5 Menu Makanan yang Baik untuk Penderita Wasir atau Ambeien

Berita, Herbal , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

MAKANAN sehat sangat penting untuk penyembuhan penyakit wasir atau ambeien. Ada makanan yang harus dikonsumsi dan ada yang harus dihindari. Anda sebaiknya memilih menu makanan yang baik untuk penderita wasir.

Makanan apa saja yang bisa membuat Anda terbebas dari penyakit wasir? Sebaliknya, makanan apa saja yang bisa membuat seseorang terkena penyakit wasir?

Menu Makanan yang Baik untuk Penderita Wasir atau Ambeien

Berikut ini menu makanan yang baik untuk penderita wasir atau ambeien, yaitu makanan tinggi serat. Anda bisa memilih makanan apa saja yang cocok dan manjur (efektif) untuk mengatasi penyakit wasir atau ambeien.

Anda setidaknya harus mengonsumsi 25 gram serat untuk wanita dan 30 gram serat per hari untuk pria.

menu makanan yang baik untuk penderita wasir
sayur terbaik untuk ambeien (foto:go-dok.com)
Baca: 8 Terapi Buah Untuk Menyembuhkan Sakit Wasir

1.Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan yang perlu Anda konsumsi untuk menyembuhkan ambeien. Kacang-kacangan kaya akan serat.

Makanan ini dapat Anda konsumsi ketika ambeien terjadi. Contoh kacang almond, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, dan kacang lentil.

Oleh karena itu, Anda bisa memasukkan kacangan-kacangan sebagai bahan menu makan harian.

2. Biji-bijian

Makanan yang baik untuk penderita wasir / ambeien lainnya adalah makanan dari biji-bijian yang kaya serat tidak larut.

Makanan dari biji-bijian yang juga bagus untuk dikonsumsi adalah oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dari dari tepung gandum.

3. Sayur dan buah

Makanan lain yang sangat direkomendasikan untuk menyembuhkan ambeien atau wasir adalah sayuran dan buah. Beberapa makanan yang kaya serat dan flavonoid adalah brokoli, bayam, kubis, dan kangkung.

Serat dalam sayuran hijau mampu melembekkan tinja dan melancarkan proses pencernaan. Di sisi lain, vitamin dalam sayur bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Sementara, buah yang kaya serat antara lain buah apel, anggur, pisang matang, stroberi, ceri, kurma, ara, pir, kiwi, jambu biji, jeruk, buah delima dan tomat.

4. Makanan yang Mengandung Banyak Air

Makanan (dari buah atau nasi) yang mengandung banyak air juga bagus untuk menyembuhkan ambeien / wasir.

Yakni, mentimun, seledri, kombinasi dua – tiga bahan untuk membuat masakan yang lezat, nyaman, dan sehat.

Contohnya, salad sayur ditaburi kacang almond, gado-gado, roti gandum dengan selai kacang, salad buah, atau campuran oat dan kacang-kacangan atau pisang.

5. Kombinasi Oat dan Gandum

Oat dan gandum juga bagus dikonsumsi untuk mengatasi penyakit ambeien atau wasir. Dua makanan itu mengandung serat larut yang dibutuhkan tubuh.

Oleh sebab itu, Anda dapat mengganti roti putih dan pasta dengan oat atau roti yang terbuat dari gandum. Atau menggantinya dengan satu oatmeal instan yang menyediakan serat hingga dua kali lipat

Daripada sarapan dengan menu bagel putih polos, lebih baik apabila Anda menggantinya dengan satu oatmeal instan dengan kandungan serat yang ting hingga dua kali lipat.

Pantangan Makanan untuk Penderita Wasir

Selain ada menu makanan yang baik untuk penderita wasir, ada juga makanan yang harus Anda hindari biar penyakit wasir atau ambeien tidak kambuh.

Makanan memang pegang peranan penting untuk penyakit wasir.

Oleh karena itu, jika Anda sekarang sudah punya penyakit wasir atau mudah mengalami kesulitan ketika BAB, ya hindari makanan pantangan untuk penderita wasir.

Makanan apa saja itu? Anda bisa membaca artikel lain tentang pantangan makanan untuk penderita wasir. Selama proses penyembuhan wasir atau ambeien, Anda sebaiknya menghindari semua makanan pantangan wasir atau ambeien.

Dengan cara itu, proses penyembuhan penyakit wasir atau ambeien akan berjalan lancar. Semoga artikel tentang penyakit wasir atau ambeien ini bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *