Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur – Banyak Manfaat Kesehatan

Berita 0 Comments

ANDA sering minum air putih sebelum tidur? Jika tidak pernah, coba lakukan. Manfaat minum air putih sebelum tidur sangat besar dan sangat banyak. Tubuh Anda akan selalu sehat.

Minum air putih sebelum tidur bukan pekerjaan berat. Ambil air putih satu gelas dan langsung diminum. Barulah setelah itu, Anda berangkat tidur. Anda akan sehat dan tidur pun berlangsung nyenyak.

Jika Anda sudah minum air putih sebelum tidur tetapi hanya satu minggu sekali atau dua minggu sekali, ya coba tingkatkan.

Manfaat minum air putih sangat besar untuk kesehatan. Harga air putih murah, mudah didapatkan, tetapi khasiatnya untuk kesehatan tidak perlu dipertanyakan. Tubuh Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang.

Gimana? Anda sudah sering minum air putih sebelum tidur?

Jika belum, coba mulai sekarang usahakan selalu minum air putih sebelum tidur. Supaya tidak lupa, siapkan air minum gelas di dekat tempat tidur. Ini cara praktis untuk membuat Anda selalu minum air putih sebelum tidur. Manfaat kesehatan dari minum air putih merupakan keniscayaan.

Cara Membiasakan Diri Minum Air Putih Sebelum Tidur

manfaat minum air putih sebelum tidur

(foto:motivasinews.com)

Minum air putih sebelum tidur akan membuat Anda harus sering buang air kecil di tengah malam?

Jangan takut dan khawatir. Itu adalah cara sehat. Sebaiknya Anda coba dulu selalu minum air putih sebelum tidur karena manfaatnya sangat besar untuk kesehatan. Jika toh Anda harus bangun di tengah malam untuk buang air kecil, lakukan saja. Tidak apa-apa. Anda tetap akan lebih sehat dengan minum air putih sebelum tidur.

Jika toh harus bangun tengah malam, coba hitung dalam satu bulan: berapa kali Anda harus bangun untuk buang air kecil. Saya yakin tidak tiap hari.

Kecuali jika Anda sudah usia lanjut. Tanpa minum air putih sebelum tidur, orang lanjut usia akan sering bangun tengah malam untuk buang air kecil. Bukan akibat minum air putih sebelum tidur.

Mereka buang air kecil di tengah malam karena klep di saluran air kencing sudah kendor. Akibatnya akan sering merasa ingin buang air kecil.

Tetapi, tidak apa. Kondisi seperti itu bukan tanda Anda tidak sehat. Itu kejadian normal dan sehat. Lakukan saja dengan ikhlas dan senang hati. Itu risiko usia lanjut dan itu normal.

Sekalipun demikian, ini juga tidak pasti tiap hari. Terkadang ada malam di mana Anda bisa tidur nyenyak tanpa terusik untuk bangun akibat harus buang air kecil.

Jadi, biasakan minum air putih sebelum tidur supaya tubuh Anda selalu sehat. Jangan takut, jika suatu saat harus bangun malam untuk buang air kecil. Buktikan dulu. Ini mitos atau nyata untuk Anda.

Jika belum terbiasa, coba dulu minum setengah gelas air putih. Jika sudah biasa dan tidak ada masalah, tingkatkan jadi satu gelas air.

Jika masih aman, tingkatkan terus sampai dua gelas air putih. Sesuaikan dengan usia Anda.

Yang sebaiknya tidak minum air putih sebelum tidur adalah Anda yang menderita sakit jantung dan ginjal. Tujuannya supaya tidak terjadi komplikasi.

7 Daftar Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Apa saja manfaat minum air putih sebelum tidur untuk kesehatan Anda? Bagaimana cara terbaik minum air putih sebelum tidur?

1. Proses Pembaruan Sel Berjalan Lancar

Ketika Anda tidur, proses pembaruan sel terus berlangsung. Dengan minum air putih sebelum tidur, proses pembaharuan sel akan berjalan lancar karena tercukupinya air dalam tubuh.

2. Memperlancar Proses Pembersihan Racun

Pada siang hari, banyak racun masuk ke tubuh Anda. Misalnya, racun dari asap rokok, knalpot motor dan mobil, asap dari pabrik, dsb.

Dengan minum air putih sebelum tidur, proses pembersihan racun dalam tubuh bisa berjalan lancar. Selain itu, tubuh menjadi lebih segar.

3. Banyak Hormon dalam Tubuh Menjadi Seimbang

Manfaat minum air putih lainnya adalah tidur Anda menjadi lebih nyaman dan bisa tidur pulas. Ini akibat adanya hormon yang makin seimbang.

4. Terhindar dari Adanya Kram Otot

Oto-otot dalam tubuh Anda juga menjadi lebih rileks (santai). Demikian pula persendian, juga mengendur dan lebih santai. Tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

5. Pembakaran Kalori Berjalan Lancar

Banyak kalori yang bisa dibakar dengan minum air putih, termasuk minum air putih sebelum tidur. Asupan air pada malam hari meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membakar kalori ekstra dari dalam. Jadi, minum air putih sebelum tidur bisa menurunkan berat badan.

6. Mengatasi Kekurangan Air Putih

Minum air putih sebelum tidur sangat penting untuk mengatasi kekurangan air di siang hari. Sebaiknya tiap hari Anda minum air putih sekitar 8 gelas (2 liter).

Jika karena kesibukan kerja sehingga asupan air putih asih kurang dari kebutuhan untuk hidup sehat, maka minum air putih sebelum tidur bisa membantu mengatasi kekurangannya. Dengan cara itu, tubuh Anda akan selalu sehat.

7. Mempercepat Usaha Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih sebelum tidur juga bisa membuat Anda yang berbadan gemuk tidak merasa mudah lapar dan tidak ingin selalu makan. Sebaliknya, Anda lebih lama merasa kenyang. Ini akan membuat berat badan Anda bisa turun. Kegemukan bisa diatasi.

Selain itu, minum air putih sebelm tidur bisa memperlancar pembakaran kalori sehingga otomatis menurunkan berat badan.

Penutup

Demikian artikel mengenai manfaat minum air putih sebelum tidur. Tentu saja, minum air putih jangan berlebihan. Bisa berefek harus beberapa kali bangun malam untuk buang air kecil. Ini bisa membuat kualitas tidur kurang baik.

Kecuali Anda yang sudah berusia lanjut. Harus bangun malam untuk buang air kecil adalah risiko usia di mana sebagian organ tubuh juga termakan usia. Organ tubuh sehingga tidak bisa berfungsi maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->