Manfaat Yakult Bisa Menyembuhkan Sakit Asam Lambung

Berita, Herbal 0 Comments

MANFAAT yakult untuk asam lambung atau penyakit maag cukup baik. Maksudnya, minum yakult bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit asam lambung atau maag. Tak ada larangan untuk itu. Meskipun rasa yakult adalah asam.

Demikian jawaban dr Irwandi atas pertanyaan pembaca di alodokter.com tentang penyakit maag atau asam lambung.

Yakult adalah minuman probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus casei. Tetapi ini adalah bakteri yang baik hati, eh maksudnya bakteri baik. Bukan bakteri jahat.

Maka, manfaat yakult untuk kesehatan cukup banyak. Antara lain yakult bermanfaat untuk mengatasi penyakit wasir / ambeien. 

Jadi, bakteri ada dua jenis. Bakteri baik dan bakteri jahat. Yang harus kita lawan adalah bakteri jahat.

Bakteri baik justru bekerja pada saluran pencernaan manusia. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa minuman yang mengandung probiotik bisa membantu mencegah naiknya asam lambung.

Hanya saja, sebaiknya minum yakult sehari dua kali. Jangan berlebihan, bisa berakibat tidak baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

manfaat yakult untuk asam lambung

Rasa Asam  pada Yakult Adalah Asam Laktat РBisa Menyembuhkan Luka di Lambung

Pada dasarnya, rasa asam yakult tidak akan merangsang produksi berlebihan asam lambung dan meningkatkan iritasi pada lambung. Oleh karena itu, penderita sakit asam lambung atau maag boleh mengonsumsi yakult. Justru mengonsumsi yakult bisa mengobati sakit maag.

Mengapa? Sebab, asam yang terbentuk dalam yakult merupakan asam laktat yang bisa menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Selain itu, bakteri baik bisa menurunkan jumlah bakteri jahat. Kerusakan dinding lambung hingga terjadi sakit asam lambung atau maag adalah bakteri jahat.

Baca – Ciri-ciri Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi atau menghindari sakit asam lambung atau maag, Anda perlu menjalani pola hidup yang sehat. Antara lain Anda harus makan secara teratur tiga kali sehari dengan tepat waktu.

Waktu makan sering terlambat juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit lambung / maag. Sarapan pagi jam 8, tetapi Anda baru sarapan jam 11.00 atau kadang jam 10.00, dsb.

Demikian pula dengan merokok, sering stres, juga bisa menyebabkan sakit maag / asam lambung. Anda sebaiknya tidak merokok dan tidak sering stres.

Pantangan Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Anda Hindari

Selain minum yakult untuk asam lambung, Anda juga perlu menghindari makanan penyebab asam lambung lainnya. Tujuannya supaya penyakit asam lambung / maag Anda cepat sembuh.

Jika sakit asam lambung sudah sembuh, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan yang bisa membuat penyakit Anda tidak kambuh.

Ya, penyakit asam lambung yang sudah sembuh tetap harus dijaga supaya tidak kambuh. Sebab, jika Anda mengonsumsi makanan penyebab asam lambung, maka penyakit lambung bisa kembali kambuh.

Bahkan, kambuhnya bisa sangat cepat. Sekarang mengonsumsi pantangan makanan asam lambung, maka tak lama kemudian penyakit bisa kambuh.

Cara terbaik adalah mengonsumsi makanan / minuman pantangan jangan terlalu sering dan tidak terlalu banyak.

Baca – Manfaat Madu Pahit untuk Menyembuhkan Maag Kronis

Pantangan makanan penyakit asam lambung / maag adalah sebagai berikut:

1. Makanan Rasa Asam

Makanan minuman yang seharusnya Anda hindari biar asam lambung / maag cepat sembuh atau tidak kambuh adalah makanan minuman rasa asam.

Misalnya buah jeruk, lemon, limau, saus tomat, nanas, tape, serta minuman berkarbonasi/bersoda bersifat asam.

2. Makanan Rasa Pedas

Demikian pula makanan rasa pedas. Juga harus Anda hindari. Makanan pedas bisa meningkatkan risiko iritasi pada saluran pencernaan, termasuk lambung.

3. Aneka Gorengan

Makanan lain yang harus Anda hindari adalah aneka gorengan seperti ayam goreng, tahu goreng, ikan goreng, dsb. Makanan berlemak, merokok, makanan minuman sangat manis juga termasuk makanan minuman yang harus Anda jauhi. Ini juga merupakan penyebab sakit asam lambung/ maag.

Penutup

Demikian artikel tentang manfaat yakult untuk mengatasi sakit asam lambung atau maag. Tetapi, bersamaan dengan itu Anda juga perlu menghindari makanan minuman penyebab sakit asam lambung atau maag.

Jika Anda menderita asam lambung / maag, hendaknya penyakit yang Anda derita diatasi dengan sungguh-sungguh sampai sembuh.

Tetangga saya, masih muda, energik meninggal gara-gara sakit asam lambungnya tidak ditangani serius. Dianggapnya sakit maag adalah hal sepele.

 

!-- Ads 300x250 -->