Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi

Bau Mulut 0 Comments

CARA menghilangkan bau mulut akibat karang gigi. Bau mulut merupakan problem banyak orang. Salah satu penyebabnya adalah adanya karang gigi yang menempel pada gigi. Banyaknya karang gigi sering menimbulkan bau mulut tidak sedap.

Bagaimana dengan bau mulut Anda? Adakah bau tidak sedap? Anda perlu mengeceknya setiap saat. Jangan-jangan Anda merasa biasa saja, tetapi teman yang Anda ajak bicara harus menutup hidungnya karena bau tidak sedap dari mulut Anda.

Cara mengeceknya sangat mudah. Coba jilat pergelangan tangan Anda. Lalu, Anda cium tempat bekas jilatan. Gimana baunya? Jika baunya tidak sedap berarti Anda harus selalu memperhatikan kebersihan mulut.

Proses Terjadinya Karang Gigi dan Risiko Terjadinya Beberapa Penyakit

Banyak cara untuk menghilangkan bau mulut akibat karang gigi. Karang gigi bermula dari plak. Yakni, tumpukan dari sisa makanan yang tidak Anda bersihkan dan mengandung bakteri atau mikroorganisme.

cara menghilangkan bau mulut

Plak yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya mengeras dan jadilah karang gigi (dental kalkulus). Bahkan, karang gigi juga bisa menyebabkan terjadinya bau tidak sedap dari mulut.

Sisa makanan yang tidak bisa dibersihkan ketika Anda menyikat gigi akan membusuk di rongga mulut dan menebarkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, mencegah dan membersihkan karang gigi sangat penting untuk Anda lakukan tiap hari.

Tidak hanya menyebabkan terjadinya bau mulut yang menyengat. Karang gigi yang tidak segera dibersihkan juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Antara lain radang gusi yang ditandai dengan gusi sering berdarah, kerusakan pada tulang gigi dan jaringannya hingga gigi tanggal.

Bahkan, bisa pula menyebabkan penyakit stroke, jantung, diabetes, dimensia, dan rematik.

Lantas, apa yang harus dilakukan supaya mulut selalu bersih, tidak timbul plak dan karang gigi sehingga gigi dan mulut selalu sehat serta tidak timbul bau menyengat?

Jika Anda punya dana cukup, Anda bisa pergi ke dokter. Tetapi sesungguhnya Anda bisa tangani sendiri masalah karang gigi sehingga Anda tidak perlu keluar dana banyak. Kalau toh perlu dana, hanya beberapa saja.

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi

Berikut ini 6 cara menghilangkan bau mulut akibat karang gigi yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Menggosok Gigi 2 Menit

Pastikan Anda menyikat gigi 2 kali sehari. Yakni, habis sarapan pagi dan menjelang tidur. Tiap kali menggosok gigi, lakukan selama 2 menit. Pastikan semua gigi disikat dengan baik.

2. Pasta Gigi dengan Fluoride: Atasi Noda Kekuningan

Saat menyikat gigi, gunakan pasta yang mengandung fluoride agar semua sisa makanan bisa dibersihkan dengan sempurna. Selain itu, fluoride juga bisa mencegah plak berkembang.

Atau menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Dengan itu noda kekuningan dan plak bisa dihilangkan dengan efektif.

3. Flossing untuk Membersihkan Plak di Sela Gigi

Membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan benang khusus (flossing). Anda bisa membeli benang khusus itu di swalayan.

Penggunaannya adalah ambil satu benang, bentang ke kanan kiri, masukkan ke sela gigi dan tarik maju mundur. Sisa makanan dan plak bisa dibersihkan.

4. Gunakan Obat Kumur Mouthwash

Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan obat kumur (mouthwash). Banyak produk obat kumur yang bisa beli di swalayan. Obat kumur juga bisa membersihkan kuman-kuman di mulut.

5. Tidak Makan Minum yang Manis

Hindari makanan minuman manis dan makanan bertepung. Kedua jenis makanan minuman itu bisa memberi peluang berkembangnya bakteri. Saat bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, bakteri akan mengeluarkan zat asam.

6. Hindari Merokok

Sering merokok bisa membuat gigi berubah warna. Berubah kekuning-kuningan dan coklat. Selain itu, merokok juga bisa memicu timbulnya penyakit mematikan. Zat-zat berbahaya di dalam rokok bisa menyebabkan terjadinya karang gigi yang sulit dibersihkan.

7. Banyak Minum Air Putih

Anda perlu banyak minum air putih untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat. Mulut yang kurang cairan akan menyebabkan bau tidak sedap.

Banyak minum air putih menjaga kelembapan mulut dan membilas bakteri penyebab bau mulut. Minum air putih setelah makan bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan bau mulut akibat karang gigi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->