8 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 5 minutes

CARA menghilangkan karang gigi dengan baking soda. Anda tertarik untuk mencoba? Jika Anda sungguh-sungguh ingin punya gigi yang putih, sehat dan tidak bau, ya Anda harus rajin membersihkan gigi. Gigi harus bersih dari karang gigi.

Apakah karang gigi itu?

Karang gigi adalah penumpukan plak yang melekat pada gigi dengan warna kekuning-kuningan. Sifatnya keras dan lengket pada gigi sehingga tidak mudah dibersihkan dengan sikat.

Jika tebal, karang gigi bisa lepas dari gigi dengan dicongkel menggunakan alat congkel. Tetapi, karang gigi yang masih tipis tidak mudah dilepaskan karena tidak bisa dicongkel.

Bagaimana cara membersihkan karang gigi? Ya, salah satu caranya dengan menggunakan soda kue. Yakni, soda kue untuk karang gigi.

Banyak Orang Kurang Memperhatikan Plak dan Karang Gigi

Karang gigi bermula dari plak. Yakni sisa makanan yang terselip di gigi dan tidak dibersihkan. Sikat gigi tak bisa menjangkaunya.

Akhirnya membentuk lapisan licin dan tipis pada gigi yang kian lama menjadi keras dan tebal atau karang gigi.

cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda

Tentu saja, munculnya plak yang kemudian berubah menjadi karang gigi bisa membuat gigi dan gusi tidak sehat. Misalnya terjadi sakit gigi atau radang gusi.

Bahkan, mulut akan menebarkan bau tidak sedap akibat plak dan karang gigi yang tidak dibersihkan.

Banyak orang yang kurang perhatian terhadap masalah plak dan karang gigi. Orang baru menyadari hal itu ketika muncul bau mulut yang tidak sedap.

Selidik punya selidik, ternyata ada banyak plak dan bahkan karang gigi pada giginya.

Ini jelas membuat kondisi gigi dan mulut tidak sehat. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menghilangkan karang gigi dengan baking soda.

Baking soda juga dikenal dengan nama baking powder atau soda kue.

Baking soda adalah bubuk halus sebagai bahan pembuatan kue biar jadi kue yang renyah dan kering.

Selain itu, baking soda juga bisa dibuat bahan tambahan untuk pembuatan gorengan atau kulit tepung pembuatan ayam goreng.

Tetapi selain untuk pembuatan kue, kamu juga bisa memutihkan gigi dengan baking soda dan efektif untuk menghilangkan karang gigi.

Bahkan makin tinggi konsentrasinya, makin manjur khasiat baking soda untuk membersihkan plak dan karang gigi. Itulah manfaat baking soda untuk karang gigi.

Tetap Harus Menyikat Gigi dengan Pasta Gigi Antibakteri

Hanya saja, kamu perlu hati-hati. Baking soda tidak mampu membasmi bakteri di gigi dan mulut. Maka, penggunaan pasta gigi antibakteri masih diperlukan.

Berarti Anda masih tetap harus menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Jadi, lakukan cara menyikat gigi dengan baking soda sampai gigi Anda benar-benar bersih dari plak dan karang gigi.

Selain itu kamu tetap harus menyikat gigi dengan benar sehingga mulut tetap segar, tidak bau dan gigi selalu sehat.

8 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Bagaimana cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda? Bagaimana kerja baking soda untuk membersihkan plak dan karang gigi?

1. Gunakan Baking Soda Tanpa Tambahan Apa Pun

Cara penggunaan baking soda untuk membersihkan karang gigi murah dan mudah. Basahi bulu sikat gigi, lalu masukkan ke bubuk baking soda.

Selanjutnya gunakan baking soda untuk menyikat gigi kamu selama 2 menit. Jika sudah selesai, silakan berkumur untuk membersihkan mulut dan gigi Anda.

Lakukan hal yang sama tiap hari sampai gigimu bebas dari karang gigi dan plak.

2. Campurkan Baking Soda dan Pasta Gigi

Baking soda bisa digunakan dengan dicampur bersama pasta gigi. Cara ini bisa menghilangkan kerak pada gigi atau karang gigi dengan hasil cukup baik.

Cara pemakaiannya, campurkan baking soda dan pasta gigi hingga rata. Lalu, oleskan bahan campuran baking soda dan pasta gigi pada sikat gigi.

Selanjutnya, Anda menyikat gigi sekaligus membersihkan karang gigi.

3. Baking Soda Campur Cuka Apel

Baking soda juga bisa Anda campur dengan cuka apel untuk menghilangkan plak gigi dan karang gigi. Sifat asam dari keduanya sangat baik untuk membersihkan plak atau karang gigi.

Caranya, masukkan baking soda ke dalam air. Tambahkan beberapa tetes cuka apel dan garam secukupnya.

