10 Manfaat Yakult: Atasi Maag, Kolesterol, Lemak, Penyakit Kronis

Berita ratnasilvi 0 Comments

SERIBU satu manfaat yakult. Anda pernah minum yakult? Jika belum pernah, Anda bisa mencobanya. Anda akan menikmati manfaat minum yakult.

Banyak sekali manfaat minum yakult untuk kesehatan. Bisa mengatasi sakit maag, asam lambung, menghindari infeksi kuman membahayaan, dsb.

Apalagi harga yakult juga murah. Biar tubuh selalu sehat, tidak mudah kena penyakit, tidak mudah kena virus, bakteri, racun, dsb, maka layak bagi Anda untuk minum yakult.

Minum yakult juga bisa mengatasi sakit wasir atau ambeien.

Adapun harga yakult sangat murah, yakni Rp 8.500 untuk satu pack isi 5 botol. Untuk beli eceran / satuan, harga yakult per botol adalah Rp 3000. Harga mungkin ada toko yang berbeda.

Apakah Yakult Itu? Apa Saja Manfaatnya Untuk Kesehatan?

Yakult adalah suplemen dalam bentuk minuman probiotik. Terbuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri baik, Lactobacillus casei.

manfaat yakult

Bahkan dalam setiap botol yakult terdapat 6,5 miliar bakteri baik. Maka, ketika Anda minum yakult, jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan Anda langsung meningkat.

Sebaliknya, perkembangan bakteri jahat yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi akan teratasi atau berkurang.

Adapun gangguan pencernaan yang bisa Anda atasi dengan minum yakult adalah diare, sembelit (konstipasi), radang usus, sindrom iritasi usus, dan infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Yakult dengan pusat produksinya di Jepang ini telah tersebar di banyak negara. Di Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Latin.

Selain manfaat yakult untuk mengatasi gangguan pencernaan, minum yakult juga bisa berkhasiat untuk mengatasi banyak penyakit.

Antara lain yakult bermanfaat untuk diet, mengatasi anak susah BAB, wajah berjerawat, sakit maag atau asam lambung, alergi, demam, flu, infeksi telinga, infeksi gusi, plak, sariawan, dsb.

Kandungan Yakult dan Aturan Minum

Apa saja kandungan yakult sehingga bisa memiliki manfaat besar untuk kesehatan pencernaan dan kesehatan bagian tubuh lainnya sehingga virus tidak mudah menyerang tubuh kita?

Yakult diproduksi dari bahan susu bubuk skim, gula pasir, glukosa, perisa identik alami, air, dan bakteri baik Lactobacillus casei strain Shirota (LcS).

Adapun kandungan nutrisinya terdiri dari energi 50 kalori (kcal) protein 0,8 gram (g), karbohidrat 12 g dan lemak kurang dari 0,1 g.

Aturan Minum Yakult

Mengenai aturan minum, orang dewasa perlu minum dua botol sehari. Untuk anak-anak cukup satu botol sehari

Ketika Anda sudah membuka tutup botol yakult, Anda sebaiknya langsung menghabiskan isinya. Dengan cara itu tidak akan terjadi kontaminasi.

Selain itu, jika yakult dalam botol yang sudah terbuka tetapi tidak habis Anda minum, maka probiotik baik dalam yakult bisa mati akibat terpapar bakteri di sekitar Anda.

Kualitas yakult pun menjadi turun. Anda sebaiknya menyimpan yakult di dalam kulkas sehingga terjamin kesehatannya.

10 Manfaat Minum Yakult Untuk Kesehatan Tubuh

Apa saja manfaat minum yakult?

1. Menyembuhkan Sakit Maag

Pernah sakit maag yang sulit sembuh? Ya, coba saja minum yakult. Lakukan rutin tiap hari dengan dosis yang sudah ditentukan.

Bakteri baik dalam yakult bisa mengatasi maag sekaligus mencegah gangguan lambung.

Bersamaan dengan itu Anda perlu menghindari makanan pedas dan asam. Selain itu selalu makan tepat waktu.

2. Membuat Usus Selalu Sehat

Manfaat konsumsi yakult yang cukup populer adalah mengatasi maag dan gangguan di usus. Ini karena adanya Lactobacillus casei shirota strain yang bisa mengatasi berbagai gangguan usus akibat bakteri.

