9 Manfaat Permen Karet – Mengatasi Bau Mulut, Maag, Stres, Muntah

Bau Mulut, Berita 0 Comments

ANDA suka permen karet? Jika ya, teruskan. Manfaat permen karet untuk kesehatan banyak. Menghilangkan bau mulut, melindungi gigi, nafas lebih segar, dsb.

Banyak dari kita yang tidak tahu manfaat permen karet. Dianggapnya permen karet hanya sekadar untuk dikunyah. Bahkan sekadar sebagai mainan seperti dibuat gelembung.

Ternyata, permen karet juga punya banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan. Yang penting, mengonsumsi permen karet jangan berlebihan. Selain itu, pilih permen karet bebas gula.

Lantas, apa saja manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan? Nah, simak uraian berikut ini.

1. Bisa Melindungi Kesehatan Gigi

Salah satu manfaat mengunyah permen karet adalah melindungi gigi. Biar gigi tetap sehat sehingga tampak putih rapi.

manfaat permen karet

Manfaat permen karet lain mengurangi plak, melindungi enamel gigi, mengurangi gigi berlubang, dan mengurangi radang gusi.

Dengan mengonsumsi permen karet, produksi air liur meningkat. Peningkatan aliran air liur bisa mengurangi asam pada gigi sehingga gigi tetap sehat.

2. Napas Lebih Harum, Bakteri Berkurang

Mengonsumsi permen karet bisa melawan bakteri di mulut. Maka, bau mulut dan bau nafas lebih harum. Bau tidak sedap dari mulut terus berkurang. Ini bisa terjadi karena adanya bahan minyak tumbuhan pada permen karet.

3. Cara Membuat Anda Berhenti Merokok

Jika Anda perokok berat dan sekarang ingin berhenti merokok, maka konsumsilah permen karet. Dengan mengonsumsi permen karet, kian lama keinginan untuk merokok pun menurun. Bahkan, akhirnya berhenti merokok.

Ya, mengunyah permen karet merupakan cara terbaik untuk berhenti merokok. Banyak orang merasa sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Walaupun sudah berusaha untuk itu.

4. Mengatasi Penyakit Maag

Permen karet juga bisa Anda konsumsi untuk meredakan maag. Apalagi saat terasa akan mual. Segera konsumsi permen karet untuk meredakan sakit maag.

Saat bepergian dengan pesawat, Anda sebaiknya sedia permen karet untuk berjaga-jaga. Ya, siapkan bahan permen karet secukupnya. Dengan mengonsumsi permen karet, Anda bisa tetap sehat, tidak mual, dsb.

5. Menurunkan Berat Badan

Mengunyah permen karet juga bisa menurunkan berat badan. Coba saja. Permen karet itu camilan rendah kalori, terutama permen karet bebas gula.

Manfaat mengunyah permen karet adalah membuat nafsu makan turun / berkurang. Demikian pula kebiasaan ngemil, juga berkurang.

Efeknya, berat badan Anda bisa turun. Tetapi, mengunyah permen jangan berlebihan. Jangan sebentar-sebentar mengunyah permen karet.

6. Meningkatkan Daya Konsentrasi dan Daya Ingat

Anda sering lupa? Lupa meletakkan hp, lupa menaruh kunci motor, lupa janji dengan relasi, dsb. Maka, kunyahlah permen karet.

Mengonsumsi permen karet bisa memperlancar aliran oksigen ke otak. Hal ini akan memperbaiki daya ingat Anda. Anda tidak akan lagi sering lupa.

7. Mengatasi Mual dan Muntah

Mengunyah permen karet bebas gula juga bisa mengatasi rasa mual dan muntah. Misalnya saat Anda naik bus atau mobil dalam perjalanan jauh, naik pesawat atau kapal laut.

Jika Anda merasa ingin muntah atau mual, segera mengonsumsi permen karet. Konsumsi permen karet bisa meningkatkan produksi air liur yang lebih banyak. Cara ini bisa mengatasi iritasi asam dan lambung.

8. Mencegah Infeksi Telinga pada Anak

Permen karet untuk anak-anak juga bagus. Bisa mencegah infeksi telinga mereka. Sebab, permen karet mengandung xylitol yang bisa mencegah infeksi telinga pada anak-anak.

Bahkan, mengunyah permen karet juga bisa membantu memulihkan usus sesudah dioperasi. Dari penelitian diketahui mengunyah permen karet sesudah seseorang melakukan operasi bisa mempercepat pemulihan.

9. Bisa Mengatasi Stres

Jika Anda sering stres akibat banyak masalah, ada baiknya Anda mengunyah permen karet. Cara ini bisa menurunkan kadar hormon yang sering memicu stres, yakni kortisol. Cara mengatasi stres seperti diuraikan di atas lebih aman dibandingkan Anda menggebrak meja, membanting gelas, memukul tembok, dsb.

Penutup 

Tuhan Maha Besar. Menciptakan banyak tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan. Terkadang bentuk tumbuhan kecil, liar, tetapi khasiatnya untuk mengatasi penyakit sangat besar. Contohnya, permen karet. Produk permen karet bukan hanya untuk anak-anak dan remaja.

Tetapi, orang dewasa juga sangat baik mengonsumsi permen karet untuk mengatasi atau mencegah penyakit. Tidak harus mengonsumsi tiap hari. Yang penting, Anda mengunyah permen karet. Sebab, manfaatnya sangat besar untuk kesehatan.