Lalu, rendamlah sikat gigi kamu ke dalam larutan baking soda dan cuka apel. Gunakan menyikat gigi lebih 2 menit, lantas bilas dengan air bersih.’

Tetapi, kamu sebaiknya menyikat gigi dengan pasta gigi biasa setelah menyikat gigi dengan pasta  baking soda. Kamu bisa menggunakan pasta gigi antibakteri untuk menyikat gigi.

4. Gunakan Baking Soda Dicampur dengan Stroberi

Campuran baking soda dan stroberi juga ampuh untuk membersihkan karang gigi. Stroberi mengandung vitamin dan antioksidan. Rasanya manis atau asam segar.

Cara penggunaannya lebih dulu stroberi dilembutkan hingga lumat. Lalu, tambahkan baking soda hingga membentuk pasta.

Kini, kamu bisa menggunakannya untuk mengenyahkan karang gigi. Jika tidak diatasi, karang gigi juga bisa menyebabkan gigi berlubang. 

5. Campurkan Baking Soda Plus Air Jeruk Lemon

Kamu juga bisa menghilangkan karang gigi menggunakan baking soda dicampur air lemon. Sifat asam lemon sangat baik untuk memutihkan gigi.

Dengan dibuat menjadi pasta, maka Anda pun bisa memutihkan gigi sekaligus menghilangkan karang gigi.

Bagaimana cara membuat pasta gigi dari lemon dan baking soda?

Mudah saja. Siapkan baking soda dan air perasan jeruk lemon. Campurkan keduanya hingga membentuk pasta. Lalu, gunakan pasta buatan kamu untuk menggosok gigi.

Setelah selesai, diamkan selama 2 – 3 menit. Baru kemudian berkumur dengan air dingin. Lakukan cara ini tiap minggu sekali.

6. Campurkan Baking Soda, Ekstrak Mint dan Gliserin

Kamu juga bisa membuat pasta gigi dengan mencampurkan 3 sdt gliserin dan beberapa tetes minyak mint. Tambahkan 1/2 sdt garam dan 5 sdt baking soda. Aduk semuanya jadi satu dan jadilah pasta gigi baru.

Gunakan pasta gigi itu untuk membersihkan karang gigi selama 2 menit. Lalu berkumurlah. Lakukan cara itu tiap hari sampai sukses menghalau semua plak dan karang gigi.

7. Campurkan Baking Soda dan Garam

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda juga bisa kamu lakukan dengan menambahkan garam. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan karang gigi.

Dengan tambahan garam, penggunaan baking soda bisa bekerja lebih cepat sehingga karang gigi cepat lenyap. Selain itu garam juga bisa memutihkan gigi dengan baik.

Cara penggunaannya, ya campurkan 3 sdt baking soda dan 1 sdt garam. Aduk jadi satu, lalu gunakan untuk menyikat gigi. Sikat semua bagian gigi.

Untuk plak yang membandel, gunakan kain yang diolesi campuran baking soda dan garam untuk menggosok gigi yang banyak plaknya. Setelah selesai, berkumurlah dengan air bersih.

8. Baking Soda Ditambah Minyak Essensial

Cara lain membersihkan karang gigi dan plak adalah menggunakan baking soda dan minyak essensial.

Sebelum menyikat gigi dengan pasta baking soda, kamu lebih dulu menyikat gigi seperti biasanya. Yakni menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi.

Jika sudah selesai, yakni sudah berkumur, maka gantilah menggosok gigi dengan baking soda plus minyak essensial. Penambahan minyak essensial biar kamu merasa lebih nyaman.

Caranya, basahi sikat gigi dengan air. Oleskan sikat gigi pada baking soda, tetesi 1 – 2 tetes minyak essensial dan gunakan untuk menyikat gigi.

Setelah selesai, berkumurlah lagi. Kini, kamu kembali menyikat gigi dengan pasta gigi biasa. Lakukan cara itu setidaknya sekali tiap sore.

Kamu akan mulai hasilnya setelah 2 – 3 bulan. Karang gigi akan lenyap dan gigi tampak makin putih.

Penutup

Punya gigi teratur, rapi, putih tanpa ada plak dan karang gigi tentu menjadi dambaan setiap orang. Tetapi, itu perlu usaha. Tidak bisa hanya berharap. Dan, usaha memerlukan waktu. Tidak bisa sekali jadi. Bersabarlah.

Salah satu cara ampuh menghilangkan karang gigi adalah menggunakan baking soda gigi. Anda juga bisa mencampur baking powder untuk gigi dengan bahan lain yang Anda sukai.

Bagikan artikel ini kepada siapa saja biar manfaatnya lebih besar. Mereka juga bisa punya gigi yang bersih dari plak dan karang gigi plus gigi sehat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *