Site icon WARASWIRIS.COM

Manfaat Vitamin B Complex Menaikkan BB Remaja & Dewasa

BANYAK anak muda yang badannya kurus ingin bisa gemuk. Punya badan kurus memang tidak nyaman. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar badan gemuk adalah mengonsumsi vitamin B Complex. Manfaat vitamin B complex cukup banyak.

Benarkah vitamin B Complex bisa menaikkan berat badan (BB) atau mengatasi badan kurus? Begitu pertanyaan beberapa orang muda kepada dokter.

Di antara mereka yang bertanya ada juga remaja usia 15 tahun. Selain tidak nyaman dalam pergaulan sesama teman, punya badan kurus juga bisa mengganggu kesehatan.

Misalnya bisa menderita kekurangan gizi. Selain itu, mereka juga mudah kena penyakit, tidak subur (sulit punya anak), mudah menderita tulang keropos, dsb.

Nah, Anda yang punya badan kurus, sebaiknya berusaha menaikkan berat badan. Tujuannya tidak lain supaya badan sehat. Selain tidak malu dalam pergaulan dan tidak jadi bahan ejekan teman.

Baca: Susu Herbalife Untuk Remaja Yang Ingin Gemuk

Siapa Yang Boleh Minum Vitamin B Complex?

manfaat vitamin B komples IPI (foto: bp-guide.id)

Tentu, dengan alasan agar tubuh selalu sehat, banyak orang yang badannya kurus ingin menaikkan berat badannya.

Tetapi bagaimana cara menaikkan berat badan? Bisakah badan jadi gemuk dengan minum vitamin B Complex?

Menurut dr. Mira Iskandar, vitamin B komplek (vitamin B Complex) adalah suplemen yang mengandung vitamin antara lain vitamin B1, B2, B6 dan B12.

Manfaat vitamin B Complex, khususnya rajin minum vitamin B1 dan B6, maka nafsu makan akan meningkat.

Jika tidak ada gangguan masalah medis tertentu, berat badan orang yang rajin minum vitamin B Komplek akan meningkat menjadi gemuk.

Seseorang dikatakan badannya kurus jika nilai indeks massa tubuh (IMT) di bawah 18,5. Tentu saja, Anda yang badannya kurus harus berusaha meningkatkan atau menaikkan berat badan.

Ya, tujuannya supaya Anda tetap sehat. Tidak mudah kena penyakit. Selain itu, Anda tidak malu lagi berada di dalam pergaulan bersama teman-teman atau orang lain.

Baca: 15 Makanan Penambah Berat Badan (Selamat Tinggal Badan Kurus)

Manfaat Vitamin B Complex Hanya Untuk Badan Kurus Akibat Kekurangan Nutrisi

Vitamin B Complex atau B Kompleks adalah kumpulan dari 8 vitamin B dalam satu kapsul multivitamin atau suplemen.

Ke-8 vitamin itu adalah B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantothenic), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin).

Menurut dr Karlina Lestari, manfaat vitamin B Complex memang bisa menaikkan berat badan atau membuat badan gemuk.

Tetapi, vitamin ini hanya boleh dikonsumsi oleh mereka yang menderita badan kurus akibat kekurangan nutrisi.

Misalnya kekurangan vitamin B9 dan B12. Ini bisa membuat orang menderita anemia. Efeknya, nafsu makan penderita anemia turun dan mengakibatkan berat badannya jadi kurus.

Bagi mereka ini, minum vitamin B Komplek sangat tepat untuk mengembalikan nafsu makannya biar  badannya gemuk. Berat badan bisa naik atau meningkat.

Badan kurus akibat diet ketat atau akibat usia lanjut, menderita penyakit autoimun seperti penyandang sakit diabetes tipe 1, perlu mengonsumsi vitamin B Complex.

Demikian pula wanita hamil dan sedang menjalani cuci darah. Untuk mengembalikan kesehatannya, meningkatkan berat badannya, bisa mengonsumsi vitamin B Complex.

Baca: 10 Susu Penambah Berat Badan Untuk Perempuan

Hindari Efek Samping

 

Banyak orang yang merasakan manfaatnya bisa menaikkan berat badan dengan mengonsumsi vitamin B Complex. Selain itu, mengonsumsi vitamin ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak mudah lelah.

Yang penting Anda harus mengonsumsi vitamin ini sesuai dengan aturan yang benar. Maka, sebelum mengonsumsi, Anda baca dulu petunjuknya lengkap.

Mengonsumsi vitamin B Complex jangan berlebihan. Jika ada efek samping seperti mual, muntah, kadar gula darah naik, dsb, segera kunjungi dokter.

