Site icon WARASWIRIS.COM

10 Manfaat Minum Yakult: Atasi Maag, Kolesterol, Penyakit Kronis

FacebookTwitterShare

SERIBU satu manfaat yakult. Anda pernah minum yakult? Jika belum pernah, Anda bisa mencobanya. Anda akan menikmati manfaat minum yakult.

Banyak sekali manfaat minuman yakult untuk kesehatan. Antara lain yakult untuk maag, asam lambung, menghindari infeksi kuman membahayakan, dsb.

Apalagi harga yakult juga murah. Biar tubuh selalu sehat, tidak mudah kena penyakit, tidak mudah kena virus, bakteri, racun, dsb, maka sebaiknya Anda rajin minum yakult.

Adapun harga yakult sangat murah, yakni Rp 8.500 untuk satu pack isi 5 botol. Untuk beli eceran / satuan, harga yakult per botol adalah Rp 3000. Harga mungkin ada toko yang berbeda.

Minum yakult juga bisa mengatasi sakit wasir atau ambeien.

Apakah Yakult Itu? Yakult Terbuat dari Apa? Manfaat Yakult Untuk Kesehatan Apa Saja?

Yakult adalah suplemen dalam bentuk minuman probiotik.

Yakult terbuat dari apa?

Ya, yakult terbuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri baik Lactobacillus casei.

 

manfaat yakult

Dalam setiap botol yakult terdapat 6,5 miliar bakteri baik. Maka, ketika Anda minum yakult, jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan Anda langsung meningkat.

Sebaliknya, perkembangan bakteri jahat yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi akan berkurang.

Selengkapnya bahan-bahan untuk pembuatan yakult adalah:

Adapun gangguan pencernaan yang bisa Anda atasi dengan minum yakult adalah:

Yakult yogurt dengan pusat produksinya di Jepang ini telah tersebar di banyak negara. Di Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Latin.

Banyak manfaat yakult untuk kesehatan, termasuk mengatasi berbagai penyakit. Antara lain:

  1. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda akan selalu sehat.
  2. Mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Misalnya diare dan sembelit
  3. Mengurangi racun di dalam usus
  4. Menekan pertumbuhan bakteri merugikan
  5. Meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus

Selain itu, juga bermanfaat untuk diet, mengatasi anak susah BAB, wajah berjerawat, sakit maag atau asam lambung, alergi, demam, flu, infeksi telinga, infeksi gusi, infeksi telinga, plak, dan sariawan.

Kandungan Yakult dan Aturan Minum

Yakult terbuat dari apa? 

Yakult terbuat dari bahan susu bubuk skim, gula pasir, glukosa, perisa identik alami, air, dan bakteri baik Lactobacillus casei strain Shirota (LcS).

Bahan-bahan alami untuk pembuatan yakult berkualitas tinggi. Tidak ada tambahan zat pengawet atau pewarna buatan.

Oleh karena itu, yakult memiliki manfaat besar untuk kesehatan pencernaan dan kesehatan bagian tubuh lainnya.

Misalnya yakult untuk lambung. Dengan selalu minum yakult, virus tidak mudah menyerang tubuh Anda.

Adapun kandungan nutrisinya terdiri dari energi 50 kalori (kcal), protein 0,8 gram (g), karbohidrat 12 g dan lemak kurang dari 0,1 g.

Aturan Minum Yakult

Mengenai aturan minum yakult, orang dewasa cukup minum satu botol sehari. Tetapi minum dua botol per hari juga tidak masalah. Lebih dari botol, jangan !

Untuk anak-anak cukup satu botol sehari

Ketika Anda sudah membuka tutup botol yakult, Anda sebaiknya langsung menghabiskan isinya. Dengan cara itu tidak akan terjadi kontaminasi.

Selain itu, jika yakult dalam botol yang sudah terbuka tetapi tidak habis Anda minum, maka probiotik baik dalam yakult bisa mati akibat terpapar bakteri di sekitar Anda.

