah munculnya susah BAB. Biar susah BAB tidak sering terjadi.

Baca: 5 Obat Sembelit Untuk Orang Dewasa dan Anak.

Manfaat Dulcolax Lainnya: Membersihkan Usus Sebelum Operasi

manfaat dulcolax

manfaat Dulcolax

Apa kandungan obat Dulcolax sehingga bisa mengatasi susah BAB atau konstipasi dengan mudah?

Kandungan Dulcolax antara lain berupa bahan aktif bisacodyl. Tiap tablet Dulcolax mengandung 5 mg bisacodyl.

Untuk Dulcolax kapsul atau peluru, kandungan bisacodylnya lebih tinggi dibanding kandungan Dulcolax tablet. Dulcolax kapsul mengandung 10 mg bisacodyl. Ada juga Dulcolax bisacodyl 5 mg.

Selain untuk obat pencahar atau susah BAB, manfaat Dulcolax lainnya adalah biasa digunakan membersihkan usus sebelum seseorang menjalani operasi di area perut di rumah sakit.

Dulcolax bisa digunakan oleh orang dewasa, termasuk lansia dan anak usia 6 tahun ke atas.

Mengonsumsi Makanan dengan Serat Tinggi

Dulcolax untuk sembelit bisa Anda beli bebas di apotek atau toko online. Tetapi, sebaiknya Anda jangan sering menggunakan Dulcolax untuk mengatasi susah BAB.

Banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya susah BAB atau sembelit atau konstipasi.

Antara lain sering mengonsumsi makanan tinggi serat dan perbanyak minum air putih. Minumlah air putih sehari paling tidak 2 liter atau 6 – 8 gelas.

Makanan berserat tinggi antara lain buah apel dan kulitnya, jeruk, pisang, wortel, kacang almond, kentang dan kulitnya, dsb.

Jika BAB Berdarah dan Muntah

Hati-hati jika BAB Anda juga berdarah. Atau Anda punya keluhan usus buntu dan obstruksi usus.

Anda jangan menggunakan Dulcolax untuk mengatasi susah BAB yang kategori ini. Anda sebaiknya segera periksa dokter.

Susah BAB yang tidak kunjung berhenti juga bisa sebagai tanda adanya penyakit serius seperti diabetes atau kanker usus besar.

Baca aturan pakai Dulcolax sebelum Anda menggunakannya. Baik untuk Dulcolax tablet atau Dulcolax peluru / Dulcolax kapsul.

Dengan pemakaian yang benar / tepat, susah BAB segera teratasi. Manfaat Dulcolax benar-benar nyata. Pemakaian Dulcolax dengan tepat juga menghindari terjadinya efek samping Dulcolax.

Dosis Penggunaan Dulcolax

Adapun dosis Dulcolax tablet adalah:

  • Untuk orang dewasa dan anak 12 tahun ke atas minum 1-3 tablet sekali minum.
  • Buat anak usia 6-12 tahun: 1 tablet, sekali minum.

Anda perlu konsultasi dokter jika ingin pakai Dulcolax untuk anak umur di bawah 6 tahun.

Harga Dulcolax tablet 4 tablet adalah Rp 7.000. Dulcolax tablet isi 200 harganya Rp 260.000. Obat Dulcolax memang dibuat dalam beberapa varian isi biar Anda punya banyak pilihan.

Dosis Dulcolax kapsul / peluru adalah:

  • Untuk orang dewasa dan anak umur 12 tahun ke atas adalah 1 kapsul sekali pakai.
  • Pakai setengah (1/2) kapsul sekali pakai untuk anak umur 6 – 12 tahun.

Gunakan dosis Dulcolax sesuai dengan ketentuan. Jangan sekali-kali melebihi dosis biar tidak timbul efek samping Dulcolax.

Jika susah BAB dan sembelit masih saja terjadi, ya Anda perlu konsultasi dengan dokter.

Harga Dulcolax kapsul / Dulcolax peluru adalah dari Rp 9.000 sesuai dengan isinya.

Baca: Anak Susah BAB? Kasih Aja Susu Pediasure

anak susah bab
Grafis tentang 5 penyebab anak susah BAB. Jika tulisannya kurang besar, tekan untuk membesarkan gambar. Dikutip dari hellosehat.com.

Cara Menggunakan Dulcolax

Bagaimana cara menggunakan Dulcolax, baik berupa tablet maupun kapsul atau Dulcolax peluru?

Yang berupa tablet, cara minum Dulcolax seperti minum tablet lainnya. Ya, langsung Anda telan. Jangan dikunyah atau dihancurkan dulu.

Setelah 6 – 12 jam sejak minum Dulcolax tablet, Anda akan merasa ingin BAB dan BAB pun berjalan lancar.

Kebanyakan orang menyukai minum Dulcolax tablet. Menggunakan Dulcolax tablet dianggap lebih nyaman karena seperti minum tablet lainnya.

Lain halnya Dulcolax kapsul yang harus dimasukkan lewat dubur. Padahal, cara ini juga nyaman. Cara memasukkannya pun sangat mudah.

Yakni, Anda masukkan langsung ke dubur sambil tiduran miring.

Anda masukkan pakai tangan kanan dan dorong masuk ke dalam melalui dubur. Bagian Dulcolax kapsul yang agar runcing (lancip), Anda masukkan duluan.

Anda sebaiknya cuci tangan sebelum memasukkan Dolcolax Suppositoria (kapsul) ke dubur. Biar bebas dari kemungkinan ada kuman.

Sesudah obat Dulcolax masuk ke dubur, Anda sebaiknya tetap tiduran. Tidak lama kemudian Anda merasa ingin BAB. Jika keinginan BAB sudah kuat, silakan Anda ke kamar mandi tempat BAB.

Nah, manfaat Dulcolax tablet atau Dulcolax Suppositoria (kapsul) sama besarnya.

Jika setelah pakai Dulcolax tidak ada tanda atau dorongan untuk BAB, Anda sebaiknya periksa dokter. Jangan gunakan lagi Dulcolax kapsul.

Penutup

Nah, cara mengatasi susah BAB / sembelit / konstipasi sesungguhnya sangat mudah. Anda tidak perlu mengejan yang nantinya bisa terkena sakit ambeien atau wasir.

Manfaat Dulcolax yang utama adalah untuk memperlancar BAB. Anda bisa memilih pakai Dulcolax tablet atau Dulcolax peluru / kapsul /suppositoria.

Ya, manfaat Dulcolax sangat besar untuk memperlancar BAB. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.(update, 9 September 2021)