Mengempeskan Benjolan Wasir Luar dengan Kunyit

Berita, Herbal , , , ratnasilvi 0 Comments

MENGEMPESKAN benjolan wasir luar dengan kunyit juga bagus. Punya penyakit wasir dengan benjolan di anus tentu tidak nyaman. Apalagi benjolan sulit masuk lagi, meskipun Anda telah mendorongnya.

Woww.. tentu sangat repot. Munculnya benjolan di area anus sangat mengganggu. Apalagi Anda juga mendapati rasa nyeri. Buat duduk, tiduran, berdiri, rasanya sama saja. Rasa nyeri sering muncul.

Yang selalu terpikir di benak tentu saja bagaimana cara mengempeskan benjolan wasir luar? Apa yang bisa Anda lakukan?

Jika Anda ingin mengatasinya secara tradisional, Anda bisa mengobati wasir dengan kunyit. Ya, kunyit. Anda pasti sudah kenal bumbu dapur yang satu ini.

Baca: 6 Jenis Jus Buah Untuk Menyembuhkan Wasir

Di pasar tradisional pun, mendapatkan rempah ini tidak sulit. Bahkan juga di swalayan atau supermarket. Anda bisa membeli bubuk kunyit.

Tidak perlu repot mengupas kunyit, memarut, dsb. Harga kunyit juga sangat murah. Bisa beli di toko online.

Cara Mengempeskan Benjolan Wasir Luar dan Dalam

Mengempeskan Benjolan Wasir Luar dengan Kunyit

bubuk kunyit untuk mengempeskan wasir (foto:fame.grid.id)

Kunyit selain bermanfaat untuk bahan (bumbu) masakan, juga bisa Anda gunakan sebagai bahan pengobatan herbal. Kunyit ternyata cukup ampuh mengobati sakit ambeien atau wasir.

Seperti termuat di malangvoice.com, dr Rahman Agus menjelaskan bahwa kunyit cukup efektif untuk mengempeskan atau menghilangkan penyakit wasir.

Baik untuk wasir internal ataupun eksternal. Wasir internal terjadi di dalam dubur, sedangkan wasir eksternal berada di luar dubur yang ditandai dengan adanya benjolan atau pembengkakan di area anus.

Tentang cara penggunaan bahan kunyit untuk menghilangkan benjolan wasir juga dibedakan antara penggunaan wasir dalam dan wasir luar.

Maka, cara mengobati wasir dengan kunyit juga terdiri dari cara mengobati wasir dalam dan luar seperti bisa Anda baca di bawah ini:

Cara Mengempeskan Wasir Dalam

Untuk mengempeskan wasir dalam, siapkan 250gr kunyit, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok madu, dan perasan jeruk nipis secukupnya.

Kunyit lebih dulu Anda kupas, cuci bersih lalu Anda parut (lembutkan). Hasilnya Anda campur dengan madu, perasan jeruk nipis dan kuning telur ayam kampung.

Jika kamu beli bubuk kunyit, ya langsung dicampur dengan bahan madu, kuning telur ayam dan air perasan jeruk nipis.

Semua bahan Anda aduk sampai sempurna, lantas Anda minum. Aduhhh… segar rasanya. Nanti tidur Anda akan terasa nyaman.

Baca: Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Pakai Bawang Putih

Ya, seduhan kunyit perlu Anda minum sebelum tidur.

Cara Mengempeskan Benjolan Wasir Luar

Untuk mengempeskan benjolan wasir luar, siapkan bahan kunyit yang sudah Anda haluskan (parut). Atau pakai bubuk kunyit jadi.

Pada bubuk kunit Anda tambahkan sedikit air, lalu panaskan di atas kompor sampai airnya mendidih.

Selanjutnya, parutan atau bubuk kunyit yang Anda panaskan, angkat dan dinginkan. Setelah tidak begitu panas,  parutan/bubuk kunyit Anda tempelkan di benjolan wasir luar.

Lakukan cara itu sebelum tidur. Jika setelah 5 hari benjolan wasir tidak kempes, ya konsultasikan ke dokter.

Tetapi, kebanyakan cara ini mampu mengempeskan wasir luar. Tentu saja, Anda perlu selalu menghindari pemicu terjadi wasir (hemoroid).

Mengompres Benjolan Wasir Luar

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mengempeskan benjolan wasir luar adalah dengan cara mengompresnya pakai es (air dingin).

Cara ini adalah saran dari dr Jati Satriyo dari alodokter.com. Untuk membantu penyembuhan wasir biar berjalan lancar, Anda perlu memperbanyak minum air putih, olahraga rutin sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, anus harus selalu dalam keadaan bersih.

Hindari Penyebab Terjadinya Wasir

Penyakit wasir atau ambeien memang merepotkan karena Anda tidak bisa nyaman. Lebih-lebih jika telah muncul benjolan wasir luar dan sering berdarah.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari penyebab wasir, antara lain:

1. Kurang mengonsumsi makanan dan buah yang tinggi serat. Maka, perbanyak konsumsi makanan dan buah berserat tinggi. Misalnya buah chia seed, apel, dan timun.

2. Sering duduk lama. Maka, sebaiknya tiap 3 – 4 jam sekali Anda berdiri dan jalan di tempat. Pekerja kantoran sering duduk sepanjang hari.

3. Sering mengejan ketika BAB. Kalau BAB sulit, atas dengan banyak minum air putih misalnya. Jangan sering mengejan.

4. Menderita sembelit kronis atau diare. Biar tidak kena wasir atau ambeien, ya atas kedua masalah itu.

5. Sering mengangkat benda berat. Sebaiknya mengangkat bendara berat pakai alat bantu. Manual atau bermesin.

Baca: Menyembuhkan Wasir dengan Rajin Minum Yakult

6. Jaringan pendukung di anus dan dubur sudah lemah karena usia lanjut. Tetapi menurut dr. Fiona Amelia, MPH, lansia tidak selalu akan terkena wasir. Yang penting hindari penyebab wasir.

7. Sedang hamil. Biar tidak kena wasir, perbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat.

Penutup:

Anda bisa mengempeskan benjolan wasir luar dengan kunyit. Caranya pun sangat mudah. Harga bubuk kunyit juga murah. Pilih cara yang mudah dan kamu bisa melakukannya.