Kualitas yakult pun menjadi turun. Otomatis, manfaat yakult juga turun. Anda sebaiknya menyimpan yakult di dalam kulkas sehingga terjamin kesehatannya.

Tetapi hanya boleh menyimpan selama 40 hari sejak tanggal pembuatan. Ini pun jika Anda menyimpan di bawah suhu 10derajat Celcius.

Aturan minum yakult untuk asam lambung, cara minum yakult untuk diet, dsb adalah sama. Baik ukuran atau takaran yakult maupun waktu minum yakult.

Dosis Yakult

Jadi, dosis minum yakult untuk orang dewasa adalah 1 – 2 botol per hari.

Untuk anak adalah 1 botol per hari. Jangan lebih.

Bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika ingin minum yakult. Demikian pula untuk Anda yang menderita sakit diabetes.

Mengapa? Karena yakult mengandung gula sekitar 10 gram per takaran saji.

Anak-anak yang tidak tahan mengonsumsi susu yang mengandung laktosa (intoleran laktosa), juga jangan minum yakult. Sebab, yakult mengandung sedikit laktosa.

Atau daya tahan tubuh Anda rendah. Jika minum yakult, dikhawatirkan Anda akan terkena infeksi bakteri atau infeksi jamur.

Jangan Minum Yakult Bersamaan dengan Minum Antibiotik

Ada beberapa obat yang sebaiknya tidak Anda minum bersamaan dengan minum yakult. Kalau ingin minum, ya sebaiknya berjarak dua jam lebih.

Atau Anda berkonsultasi dengan dokter jika ingin minum yakult bersamaan dengan obat lain, terutama obat tanpa resep dokter.

Misalnya minum antibiotik. Manfaat obat antibiotik adalah mengurangi bakteri jahat dalam tubuh.

Jika obat antibiotik Anda minum bersamaan minum yakult, maka ada kemungkinan bakteri baik dari yakult akan mati karena obat antibiotik. Sayang kan???

10 Manfaat Yakult Untuk Kesehatan Tubuh

Apa saja manfaat yakult untuk kesehatan?

1. Menyembuhkan Sakit Maag

Pernah sakit maag yang sulit sembuh? Ya, coba saja minum yakult. Lakukan rutin tiap hari dengan dosis yang sudah ditentukan.

Bakteri baik dalam yakult bisa mengatasi maag sekaligus mencegah gangguan lambung.

Bersamaan dengan itu Anda perlu menghindari makanan pedas dan asam. Selain itu selalu makan tepat waktu.

Anda akan memiliki tubuh yang selalu fit dan sehat. Itulah sebagian manfaat yakult untuk  maag.

2. Membuat Usus Selalu Sehat

Manfaat yakult yang cukup populer adalah mengatasi maag dan gangguan di usus. Ini karena adanya Lactobacillus casei shirota strain yang bisa mengatasi berbagai gangguan usus akibat bakteri.

Mengonsumsi yakult juga bisa menambah jumlah bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat penyebab Anda sakit.

Selain itu juga bisa mengatasi radang usus, diare, sembelit dan gangguan perut lainnya. Dengan minum yakult, BAB (buang air besar) Anda akan lancar.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting untuk menangkal virus, termasuk virus corona (covid-19). Salah satu caranya dengan minum yakult secara berkala atau tiap hari.

Bakteri baik dari yakult adalah Lactobacillus casei. Bakteri baik itu bisa melawan bakteri jahat, virus sekaligus mengatasi penyakit infeksi.

4. Mengontrol Kolesterol

Anda juga khasiat yakult untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Demikian pula untuk mencegah stroke.

Bahkan, hasil fermentasi susu ini juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kolesterol tinggi yang Anda biarkan tanpa penyembuhan bisa membuat Anda kena sakit jantung.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat yakult lainnya adalah bisa menangkal berbagai penyakit kronis yang berbahaya. Antara lain sakit batu ginjal, stroke, darah tinggi atau hipertensi, serangan jantung, radang sendi, osteoporosis dan kanker payudara.

