Manfaat Vitamin B Kompleks Biar Tidak Mudah Kena Covid-19

Herbal , ratnasilvi 0 Comments

UNTUK meningkatkan daya tahan tubuh biar tidak mudah kena penyakit, termasuk covid-19 atau virus corona, Anda perlu mengonsumsi vitamin B kompleks. Banyak manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Ya, meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi covid-19 ini sangat penting. Apalagi bagi Anda yang kurang aktivitas, kurang gerak dan kurang olahraga.

Mengonsumsi vitamin B kompleks jadi solusi cerdas untuk membuat tubuh selalu sehat. Tidak mudah sakit, termasuk tidak mudah terkena virus (corona).

Banyak makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Vitamin B sendiri terbagi dalam 8 jenis vitamin. Yakni, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin).

Baca – 16 Sayuran Yang Mengandung Vitamin C – Perkuat Daya Tahan Tubuh

Tetapi, jika ingin efektif mencakup semua jenis vitamin B seperti disebutkan di atas, Anda bisa mengonsumsi produk Vitamin B kompleks. Karena semua jenis vitamin B ada dalam vitamin B kompleks.

Anda tidak harus mengonsumsi satu-satu vitamin B yang berjumlah 8 itu.

Apa Saja Manfaat dari Ke-8 Vitamin B Itu?

manfaat vitamin b kompleks

manfaat vitamin B kompleks (foto:hellosehat.com)

Untuk mengetahui masing-masing kandungan dan manfaat vitamin B, berikut adalah daftar masing-masing vitamin B.

1. Vitamin B1 (Thiamine)

Berfungsi untuk meningkatkan energi dengan mendorong sel tubuh supaya memproduksi energi. Manfaat lain untuk kesehatan jantung dan metabolisme karbohidrat.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Mencegah tubuh Anda dari sejumlah penyakit berbahaya, termasuk penyakit kanker dan katarak.

3. Vitamin B3 (Niacin)

Bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi, dan mengatasi masalah sendi. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan Anda kena sakit jantung.

4. Vitamin B5 (Asam Panthothenate)

Berkhasiat untuk menjaga tubuh Anda biar tidak mudah lelah, meningkatkan sistem saraf dan metabolisme, dan tidak mudah alergi.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Berkhasiat untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Manfaat lain mencegah Anda kena sakit darah tinggi (hipertensi).

6. Vitamin B7 (Biotin)

Berperan dalam pelepasan energi dari karbohidrat. Selain itu juga berperan dalam pertumbuhan rambut dan kuku.

Baca – 6 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru

7. Vitamin B9 (Asam Folat)

Bermanfaat untuk membentuk hemoglobin, perkembangan janin, dan mengobati anemia (kurang darah).

8. Vitamin B12 (Cobalamin)

Bermanfaat untuk membentuk sel darah merah dan sistem saraf.

Vitamin B6 Paling Berperan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berdasarkan berbagai penelitian, vitamin B6 adalah vitamin yang paling berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh.

Anda yang kurang vitamin B6 mengakibatkan respons imun menurun. Sebab, produksi antibodi dalam tubuh Anda terganggu.

Vitamin B6 juga mengontrol kadar homocysteine ​​dalam darah. Manfaat lain dari vitamin B6 adalah untuk menyerap vitamin B12, membuat sel darah merah dan sel-sel sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, vitamin B6 juga membuat tubuh bisa menghasilkan serotonin dalam jumlah yang cukup.

Dengan mengonsumsi vitamin B6 yang cukup akan membuat sistem kekebalan tubuh makin bagus akibat peningkatan produksi antibodi. Tubuh Anda tidak mudah kena penyakit, termasuk virus corona (covid-19).

Jenis vitamin lain yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah B2 (riboflavin). Untuk itu, pria sebaiknya mengkonsumsi 1,3 mg vitamin B2 tiap hari.

Untuk wanita adalah 1,1 mg per hari. Untuk wanita hamil dan menyusui perlu mengonsumsi B2 yang lebih tinggi, yakni 1,4 mg dan 1,6 mg per hari.

Baca – Akibat Kekurangan Vitamin C Banyak Penyakit Mengintai

Makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain jeroan, ikan tuna, ikan salmon, unggas, susu, telur ayam, wortel, paprika, bayam, kacang hijau, ubi jalar, brokoli, asparagus, lobak hijau, kacang, biji bunga matahari, kacang mede, dan hazelnut dan kentang.

Berbagai Makanan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks Lainnya

Berbagai makanan yang mengandung vitamin B kompleks lainnya adalah sebagai berikut:

Vitamin B1: daging, telur, gandum utuh, sereal, pasta, kerang, biji-bijian, kacang kedelai, kacang lentil, sereal, roti dari gandum, pasta, nasi, kembang kol, jeruk, dsb.

Vitamin B2: ikan, daging sapi, kerbau dan kambing, daging unggas (ayam, bebek), jeroan, oatmeal, yogurt, susu, produk susu, jamur, alpukat, kismis, ubi jalar, kacang almond, dsb.

Vitamin B3: daging sapi, unggas, ikan dan ikan tuna tertinggi, kacang hijau, telur, sayur, dan sereal yang telah diperkaya dengan vitamin.

Vitamin B5: hati sapi, jamur shiitake, daging ayam, ikan tuna, susu, kacang-kacangan, ubi, dan buah alpukat.

Vitamin B7: jeroan, telur, ikan salmon, daging sapi, wortel, sereal, kembang kol, buah beri, kacang polong, jamur, dan biji bunga matahari.

Baca – Susu Penambah Berat Badan Bayi 6-12 Bulan

Vitamin B9: sayuran hijau, hati sapi, alpukat, pepaya, telur, bayam, buncis, brokoli, kubis, kacang hijau, kentang, dan kacang-kacangan

Vitamin B12: kerang, hati sapi, ikan salmon, susu, kepiting, ikan sarden, daging sapi, dan yogurt.

Demikian beberapa makanan yang mengandung vitamin B kompleks yang bisa Anda manfaatkan untuk peningkatan kesehatan Anda biar terhindar dari banyak penyakit, termasuk penularan virus corona (covid-19).

Suplemen Vitamin B dengan Harga Murah

Jika Anda ingin praktis, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B. Harga produk vitamin B juga murah. Atau cari yang murah jika dana terbatas. Yang penting daya tahan tubuh Anda tinggi sehingga tidak mudah kena penyakit, termasuk virus corona (covid-19).

Antara lain Sanbe Fama Becom-C harga Rp 15.000, Sanbe Farma Sanbe-Flex Drop harga Rp 20.500, Neurobion Forte harga Rp 34.500, Nutrimax B Complex harga Rp 94.000, dan Folamil Genio harga Rp 115.000.

Penutup

Memperkuat daya tahan tubuh sangat penting. Anda akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk dari virus corona (covid-19). Jika ingin praktis, ya pilih konsumsi suplemen vitamin B kompleks harga murah. Harga mahal juga tersedia.

Manfaat vitamin B kompleks memang besar untuk menguatkan daya tahan tubuh. Anda sebaiknya rutin mengonsumsi vitamin B kompleks biar selalu sehat, termasuk tidak mudah kena covid-19. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.