Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan – Tidak Kena Sakit Jantung

Berita 0 Comments

ANDA tidak pernah tidur siang? Ya, coba saja tidur siang. Sesekali tidur siang. Manfaat tidur siang bagi kesehatan sangat besar. Bahkan, penelitian terbaru di Swiss menyimpulkan bahwa tidur siang bisa mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Penelitian diterbitkan oleh jurnal Heart pada Senin (9/9/2019). Dijelaskan, mereka yang tidur siang 1-2 kali dalam seminggu lebih kecil kemungkinannya terkena serangan jantung.

Kesimpulan itu diperoleh sesudah kelompok peneliti di University Hospital di Lausanne mengambil data dari sekitar 3500 orang di Swiss.

Sebelum penelitian dimulai, separuh dari responden ini mengatakan mereka tidak pernah tidur siang sebelumnya.

Untuk mereka yang tidur siang terbagi, 667 orang tidur siang 1-2 sekali seminggu, 411 orang tidur siang 3-5 kali dalam seminggu, dan 370 lainnya tidur siang setiap hari.

Baca – Cara Merapikan Gigi dengan Tangan

“Kami melihat data bahwa mereka yang tidur siang sekali atau dua kali seminggu, kecil kemungkinan terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah tidur siang” kata Nadine Hausler, salah satu peneliti.

Manfaat Tidur Siang: Jangan Tidur Lebih dari 30 Menit

 

manfaat tidur siang

Penelitian tentang manfaat tidur siang ini dilakukan selama lima tahun dengan objek warga berusia 35 sampai 75 tahun. Selama penelitian yang berlangsung, 155 orang dari 3.500 peserta penelitian mengalami masalah jantung.

Peneliti akhirnya berkesimpulan bahwa mereka yang tidur 1 atau 2 kali seminggu, risiko terkena serangan jantung paling rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah tidur siang.

Bagaimana dengan Anda? Sering tidur siang, kadang-kadang tidur siang, atau tidak pernah tidur siang?

Kalau tidak pernah tidur siang seperti pekerja yang harus bekerja dari pagi sampai sore hari, tentu tidak punya waktu untuk tidur siang.

Baca – Berobat ke Rumah Sakit Mahkota di Malaysia Lebih Murah

Jika kondisi Anda seperti itu, maka Anda sebaiknya mengambil hari khusus untuk tidur siang. Ya, selama seminggu cukup tidur siang satu atau dua kali. Misalnya ambil hari libur Sabtu atau Minggu. Atau dua hari itu Anda selalu tidur siang.

Tidak lain supaya tubuh Anda tetap sehat. Sehatnya pun sehat alami, sehat murni. Bukan karena minum obat, mengonsumsi suplemen kesehatan, dsb.

Sehat alami lebih tinggi nilainya dibanding dengan cara lain. Sehat alami tidak perlu biaya. Jadi paling murah. Asli pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa.

Gimana, siap untuk tidur siang 1 atau 2 kali dalam seminggu? Lama waktu tidur adalah 20 – 30 menit. Lebih dari itu tidak baik. Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah pukul 14.00 – 15.00.

Empat Manfaat Tidur Siang yang Bisa Anda Dapatkan

Sebenarnya apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan? Banyak manfaat tidur siang yang bisa Anda dapatkan dari tidur siang, antara lain:

1. Mengurangi rasa lelah.
2. Meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan dan mengembalikan energi.
3. Mampu memperbaiki mood.
4. Membuat otak bisa beristirahat sehingga Anda bisa lebih produktif.
4. Meningkatkan daya ingat, kinerja, termasuk reaksi yang lebih cepat, menekan kemungkinan kecelakaan, kesalahan, dan kebingungan.

Baca – 7 Olahraga untuk Penderita Vertigo

Dari penelitian lain diketahui bahwa manfaat tidur siang juga dirasakan oleh pekerja shift malam.

Bahkan, ada sebuah studi yang membandingkan tiga cara mengatasi kelelahan pada siang hari akibat kerja. Ke-3 cara itu adalah menambah jam tidur malam, tidur siang, dan mengonsumsi kafein.

Mana yang terbaik? Jawabannya, tidur siang adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi kelelahan. Selain itu, efek dari tidur siang sama dengan mengonsumsi kafein.

Cara Tidur Siang Terbaik dan Manfaatnya Maksimal

Sebaiknya Anda memperhatikan cara tidur siang yang baik sehingga hasilnya bisa maksimal. Bukan asal tidur siang. Tetapi tidur siang bisa memperbaiki atau meningkatkan kesehatan Anda.

1. Tidur siang yang baik selama 10-30 menit. Lebih dari itu, kemungkinan Anda akan uring-uringan setelah bangun.

2. Waktu tidur siang terbaik tengah hari. Ya, sekitar pukul 14.00 – 15.00 (pukul 2-3 sore). Dengan tidur siang maksimal 30 menit tidak akan mengganggu durasi tidur malam.

3. Tidur siang di tempat yang tenang dan gelap dengan suhu kamar yang nyaman dan tidak terlalu bising.

Baca – Cara Menghilangkan Bau Mulut Selamanya

4. Setelah bangun tidur, jangan buru-buru bangkit dan beraktivitas lagi. Anda bisa sakit kepala, uring-uringan, dan tidak enak badan. Tunggu sejenak sampai Anda merasa kembali segar.

Penutup

Bagi Anda yang tidak pernah tidur siang, coba pertimbangkan saran agar Anda tidur siang 1 atau 2 kali dalam seminggu. Sebab, manfaat tidur siang sangat banyak. Tetapi tidurnya jangan lama. Maksimal 30 menit.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

!-- Ads 300x250 -->