Cara Mengempiskan Wasir Luar Tanpa Perlu Operasi

Berita 0 Comments

CARA mengempiskan wasir luar. Yang dimaksud dengan wasir luar adalah adanya benjolan keluar dari lubang anus. Ini terjadi jika kondisi penyakit wasir atau ambeien Anda sudah cukup parah.

Anda bisa merabanya saat berada di kamar mandi untuk buang air besar. Adakalanya benjolan keluar saat Anda buang air besar. Benjolan kembali masuk ke dalam otomatis saat Anda selesai buang air besar.

Tetapi, ada juga harus didorong masuk agar kembali ke dalam. Yang parah, benjolan ambeien di anus tidak mau masuk. Inilah yang dinamakan wasir luar.

Gejala Wasir Luar dan Cara Mengempiskan

mengempiskan wasir luar

(foto:alodokter.com)

Apa saja gejala dari wasir luar? Gejalanya bervariasi sesuai dengan kondisi penyakit wasir yang Anda alami. Artinya tergantung dari seberapa parah wasir / ambeien Anda.

Secara umum, gejala wasir luar antara lain munculnya benjolan di daerah anus, terasa gatal dan nyeri di sekitar anus, dan ada darah pada tinja.

Maka, disarankan saat buang hajat besar, Anda jangan sering mengejan. Biarkan semua berjalan alami. Tentu saja ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya tiap buang air besar berjalan lancar.

Anda tidak perlu mengejan. Jika Anda mengalami kesulitan saat buang air besar, maka perbanyak minum air putih. Selain itu, jangan sering duduk terlalu lama.

Jika Anda pekerja kantor yang cara kerjanya dengan selalu duduk di belakang meja, maka tiap dua jam sekali berdirilah dan jalan di sekitar tempat kerja. Tak lama, jalan sebentar sudah cukup.

Penyebab lain dari terjadinya wasir atau ambeien luar adalah komplikasi dari sembelit kronis, sering duduk dalam jangka waktu yang lama, suka mengonsumsi makanan pantangan, dan ada keluarga yang juga menderita wasir luar.

Cara Mengatasi Benjolan KeluarĀ 

Bagaimana jika wasir luar (eksternal) sudah terjadi, maka apa yang harus Anda lakukan supaya benjolan keluar bisa reda? Atinya bisa kembali ke dalam dan tidak menimbulkan gangguan lagi?

Banyak cara bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Menggunakan Salep Wasir

Ada beberapa salep wasir yang dijual di apotek atau toko obat. Antara lain Phenyleprine, Hydorcortisone, dan Salep Kombinasi. Anda perlu membaca aturan pakai sehingga pemakaiannya bisa tepat.

Dengan tepat pemakaian salep air diharapkan penyakit wasir luar Anda bisa cepat sembuh. Salep wasir Phenyleprine bisa menyusutkan pembuluh darah, mengurangi rasa gatal, perih, iritasi, dan bengkak.

Jika sampai 7 hari pemakain ternyata wasir belum reda, ya hentikan. Oleskan salep ini di sekitar anus tetapi tidak di dalam anus. Sehari bisa 4 kali.

Hydorcortisone: bisa mengurangi rasa nyeri, gatal, dan pembengkakan pada anus akibat wasir. Setelah menggunakan salep ini, Anda jangan buang air besar dalam tempo selama 1 – 3 jam.

Salep Kombinasi bisa dipakai untuk sakit wasir luar maupun wasir dalam.

Anda juga bisa menggunakan salep herbal seperti Salep Wasir De Nature. Bisa mengobati wasir, ambeien, ambeien luar dan menuntaskan benjolan wasir. Wasir parah tidak perlu operasi.

2. Memperbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Memperbanyak konsumsi makanan berserat bisa mengatasi atau menghentikan perdarahan, peradangan, pembesaran wasir dan mengurangi iritasi. Bisa ditambah suplemen serat.

Makanan berserat yang bagus untuk Anda konsumsi antara lain gandum utuh, brokoli, polong-polongan, dan buah-buahan segar.

3. Jika Terasa Ingin BAB Jangan Ditunda

Apabila terasa ingin BAB, segera lakukan. Jangan ditunda. Dengan alasan apa pun, menunda BAB bisa berbahaya, terutama untuk penderita wasir.

Tinja akan berkumpul makin banyak. Ini akan menambah tekanan dan tegangan pada wasir. Cara terbaik Anda membuat jadwal tetap tentang waktu buang air besar. Cara ini akan menghindarkan Anda untuk menderita wasir / ambeien. Menunda BAB akan menjadi penyebab terjadinya ambeien / wasir.

4. Lakukan Olahraga secara Teratur

Berolahraga tiap jari secara teratur kuga bisa mencegah atau mengatasi sembelit. Setidaknya perlu olahraga 20-30 menit tiap hari. Berolahraga bisa merangsang gerakan usus, mengakibatkan tinja lebih mudah keluar. Olahraga terbaik yang bisa dipilih adalah aerobik, misalnya jalan cepat.

!-- Ads 300x250 -->