Manuver Epley, 90% Vertigo Jenis BPPV Bisa Disembuhkan

Sakit Kepala 0 Comments

PENYAKIT vertigo sangat merepotkan. Bisa membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas harian dengan baik. Manuver epley bisa menjadi solusi mengatasi serangan sakit kepala yang sangat berat / hebat itu.

Terkadang, mengatasi penyakit vertigo tidak mudah. Sudah beberapa kali periksa dokter, minum semua obat resep dokter, suntik kepala, minum vitamin, dsb, tetapi penyakit vertigo belum juga sembuh.

Bahkan, ada penderita vertigo yang berbulan-bulan tidak bisa melakukan aktivitas hariannya karena penyakit yang dideritanya sering kambuh. Sehari reda, vertigo kambuh lagi dan begitu terus berulang.

Sebenarnya banyak cara mengatasi penyakit vertigo yang bisa Anda lakukan. Misalnya dengan melakukan senam vertigo, menghindari makanan yang bisa menyebabkan vertigo, dsb.

Cara lain untuk menyembuhkan vertigo yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan manuver epley.

90%  Vertigo Jenis BPPV Sembuh dengan Manuver Epley

Apakah manuver epley?

Manuver epley adalah gerakan semacam senam yang dapat mengatasi vertigo jenis Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV).

Vertigo jenis ini terjadi saat posisi kepala berubah. Misalnya kepala menghadap ke utara lalu pindah menghadap ke barat dengan cepat. Perubahan ini mengocok cairan kristal khusus di kanal telinga dalam.

Cairan kristal khusus itu sebenarnya bertugas menjaga keseimbangan tubuh Anda.

Demikian pula saat Anda mengubah posisi dari duduk lalu berbaring dengan cepat. Kristal dalam telinga juga berubah posisi.

Itulah proses terjadinya vertigo yang membuat Anda sakit kepala disertai kehilangan keseimbangan sehingga lingkungan tampak seperti berputar.

Tingkat sukses mengatasi penyakit vertigo dengan cara ini besar, yakni 90% dari vertigo jenis BPPV. Cuma untuk menentukan bahwa vertigo yang Anda derita jenis BPPV, dokter perlu melakukan serangkaian pemeriksaan.

Terkadang perlu pemeriksaan laboratorium. Tujuannya untuk memastikan jenis apa penyakit vertigo yang Anda derita.

Dengan diketahui jenis vertigo yang Anda derita, proses penyembuhannya bisa dilakukan dengan cara yang tepat, yakni manuver epley.

Cara Menyembuhkan Vertigo dengan Manuver Epley

Setelah dipastikan vertigo yang Anda derita adalah jenis BPPV, maka Anda bisa mempraktekkan cara penyembuhan vertigo dengan manuver epley.

A. Jika penyakit vertigo dari gangguan di telinga kiri.

Maka, terapi vertigo yang harus Anda lakukan adalah:

1. Anda duduk di tepi tempat tidur. Putar kepala 45 derajat ke kiri, tetapi tidak sampai menyentuh bahu.
Siapkan bantal di belakang Anda. Ketika berbaring, bantal berada di antara bahu. Bukan di bawah kepala.

2. Cepat berbaring di punggung Anda (telentang). Sementara, kepala di tempat tidur (masih pada sudut 45 derajat). Bantal harus berada di bawah bahu. Lakukan 30 detik sampai vertigo berhenti.

3. Putar kepala setengah (90 derajat) ke kanan sekitar 30 detik.

4. Putar kepala dan tubuh Anda ke kanan sehingga bisa melihat ke lantai. Juga tunggu 30 detik.

5. Kembali duduk secara perlahan. Tetap di tempat tidur beberapa menit. Ketika bangkit dari tempat tidur, juga lakukan perlahan-lahan.

6. Lakukan gerakan yang sama sampai tiga kali.

B. Jika penyakit vertigo dari gangguan di telinga kanan

Apabila penyakit vertigo bersumber dari telinga kanan, maka lakukan cara menyembuhkan vertigo seperti diuraikan di atas. Hanya saja, kepala diputar ke arah kanan.

Jelasnya, Anda duduk di tempat tidur, putar kepala 45 derajat ke kanan tetapi tidak sampai menyentuh bahu.

Anda lakukan manuver epley ini tiap malam menjelang tidur 3 kali. Baik vertigo berasal dari telinga kanan atau kiri. Yang penting adalah vertigo jenis BPPV. Lakukan senam vertigo ini sampai Anda tidak merasa pusing selama sehari semalam (24 jam).

Gerakan Manuver Epley yang lain

Anda juga bisa melakukan manuver epley lainnya sebagai berikut:

  1. Anda duduk di pinggir tempat tidur dengan kaki lurus ke depan.
  2. Miringkan kepala ke kiri hingga 45 derajat. Jangan sampai kepala menyentuh bahu.
  3. Siapkan bantal di belakang Anda. Ketika rebahan, bantal akan ada di antara bahu, bukan di bawah kepala.
  4. Setelah selesai memiringkan kepala, Anda rebahan dengan posisi miring 45 derajat. Bantal ada di bawah bahu. Posisi kepala sedikit menggantung di tepi bantal. Tunggu 30-120 detik sampai gejala vertigo berhenti.
  5. Tengok ke kanan tanpa mengangkat kepala sampai 30-120 detik.
  6. Ubah posisi kepala dan tubuh menjadi menyamping ke kanan. Anda pun memandangi lantai. Lakukan 30-120 detik sampai gejalanya mereda.
  7. Apabila sumber vertigo dari telinga kanan, maka lakukan manuver epley seperti dijelaskan di atas dengan arah yang berlawanan.

Penutup

Silakan mencoba melakukan manuver epley untuk menyembuhkan vertigo Anda. Hanya saja, cara menyembuhkan penyakit vertigo dengan cara manuver epley ini jika vertigo Anda dinyatakan sebagai vertigo jenis BPPV.  Cara penyembuhannya dengan cara ini sangat mudah. Cukup melakukan senam vertigo di tempat tidur.

Semoga Anda sukses menyembuhkan penyakit vertigo Anda.