Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Jantung, Diabetes, Anemia, dll.

Bau Mulut 0 Comments

MANFAAT jengkol untuk kesehatan – Di balik munculnya bau tidak sedap di mulut, mengonsumsi jengkol ternyata punya manfaat besar di bidang kesehatan. Bisa mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, anemia (kurang darah), sembelit, dsb.

Maka, berbahagialah Anda yang suka mengonsumsi masakan jengkol. Anda bisa bebas dari berbagai penyakit berkat kandungan zat dalam jengkol yang bisa mengatasi atau mencegah banyak penyakit.

Ini berarti mengonsumsi jengkol akan membuat Anda selalu sehat. Yang penting setelah makan jengkol, Anda berusaha menghilangkan baunya. Cara lain adalah waktu memasak jengkol diberi ramuan khusus yang bisa menghilangkan bau tidak sedap di mulut.

Daftar 9 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Anda

Pertanyaannya, apa saja manfaat jengkol untuk kesehatan? Penyakit apa saja yang bisa diatasi, disembuhkan atau dicegah dengan mengonsumsi jengkol?

Manfaat jengkol untuk kesehatan cukup besar. Banyak zat dalam jengkol yang bisa menyehatkan tubuh Anda. Antara lain mengandung protein, karbohidrat, vitamin (vitamin A, B, B1, dan vitamin C), fosfor, kalsium, zat besi, asam jengkolat, mineral, serat tinggi, dan zat antioksidan.

Berikut ini 15 manfaat jengkol untuk mengatasi berbagai penyakit, yaitu:

 

CARA menghilangkan bau jengkol di mulut

 

1. Mencegah Anemia (Kurang Darah)

Jika Anda sering merasa lesu, mudah letih dan lelah? Mungkin kondisi tubuh seperti itu karena Anda kurang darah atau kena penyakit anemia.

Anda bisa mengatasi kondisi itu dengan mengonsumsi masakan jengkol. Sebab, jengkol kaya zat besi yang bisa mengatasi dan menyembuhkan sakit anemia.

Anda terkena sakit anemia akibat kekurangan produksi sel darah merah. Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan buah yang kaya zat besi seperti jengkol.

Untuk mengetahui apakah tubuh Anda kurang darah, Anda bisa cek di laboratorium kesehatan, puskesmas, atau rumah sakit. Jika punya alatnya, Anda bisa cek sendiri di rumah. Iyulah salah satu manfaat jengkol bagi kesehatan.

2. Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis)

Kebanyakan osteoporosis atau tulang keropos dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Tetapi, ada juga penderita tulang keropos masih muda usia.

Untuk mencegah penyakit ini, Anda bisa memanfaatkan jengkol. Sebab, jengkol mengandung zat fospor dan kalsium
yang bisa memperkuat tulang sekaligus mencegah terjadinya tulang keropos. Tulang keropos yang idak diatasi bisa menyebabkan Anda menderita lumpuh.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Kena penyakit diabetes akibat gula darah yang tinggi? Pencinta masakan jengkol bisa terhindar dari penyakit diabetes karena adanya kandungan zat asam jengkolat. Zat ini berbentuk kristal yang tidak larut dalam air dan bisa mencegah timbulnya diabetes. Bahkan, juga bisa mengatasi sakit diabetes.

4. Membantu Mengatasi Penyakit Jantung

Jengkol bisa mengatasi penyakit jantung karena kandungan zat antioksidan yang tinggi. Zat itu berfungsi mencegah racun masuk ke dalam tubuh kita, termasuk ke jantung. Maka, dengan mengonsumsi jengkol, jantung Anda akan selalu sehat. Dengan kata lain, Anda bisa terhndar dari sakit jantung.

5. Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah

Selain mengandung zat antioksidan, jengkol juga mengandung mineral yang bisa melebarkan pembuluh darah yang mengkerut. Selain itu, juga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Dengan kedua fungsi itu, maka mengonsumsi jengkol bisa membuat jantung Anda selalu sehat.

6. Menyehatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

Manfaat jengkol untuk kesehatan lainnya adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Sejak bayi dalam kandungan, Bunda sebaiknya selalu memperhatikan kesehatan janin sehingga nantinya bisa lahir dengan sehat dan menjadi anak cerdas.

Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam jengkol yang bisa membuat pertumbuhan tulang dan gigi calon bayi berlangsung optimal.

Kandungan lainnya dalam jengkol adalah asam folat. Zat ini akan membantu perkembangan organ-organ vital dalam tubuh.

7. Pembentukan Jaringan Tubuh

Jengkol kaya akan protein yang tinggi yang bisa membantu membentuk jaringan dalam tubuh. Kandungan protein dalam jengkol lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein di dalam kacang hijau atau kedelai.

8. Mengatasi Masalah Sembelit

Anda pernah mengalami sembelit? Sembelit sangat merepotkan. Dengan mengonsumsi masakan jengkol, Anda bisa terbebas dari kemungkinan terkena sembelit, yakni kesulitan saat akan buang air besar.

Jengkol memang mengandung serat yang tinggi. Sembelit terjadi antara lain karena Anda kekurangan serat. Selain itu, mengonsumsi jengkol bisa memperlancar pencernaan.

9. Merampingkan Perut Buncit

Bagi Anda yang mengalami perut buncit, mengonsumsi masakan jengkol juga bisa membantu mengecilkan perut. Jengkol mengandung serat yang tinggi. Ini bisa mengurangi perut buncit akibat lemak dan lainnya.

Penutup

Ya, manfaat jengkol untuk kesehatan sangat besar. Jika Anda penyuka masakan jengkol, ya sekaligus dimanfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan sekadar untuk dinikmati sebagai lauk makan, tetapi sekaligus pengobatan. Baik untuk pencegahan ataupun penyembuhan penyakit.

Yang penting, makannya jangan berlebihan. Sebab, makan jengkol berlebihan justru akan merugikan kesehatan Anda. Bukan menyehatkan.

Kata Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD.,KGH, Bagian Ginjal dan Hipertensi, Departemen Penyakit Dalam FKUI, mengonsumsi jengkol berlebihan bisa mengganggu kesehatan ginjal. Asam jengkolat dari jengkol sulit larut dalam air dan akhirnya masuk ke ginjal. Inilah awal mula munculnya gangguan atas kesehatan ginjal. 

Semoga artikel tentang manfaat jengkol bagi kesehatan ini bermanfaat untuk Anda.

!-- Ads 300x250 -->