Mengonsumsi yakult juga bisa menambah jumlah bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat penyebab Anda sakit. Selain itu juga bisa mengatasi radang usus, diare, sembelit dan gangguan perut lainnya.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting untuk menangkal virus, termasuk virus corona (covid-19). Salah satu caranya dengan minum yakult secara berkala.

Bakteri baik dari yakult adalah Lactobacillus casei. Bakteri baik itu bisa melawan bakteri jahat, virus sekaligus mengatasi penyakit infeksi.

4. Mengontrol Kolesterol

Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan minum yakult. Demikian pula untuk mencegah stroke.

Bahkan, hasil fermentasi susu ini juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kolesterol tinggi yang Anda biarkan tanpa penyembuhan bisa membuat Anda kena sakit jantung.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat minum yakult lainnya adalah bisa menangkal berbagai penyakit kronis yang berbahaya. Antara lain sakit batu ginjal, stroke, darah tinggi atau hipertensi, serangan jantung, radang sendi, osteoporosis dan kanker payudara.

6. Menghalau Tumpukan Racun

Hati-hati dengan konsumsi makanan yang mengandung racun dan bahan kimia. Sebab, itu adalah makanan yang beracun. Setelah berlangsung, bahan beracun itu terus menumpuk dan
akhirnya menjadi penyakit.

Adapun cara mengatasi, salah satunya dengan detoksifikasi. Minum yakult bisa berfungsi untuk detoksifikasi.

7. Cara Menangkal Eksim

Anda juga bisa minum yakult untuk mengatasi penyakit eksim dan membuat kulit halus dan lembut. Selain minum yakult, Anda perlu juga menjaga diri agar kulit tubuh tetap bersih.

8. Bisa Menurunkan Lemak

Manfaat minum yakult juga berkhasiat untuk Anda yang sedang menjalankan program menurunkan lemak.

Rasa asam dan sifat probiotik dari minuman ini bisa mengikat lemak. Hasilnya, lemak tubuh turun dan berat badan juga turun.

9. Ibu Hamil Aman Konsumsi Yakult

Ibu hamil juga boleh minum yakult untuk kesehatan. Bunda jangan ragu. Yang penting sehari minum 1 atau 2 kali. Ya, dosis sesuai dengan aturan. Jangan lebih.

Manfaat minum yakult untuk ibu hamil banyak. Bisa mencegah sakit di pencernaan seperti diare, kesulitan BAB, mengurangi penumpukan racun dalam tubuh, dsb.

Saat kesulitan BAB jangan mengejan. Tetapi minum yakult atau minuman sejenis. BAB akan lancar.

10. Bermanfaat Untuk Diet

Minum yakult juga bermanfaat untuk Anda yang sedang diet. Sebab, yakult merupakan susu fermentasi yang mendukung bakteri baik, yaitu L. casei Shirota strain.

Mengonsumsi yakult secara rutin tiap hari akan membantu usus menyerap dan mencerna gizi daridiet seimbang dengan lebih baik, kata Ahli Gizi dari RSCM, Anna Ngatmira, S.Pd., M.K.M., RD.

Mengapa Yakult Tidak Melayani Kemasan Botol Besar?

Mungkin Anda bertanya mengapa yakult selalu tersaji dalam botol kecil isi 60 ml dan 100 ml?

Sudah puluhan tahun yakult memasarkan produknya berupa minuman sehat, tetapi bentuk botolnya tetap sama.

Belum lama ini sekitar 68.000 warga Filipina menandatangi surat permintaan agar yakult juga tampil dalam botol kemasan isi 1 liter.

Tetapi produsen tidak bisa memenuhi permintaan warga Filipina itu.

Alasan produsen, dengan botol kecil, orang langsung bisa menghabiskan minum itu sekali teguk.

Dengan cara itu, yakult akan terhindar dari kontaminasi. Termasuk dari tutup botolnya. Sehingga minum yakult tetap sehat.

Sungguh luar biasa alasan produsen mengapa produk yakult sejak dulu selalu tampil dalam botol kecil? Mungkin sebagian konsumen menilai itu tidak praktis.

Semoga artikel mengenai manfaat minum yakult ini berguna bagi siapa saja.