Produk Vitamin B Complex Terbaik

Berikut daftar 6 produk vitamin B Complex terbaik yang bisa Anda pilih, yakni:

1. IPI Vitamin B Complex

Banyak orang menyukai vitamin B Complex ini. Selain manfaat vitamin B Complex bagus, harganya juga murah. Harga IPI Vitamin B Complex isi 45 tablet adalah Rp 5.450.

Manfaat vitamin B Complex IPI antara lain:

Aturan minum vitamin B Kompleks IPI adalah: Anda minum vitamin B Complex ini sesudah makan malam. Jadi, sehari satu kali.

Baca: Sukses Menggemukkan Badan dengan Minum Susu Dancow

2. Puritan’s Pride Complete B B-Complex Vitamin

Banyak orang tua yang turun nafsu makannya akibat usia. Bahkan, daya serap vitamin B Komplek juga menurun.

Produk vitamin Puritan’s Pride Complete ini bisa mengatasi kondisi kesehatan yang menurun. Selain itu, juga mampu menjaga kesehatan pencernaan, jantung dan lambung (maag).

Puritan’s tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan. Jadi, aman untuk Anda konsumsi.

Aturan minum vitamin B Kompleks Puritan’s Pride ini: dua kali sehari dan tiap minum 2 tablet.  Harga vitamin B Complex isi 100 tablet ini adalah Rp 245.000. Isi 90 tablet harga Rp 195.000.

3. Nutrimax B Complex

Vitamin B Complex Nutrimax mudah diserap oleh tubuh. Vitamin ini juga berbentuk tablet sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Manfaat vitamin B Complex Nutrimax antara lain:

Adapun aturan minum vitamin B ini adalah sehari dua kali. Yakni setelah sarapan pagi dan makan siang. Tiap kali minum 1 – 2 tablet. Harga vitamin Nutrima isi 30 tablet adalah Rp 123.000.

4. Enervita B Complex Plus

Vitamin B Complex Enervita dari produsen Amerika ini dilengkapi dengan zinc dan vitamin C. Oleh karena itu, produk vitamin ini dinamakan vitamin B Complex Enervita Plus.

Kandungan utamanya adalah Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B12
Biotin.

Manfaat vitamin B Complex Enervita bisa meningkatkan energi dalam tubuh Anda. Mengatur sistem saraf, menyehatkan mata, memperlancar metabolisme tubuh. Menambah daya tahan tubuh, dan mencegah anemia.

Bisa juga menurunkan kolesterol tinggi, membuat sistem pencernaan jadi lancar, menjaga kesehatan rambut, kuku, liver, mulut, otot, dsb.

Anda bisa memilih kemasan isi 30 tablet atau 60 tablet. Tiap hari minum 1 – 2 tablet.

Berapa harga vitamin B Complex Enervita? Mahal? Harganya dari Rp 155.000 untuk isi 60 tablet. Isi 30 tabet harganya dari Rp 46.600.

Baca: Susu Hilo Untuk Remaja Yang Ingin Badannya Lebih Tinggi

5. Hiu Nafsu Makan

Sesuai dengan namanya, manfaat vitamin B Complex Cap Hiu ini mampu meningkatkan berat badan remaja dan dewasa. 

Selain membuat badan jadi gemuk, vitamin ini juga berkhasiat mengoptimalkan fungsi saluran cerna dan  membuat badan selalu sehat.

Vitamin ini diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk Anda konsumsi. Bahan-bahan alami itu antara lain temulawak, temu hitam, dan kunyit.

Anak-anak, wanita hamil dan menyusui jangan mengonsumsi produk vitamin ini. Aturan minum vitamin B ini adalah 3 kali sehari dan tiap minum 1 – 3 kapsul.

Harga produk vitamin Hiu Nafsu Makan isi 60 kapsul adalah Rp 29.000-an.

6.  Madu Gemes Ath-Thoifah

Dengan bahan utama madu, tentu saja rasa vitamin penambah berat badan ini segar. Selain menaikkan nafsu makan, manfaat minum vitamin ini adalah meningkatkan penyerapan nutrisi untuk tubuh.

Manfaat lain dari konsumsi Madu Gemes Ath-Thoifah ini adalah:

Selain madu murni, bahan pembuatan vitamin penggemuk badan ini adalah kurma, adas manis, lada, temu lawak dan mentimun.

Aturan minum vitamin B Madu Gemes ini adalah tiga kali sehari dan tiap minum 2 sendok makan Madu Gemes. Harga vitamin isi 350 gr ini adalah Rp 45.000.

Baca Juga:

Semoga artikel tentang manfaat vitamin B complex untuk meningkatkan berat badan bagi remaja dan orang dewasa ini bermanfaat bagi Anda semua.

Exit mobile version