10 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan – Menghilangkan Jerawat

Sakit Kepala 0 Comments

MANFAAT minyak kayu putih untuk kesehatan sangat banyak. Bisa untuk merawat wajah, menghilangkan jerawat, perawatan rambut, perawatan kulit, menyembuhkan sakit kepala berkepanjangan, dsb.

Tidak hanya untuk orang dewasa. Minyak kayu putih juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan balita setelah usia 1 tahun. Seusai dimandikan, Bunda sering mengoleskan minyak kayu putih pada si kecil supaya tubuhnya hangat dan sehat.

Hanya perlu hati-hati karena umumnya minyak putih menebarkan bau menyengat. Ada baiknya minyak kayu putih dicampur dengan baby oil sehingga bau tidak terlalu menyengat. Tetapi, kalau si kecil sudah tahan mencium bau menyengat minyak kayu putih, ya tidak masalah.

Hanya saja, sekali lagi, harus hati-hati. Pemakaiannya jangan berlebihan. Nanti kulit si kecil bisa rusak.

10 Manfaat Kayu Putih untuk Kesehatan

Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari penggunaan minyak kayu putih. Minyak kayu putih merupakan hasil dari destilasi atau penyulingan atas ranting dan daun segar pohon kayu putih.

Dalam minyak kayu putih yang telah melalui proses destilasi, terkandung bahan kimia bernama sineol. Rasa hangat yang Anda rasakan setelah mengoleskan minyak kayu putih pada tubuh adalah zat sineol yang jumlahnya sampai 44 hingga 60 % di dalam setiap botol minyak kayu putih.

Pohon kayu putih umumnya ditanam di hutan milik Perhutani. Tidak sedikit Perhutani di daerah juga melakukan penyulingan untuk menghasilkan minyak kayu putih.

Manfaat atau khasiat minyak kayu putih untuk kesehatan sangat besar. Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan mengoleskan minyak kayu putih. Antara lain:

manfaat minyak kayu putih
manfaat minyak kayu putih untuk jerawat (foto:youtube.com)

1. Membersihkan Wajah dari Jerawat atau Flek

Manfaat minyak kayu putih untuk wajah juga besar, termasuk manfaat kayu putih untuk jerawat. Caranya, wajah harus dibersihkan dengan pembersih seperti sabun wajah. Lalu keringkan wajah dengan handuk.

Setelah itu, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih pada jerawat di wajah dengan menggunakan cutton bud. Jangan memencet jerawat dengan kuku jari. Biarkan minyak kayu putih mengering. Anda bisa mengulangi lagi olesan minyak kayu putih sampai 2 – 3 kali.

Minyak kayu putih juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan flek atau noda hitam di wajah Anda. Caranya sama dengan mengatasi jerawat. Itulah antara lain manfaat kayu putih untuk wajah.

2. Menyembuhkan Sakit Kepala

Ada baiknya jika Anda sakit kepala, maka gunakan minyak kayu putih untuk meredakannya. Caranya sangat mudah. Oleskan minyak kayu putih di kepala bagian belakang atau tengkuk. Atau di jidat. Bau minyak putih akan membuat pernafasan lebih lancar dan sakit kepala teratasi.

3. Mengatasi Hidung Tersumbat

Manfaat minyak kayu putih lain adalah mengatasi hidung tersumbat ketika Anda menderita flu, pilek, dsb. Kandungan antibakteri dari minyak kayu putih bisa menghilangkan bakteri dalam saluran pernafasan sehingga flu bisa disembuhkan. Oleskan minyak kayu putih pada dada atau Anda menghirup langsing minyak kayu putih.

4. Mengatasi Gigi Sakit

Anda juga bisa memanfaatkan kayu putih untuk menyembuhkan sakit gigi. Ambil kapas, tuangkan sedikit minyak kayu putih, lalu kapas diletakkan di bagian gigi yang sakit.

Selain mampu meredakan rasa sakit pada gigi, minyak kayu putih juga bisa membunuh kuman-kuman di mulut yang menyebabkan gigi sakit.

Minyak kayu putih juga bisa mengatasi plak pada gigi, gingivitis (radang pada gusi), dan infeksi gigi lainnya. Beberapa pasta gigi juga diberi campuran minyak kayu putih untuk perawatan dan perlindungan gigi.

5. Menghilangkan Rasa Nyeri

Minyak kayu putih juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa nyeri di bagian sendi, punggung atau tempat lain. Minyak kayu putih akan membuat sistem saraf dan otot menjadi rileks. Selain itu juga menghindari peradangan. Oleskan minyak kayu putih pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

6. Menghilangkan Ketombe

Rambut kepala Anda banyak ketombe yang sulit dihilangkan? Coba gunakan minyak kayu putih. Caranya, minyak kayu putih dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan campuran minyak itu pada kulit kepala dengan merata. Lalu pijat secara halus sekitar 20 menit. Ketombe akan lenyap.

7. Mengusir Nyamuk Demam Berdarah

Jika di rumah Anda sering banyak nyamuk di malam hari, Anda bisa menggunakan minyak kayu putih untuk mengusirk. Ya, kadang banyak nyamuk datang seperti di musim penghujan. Usir saja dengan mengoleskan minyak kayu putih pada tubuh Anda, sekaligus membuat Anda dan anak Anda terbebas dari penyakit demam berdarah.

8. Mengatasi Luka

Manfaat kayu putih lainnya untuk kesehatan adalah melindungi luka agar tidak meluas. Minyak kayu putih juga bisa berfungsi sebagai antibakteri. Yakni bisa mencegah adanya infeksi akibat mikroba atau paparan udara.

Maka, kini produk plester untuk menutup luka juga ditambahkan minyak kayu putih. Tujuannya untuk mengobati infeksi dan luka pada kulit.

9. Untuk Mengharumkan Ruangan

Minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk pengharum ruangan sekaligus menyehatkan. Ini karena minyak kayu putih bersifat antiseptik dan deodoran. Maka, ia bisa digunakan sebagai penyegar ruangan seperti di beberapa rumah sakit. Ya, sebagai penghilang bau dan lingkungan ruangan bersih dan steril.

10. Membersihkan Perlengkapan Rumah Tangga

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan adalah sebagai pembersih perlengkapan rumah tangga. Misalnya, membersihkan permukaan dapur, countertops kamar mandi, wastafel, dll. Campurkan 1 cangkir air, ½ gelas cuka, dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Lalu, gunakan untuk membersihkan perlengkapan dapur.

Selain bersih, perlengkapan dapur yang juga menyehatkan penggunanya.

Penutup

Demikian artikel mengenai manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, termasuk manfaat minyak kayu putih untuk menghilangkan jerawat dan flek di wajah. Singkat kata, manfaat minyak kayu putih bukan sekadar untuk anak-anak. Tetapi, juga bermanfaat untuk kesehatan orang dewasa dan orang tua.