6. Menghalau Tumpukan Racun

Hati-hati dengan konsumsi makanan yang mengandung racun dan bahan kimia. Sebab, setelah berlangsung, bahan beracun itu terus menumpuk dan akhirnya menjadi penyakit.

Adapun cara mengatasi, salah satunya dengan detoksifikasi. Minum yakult bisa berfungsi untuk detoksifikasi.

7. Cara Menangkal Eksim

Anda juga bisa minum yakult untuk mengatasi penyakit eksim dan membuat kulit halus dan lembut. Selain minum yakult, Anda perlu juga menjaga diri agar kulit tubuh tetap bersih.

8. Bisa Menurunkan Lemak

Manfaat yakult juga berkhasiat untuk Anda yang sedang menjalankan program menurunkan lemak.

Rasa asam dan sifat probiotik dari minuman yakult bisa mengikat lemak. Hasilnya, lemak tubuh turun dan berat badan juga turun.

9. Ibu Hamil Aman Konsumsi Yakult

Ibu hamil juga boleh minum yakult untuk kesehatan. Bunda jangan ragu. Yang penting sehari minum 1 atau 2 kali. Ya, dosis sesuai dengan aturan. Jangan lebih.

Manfaat yakult untuk ibu hamil banyak. Bisa mencegah sakit di pencernaan seperti diare, kesulitan BAB, mengurangi penumpukan racun dalam tubuh, dsb.

Saat kesulitan BAB jangan mengejan. Tetapi minum yakult atau minuman sejenis. BAB akan lancar.

10. Manfaat Yakult Untuk Diet

Minum yakult juga bermanfaat untuk Anda yang sedang diet. Sebab, yakult merupakan susu fermentasi yang mendukung bakteri baik, yaitu L. casei Shirota strain.

Manfaat yakult bagi Anda yang rutin minum tiap hari akan membantu usus menyerap dan mencerna gizi dari diet seimbang dengan lebih baik, kata Ahli Gizi dari RSCM, Anna Ngatmira, S.Pd., M.K.M., RD.

Mengapa Yakult Tidak Melayani Kemasan Botol Besar?

Mungkin Anda bertanya mengapa yakult selalu tersaji dalam botol kecil isi 60 ml dan 100 ml?

Sudah puluhan tahun yakult memasarkan produknya berupa minuman sehat, tetapi bentuk botolnya tetap sama dari waktu ke waktu.

Belum lama ini sekitar 68.000 warga Filipina menandatangani surat permintaan agar yakult juga tampil dalam botol kemasan isi 1 liter.

Tetapi produsen tidak bisa memenuhi permintaan warga Filipina itu.

Alasan produsen, dengan botol kecil, orang langsung bisa menghabiskan minum itu sekali teguk.

Lebih jauh tentang manfaat minum yakult untuk diet.

Terhindar dari Kontaminasi

Dengan cara itu, yakult akan terhindar dari kontaminasi. Termasuk dari tutup botolnya. Sehingga minuman yakult tetap sehat. Manfaat yakult membuat kesehatan tubuh Anda selalu terjaga.

Sungguh luar biasa alasan produsen mengapa produk yakult sejak dulu selalu tampil dalam botol kecil. Mungkin sebagian konsumen menilai itu tidak praktis.

Tetapi itu adalah cara produsen membuat produknya selalu aman dan sehat. Tidak akan terkontaminasi bakteri jahat.

Semoga artikel mengenai manfaat yakult ini berguna bagi siapa saja.(up date, 8 Oktober 2021).

Baca Juga:

1. Yakult Untuk Bayi Boleh atau Tidak? 
2. Minum Yakult Aman Untuk Penderita Asam Lambung?
3. Ingin Bebas dari Wasir? Inilah 12 Cara Mencegah Wasir

FacebookTwitterShare
Exit mobile version