Menusuk Gusi Bengkak dengan Jarum Berbahaya?

Sakit Gigi 0 Comments

BANYAK orang menusuk gusi bengkak dengan jarum. Tujuannya supaya gusi yang bengkak bernanah bisa segera kempes (mengecil). Tetapi, benarkah cara itu? Apakah tidak membahayakan kesehatan gusi dan gigi mereka?

Banyak penyebab terjadinya gusi bengkak, termasuk gusi bengkak pada anak. Salah satunya karena abses gigi. Yakni, terjadinya gusi bernanah akibat infeksi bakteri. Infeksi menyebar sampai ke gusi dan jaringan di sekitarnya.

Tentu saja, abses gigi tidak bisa sembuh sendiri. Diperlukan tindakan khusus disertai pengobatan. Ini artinya Anda perlu mengonsumsi obat untuk mengatasinya. Baik obat resep dokter (apotek), obat herbal, atau obat tradisional.

Namun, cara mengatasi gusi bengkak bernanah dengan ditusuk jarum sebaiknya tidak dilakukan. Ya, kalau jarumnya steril.

Jika jarum yang digunakan menusuk gusi bengkak tidak steril, wah bahaya. Bisa terjadi infeksi yang lebih luas.

Mengatasi Gusi Bengkak dengan Obat Kumur, Bukan dengan Menusuk Gusi Bengkak

menusuk gusi bengkak dengan jarum

Gusi bengkak bisa terjadi antara lain karena abses gigi. Yaitu terbentuknya kumpulan nanah pada gusi akibat infeksi bakteri. Kebersihan mulut dan perawatan gigi yang kurang bisa membuat gigi berlubang dan terinfeksi bakteri.

Munculnya bakteri yang tidak diatasi bisa menyebabkan terjadi infeksi pada gigi. Selanjutnya infeksi akan menyebar ke are sekitar gusi dan terjadilah pengumpulan nanah pada gusi.

Infeksi bakteri tidak hanya terjadi pada gusi. Tetapi juga bisa terjadi di akar gigi dan tulang pendukung gigi. Infeksi atau radang di sekitar gigi yang menyebabkan timbulnya penyakit gusi bengkak atau penyebab munculnya nanah pada gusi.

Nanah pada gusi yang bengkak merupakan cairan kental yang mengandung jaringan mati, sel, dan bakteri.

Tentu saja, abses gigi tidak bisa sembuh sendiri. Perlu penanganan, baik melalui pengobatan atau tindakan khusus terhadap gusi bengkak dan bernanah.

Tetapi, penanganan bukan memakai tusuk jarum. Ini bahaya. Sebab, menusuk gusi yang bengkak bernanah dengan jarum bisa terjadi infeksi. Apalagi jarumnya tidak steril.

Untuk mengatasi gusi bengkak, Anda sebaiknya berkumur dengan obat kumur. Berkumur akan mendorong nanah pada gusi bengkak keluar sampai tuntas.

Bisa pula dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol yang bisa Anda beli secara bebas.

Cara Mencegah Gusi Bengkak di Rumah

Anda sesungguhnya bisa melakukan sendiri cara mencegah gusi bengkak bernanah di rumah. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, kata bijak dari orang-orang terdahulu.

Cara mencegah gusi bengkak bernanah antara lain:

1. Rajin menggosok gigi minimal 2 kali / hari. Utamanya setelah makan. Termasuk juga sering menyikat lidah. Kurangnya kebersihan dan perawatan gigi merupakan penyebab terjadinya gigi dan gusi terinfeksi bakteri.

2. Sering berkumur menggunakan obat kumur antibakteri. Banyak obat kumur bisa Anda pilih. Harganya pun tidak mahal.

3. Bersihkan juga sela-sela gigi menggunakan benang gigi (dental floss). Sisa makanan yang terselip di sela gigi tidak terjangkau oleh sikat gigi biasa.

Atau menggunakan sikat gigi elektrik yang digerakkan oleh baterai. Gerakannya sangat cepat dan bisa menjangkau sisa makanan di sela gigi.

4. Memperbanyak minum air putih. Ini cara sehat dan sangat mudah. Dengan sering minum air putih, Anda akan terhindar dari mulut kering.

5. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung tepung atau kadar gula tinggi.

6. Mengonsumsi obat herbal. Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk mengatasi gusi bengkak bernanah atau berdarah. Misalnya:

  • Obat herbal Kurmaqu. Terbuat dari dari kurma, madu, gula buah murni. Harga Rp 50 ribu/botol isi 300 gr.
  • Walatra Propolis Brazilian. Menyembuhkan gusi bengkak, gusi berdarah, gusi bernanah, infeksi, gigi berlubang, dsb. Harga Rp 75.000/botol.
  • Jelly Gamat QNC. Mengobati gusi bengkak, gusi bernanah, gusi berdarah, infeksi gusi, gusi luka, radang gusi, abses gigi, dsb. Harga Rp 155.000/botol.
  • De Lemon. Bisa menyembuhkan gusi bernanaj, kanker mulut, kanker lidah, bibir kering, bibir bengkak, dsb. Harga Rp 100.000/botol.

Penutup

Hati-hati jika Anda menderita gusi bengkak bernanah. Jangan menusuk gusi bengkak dengan jarum. Apalagi jarumnya tidak steril. Bahaya. Pelajari dulu bagaimana cara mengatasi gusi bengkak bernanah.

Tetapi, yang lebih penting adalah selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi plus gusi. Menyikat gigi teratur 2 kali sehari, menggunakan obat kumur, menyikat lidah, membersihkan sisa makanan di sela gigi, dsb.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan gusi dan gigi Anda.

 

 

!-- Ads 300x250 -->