Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan: Remajakan Kulit, Lancarkan BAB

Berita, Herbal 0 Comments

MANFAAT jeruk nipis untuk kesehatan sangat besar. Meskipun buah warna hijau itu berukuran kecil. Tidak hanya untuk kesehatan, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Banyak produk kecantikan yang diproduksi dengan memanfaatkan jeruk nipis. Demikian pula untuk membersihkan perabot rumah tangga. Banyak produk yang menggunakan bahan jeruk nipis.

Kandungan jeruk nipis sehingga sangat besar khasiatnya untuk kesehatan. Kandungan jeruk nipis untuk kesehatan antara lain beta karoten, karoten total (Re), thiamin (Vitamin B1), riboflavin (Vitamin B2), niasin, dan Vitamin.

Baca – 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Berjerawat

Nah, manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari jeruk nipis untuk kesehatan? Bagaimana cara memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi kesehatan tubuh kita?

Daftar 9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Berikut ini daftar 9 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Bukan hanya untuk mengatasi penyakit. Yang lebih penting adalah bagaimana menggunakan jeruk nipis untuk mencegah terjadinya penyakit.

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Dengan mencegah terjadinya penyakit, maka tubuh kita akan selalu sehat. Dan, sehat itu nyaman.

1. Menghilangkan Jerawat di Wajah

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan adalah mampu menghilangkan jerawat di wajah. Selain itu juga menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan adanya jerawat.

Dengan kandungan antibiotik, jeruk nipis juga dapat melenyapkan flek-flek di wajah. Anda bisa mencampur air perasan jeruk nipis dan madu. Lalu, oleskan ke wajah. Setelah beberapa menit, wajah bisa Anda bersihkan dengan air bersih.

Lakukan cara itu setiap hari sampai jerawat di wajah habis dan tak tumbuh lagi.

2. Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan – Meremajakan Kulit

Jeruk nipis bisa Anda manfaatkan untuk meremajakan kulit sehingga terlihat kulit wajah lebih muda dan cantik.

Dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, jeruk nipis bisa memperkuat kolagen. Minum minuman jeruk bisa membuat kulit tubuh Anda terhedidrasi dan teremajakan sehingga tampil lebih mulus dan sehat.

3. Wajah Bisa Lebih Cerah

Ada juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Dengan dioleskan ke wajah, maka kulit wajah yang mati bisa diangkat.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk meremajakan kulit wajah adalah Anda oleskan air perasan jeruk ke wajah. Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

4. Menurunkan Berat Badan

Anda bertubuh gemuk? Anda ingin menurunkan berat badan? Jangan khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis.

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis, Anda bisa membakar kalori dan menyisakan sedikit lemak.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga bisa membakar lebih banyak lemak dalam tubuh. Ada baiknya Anda juga melakukan olahraga agar bisa membakar kalori lebih banyak.

OBH Berlocp Jeruk Nipis Batuk Berdahak.
obat herbal dari jeruk nipis (foto:tribunnews.com)

5. Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah bisa mencegah rambut rontok. Ini semua berkat kandungan vitamin C. Cara penggunaannya adalah jeruk nipis kamu potong menjadi 3 bagian.

Lalu, oleskan potongan jeruk nipis pada kepala, teritama bagian kepala yang bermasalah. Lakukan cara ini menjelang tidur malam. Setelah diolesi irisan jeruk, biarkan semalam dengan kepala ditutup handuk.

Setelah bangun tidur, rambut kepala Anda bilas dengan air bersih. Lakukan cara itu berulang-ulang sampai usaha Anda sukses.

6. Memperlancar Pencernaan dan BAB

Air jeruk nipis juga bisa membuat enzim-enzim keluar dari pencernaan. Ini terjadi akibat kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis.

Selain itu, sifat asam pada jeruk nipis bisa mengatasi sembelit (sulit buang air besar). Dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis, usus terangsang untuk bergerak sehingga BAB berjalan lancar. Tidak ada lagi sembelit atau sakit wasir.

7. Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Tubuh Tetap Segar

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Itulah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Jeruk nipis dengan kandungan vitamin C yang tinggi bisa Anda andalkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Yakni, tubuh tampak lebih sehat, segar, dan penuh semangat.

8. Mengatasi Penyakit Amandel

Anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menyembuhkan sakit amandel. Cara penggunaannya adalah potong 3 buah jeruk nipis dan rebus dengan 2 gelas air sampai airnya mendidih.

Setelah air rebusan tersisa 3/4, maka angkat dan tuangkan di gelas. Setelah air rebusan agak dingin, maka saringlah air rebusan jeruk nipis itu. Setelah air rebusan dingin, Anda bisa gunakan untuk untuk berkumur. Anda bisa berkumur dengan air rebusan jeruk nipis 3-4 kali sehari.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Jeruk ni juga bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Meskipun sekarang jantung Anda masih sehat, lakukan perawatan biar selalu sehat. Jangan lalai.

Baca – 5 Makanan Pembakar Lemak Saat Anda Tidur

Anda bisa merawat kesehatan jantung dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Sebab, air jeruk nipis mengandung magnesium dan kalium. Manfaatnya bisa memperlancar aliran darah ke jantung sehingga jantung selalu sehat.

Caranya, Anda mengonsumsi air perasan jeruk nipis setiap hari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan: Anda Bisa Pilih Obat HerbalĀ 

Jika Anda tidak ingin repot membuat sendiri ramuan jeruk nipis atau ingin minuman yang lebih nyaman, Anda bisa memilih obat herbal yang dibuat dari bahan jeruk nipis.

Obat herbal umumnya diolah secara modern dengan campuran bahan herbal lainnya sehingga khasiatnya bisa lebih besar. Sebagian obat herbal diproduksi oleh pabrik farmasi besar.

Antara lain:

1. OBH Berlocp Jeruk Nipis Batuk Berdahak.

2. Madurasa dari bahan madu dan ekstrak jeruk nipis.

3. Obat batuk Komix rasa jeruk nipis. Bisa mengobati batuk dan radang tenggorokan.

4. Ramolit Oralit rasa jeruk, Obat herbal ini sebagai pengganti cairan tubuh untuk mengatasi dehidrasi pada kondisi diare dan muntah- muntah.

5. Selebrofot Gold Rasa Jeruk. Ini adalah suplemen multivitamin lengkap khusus untuk anak. Suplemen untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca – 6 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Jantung, Paru..

Jika Anda ingin membeli air perasan jeruk nipis, juga bisa. Produk ini hanya berupa air perasan yang dilakukan secara tradisional, tetapi higienes. Ada izin dari Kementerian Kesehatan dan MUI.

Khasiat dari air perasan jeruk nipis ini banyak. Antara lain untuk detoksifikasi, anti aging, anti oksidan, anti osteoporosis, terapi maag, melarutkan lemak dan kolesterol (diet), mencegah perut buncit, melancarkan buang air besar, dsb.

Semoga artikel mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini bermanfaat bagi Anda semua. Anda bisa tetap sehat, meskipun hanya memanfaatkan jeruk nipis. Harga jeruk nipis sekitar Rp 20.000-an untuk pembelian 1 kg.

 

!-- Ads 300x250 -->