Memundurkan Rahang Gigi yang Maju Biar Gigi Tonggos Jadi Rapi

Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments

BAGAIMANA memundurkan rahang gigi yang maju sehingga gigi tonggos bisa dirapikan? Ya, semua orang pasti ingin punya gigi yang putih, rapi dan sehat. Tetapi, kenyataannya banyak orang memiliki gigi yang tidak rapi atau gigi tonggos. 

Pertanyaannya, bagaimana dengan mereka yang rahang gigi atasnya maju seperti itu? Adakah cara untuk mengatasinya? Mungkinkah posisi rahang gigi diperbaiki? Jika bisa, bagaimana caranya?

Yang perlu diketahui lebih dulu adalah waktu memundurkan rahang gigi yang maju. Jika menggunakan kawat gigi atau sejenis, sebaiknya dilakukan sebelum usia 19 tahun bagi perempuan atau sebelum usia 21 tahun untuk pria/lelaki.

Sebab, pada usia itu, pertumbuhan tulang rahang ke arah depan sekaligus bawah-depan belum maksimal. Ini berarti perbaikan posisi rahang dan gigi tonggos masih bisa diperbaiki dengan mudah.

Jika perbaikan seperti memundurkan rahang gigi dilakukan setelah usia dewasa, maka prosesnya akan lebih sulit. Diperlukan upaya lain yang lebih efektif, tetapi pelaksanaannya lebih berat dan rumit.

Enam Cara Memundurkan Rahang Gigi yang Maju 

memundurkan rahang gigi yang maju
sebelum dan sesudah rahangnya dimundurkan (foto:grand.plastic.com)

Tetapi Anda juga bisa memundurkan rahang atas dengan cara yang mudah dan murah. Bagaimana caranya?

1. Menggunakan Lidah

Cara memundurkan rahang gigi yang maju, salah satunya dengan menggunakan lidah. Caranya dengan menekan rahang atas mundur ke belakang.

Di sini, lidah bisa berfungsi seperti kawat gigi yang sering digunakan untuk memundurkan rahang atas secara medis. Bagaimana caranya? Ya, Anda tinggal mendorong bagian gigi depan dengan menggunakan lidah.

Cara seperti ini memang memerlukan waktu yang cukup lama. Tetapi, jika Anda melakukan itu terus-menerus tiap hari, Anda bisa sukses memundurkan rahang atas secara alami.

Cara ini sekaligus bisa membuat gigi Anda tidak terlihat tonggos. Gigi yang tidak beraturan bisa terlihat rapi.

2. Menggunakan Sendok Kayu

Anda juga bisa memundurkan rahang gigi yang maju dengan menggunakan sendok kayu. Ya, sendok kayu. Yaitu sendok yang dibuat dari kayu. Anda bisa beli sendok kayu di swalayan atau toko online. Harganya murah.

Cara penggunaannya sangat mudah. Sebelum menggunakan sendok kayu untuk menekan bagian rahang atas, panaskan dulu sendok kayu dengan dimasukkan ke dalam nasi setengah matang selama 1 – 2 menit. Bisa juga dengan cara direbus menggunakan air mendidih.

Lalu, gunakan sendok yang masih hangat untuk mendorong gigi yang maju ke depan seperti gigi tonggos. Ya, perlahan-lahan. Jangan terlalu keras / kencang saat mendorong gigi.

Lakukan berulangkali sampai sukses memundurkan gigi tonggos sekaligus memundurkan rahang atas yang maju.

3. Menggunakan Invisalign

Jika punya dana cukup, cara memundurkan rahang gigi yang maju bisa menggunakan Invisalign. Invisalign merupakan behel transparan yang dapat dilepas dan dipasang sendiri.

Jadi tidak seperti kawat behel yang harus dipasang untuk waktu lama. Behel tidak bisa dilepas sembarang waktu.

Lain halnya dengan invalign yang bisa dipasang dan dilepas kapan saja Anda menghendaki. Anda sebaiknya menggunakan invisalign setiap hari biar rahang atas bisa segera dimundurkan.

Apabila ingin membersihkan atau melepasnya saat makan, Anda bisa membuka invisalign dengan sangat mudah.

4. Headgear – Bisa Dipakai Beberapa Jam Setiap Hari

Prinsip headgear pada umumnya bisa digunakan untuk mendorong rahang atas masuk ke dalam. Alat ini sering digunakan untuk merapikan bagian gigi yang menonjol ke depan sekaligus mendorong rahang atas masuk ke posisi yang lebih tepat.

Baca – Cara Merapikan Gigi Gingsul Tanpa Menggunakan Behel

Berbeda dengan behel, headgear dipasang di kepala dan rahang atas. Selain itu, headgear bisa Anda gunakan beberapa jam setiap hari. Bisa juga digunakan setiap hari di malam hari ketika tidur.

Tetapi jika hal ini menyebabkan rahang pegal, cari cara memasang headgeat yang tepat dan aman.

5. Retainer – Hampir Sama dengan Behel

Anda juga bisa memundurkan rahang yang maju dengan menggunakan retainer. Alat ini hampir sama dengan behel gigi. Tetapi, alat ini bisa dilepas dan dipasang sendiri.

Biasanya retainer digunakan sebagai pengganti behel gigi. Yaitu, ketika penggunaan behel dianggap cukup atay selesai, tetapi gigi belum kuat benar.

Baca – 11 Sikat Gigi Behel Khusus untuk Membersihkan Plak di Gigi

Tujuannya biar gigi yang sudah rapi makin kuat dan menopang rahang atas agar bisa masuk ke dalam. Penggunaan retainer tidak harus setelah pemakaian kawat gigi.

Anda bisa menggunakan retainer untuk memundurkan rahang atas dengan cara yang lebih mudah.

6. Cara Lain Mengatasi Gigi Tonggos

Jika ke-5 cara di atas tetap tidak bisa Anda lakukan seperti karena terbatasnya dana, maka Anda bisa melakukan cara lain yang dapat membuat Anda percaya diri dan orang lain tidak akan memperhatikan kondisi gigi Anda yang tonggos.

Misalnya Anda selalu merawat dan membersihkan gigi sehingga gigi tampak putih dan bersih. Menyikat gigi secara teratur sehari minimal 2 kali, membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi, banyak minum air putih, dsb.

Jangan merasa rendah diri, tetapi selalu tampil wajar, dan jangan menyesali kondisi gigi Anda. Jika Anda memiliki kelebihan lain seperti punya keterampilan khusus, punya hobi yang bisa membuat Anda berprestasi, punya kepintaran dalam bidang tertentu, maka kelebihan itulah yang perlu Anda tonjolkan. 

Orang lain tidak akan melihat kekurangan Anda, yakni punya gigi tonggos. Tetapi, prestasi Anda yang akan dihormati. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.