6 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dan Berdarah

Herbal, Sakit Gigi 0 Comments

GUSI bengkak dan berdarah. Anda sebaiknya juga menjaga kesehatan gusi. Bukan hanya berfokus pada kesehatan gigi. Kesehatan gigi dan gusi sama pentingnya untuk kesehatan mulut.

Apalagi, terkadang gusi berdarah juga menandakan adanya penyakit lain dalam tubuh. Maka, Anda sebaiknya selalu memperhatikan kesehatan gusi.

Jika terjadi sakit seperti gusi bengkak dan berdarah, Anda harus segera mengatasinya. Gusi bengkak dan gusi berdarah jangan dianggap sepele dan tidak diobati dengan baik.

Baca – Cara Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah Tak Kunjung Sembuh

Apa saja penyebab gusi bengkak dan berdarah? Bagaimana cara menyembuhkan gusi bengkak dan berdarah?

2 Jenis Gusi Bengkak dan Berdarah

Punya gusi bengkak, apalagi ditambah gusi berdarah, tentu tidak nyaman. Berbagai aktivitas harian Anda bisa terganggu karena sakit gusi. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya biar cepat sembuh.

gusi bengkak dan berdarah
gusi berdarah (foto:tribunnews.com)

Gusi (ngingiva) adalah bagian tubuh yang berada di dalam mulut. Terdiri dari jaringan mukosa yang bertugas menutupi tulang alveolar dalam rongga mulut.

Gusi yang sehat adalah gusi berwarna merah muda, stabil, saat disentuh tidak goyah. Tetapi, jika gusi Anda berwarna merah terang, apalagi sampai berdarah, itu berarti telah terjadi peradangan gusi.


Ada dua jenis penyakit pada gusi, yaitu gingivitis dan periodontitis. Gingivitis tergolong penyakit gusi yang ringan. Anda bisa menyembuhkan penyakit gusi jenis ini dengan mudah.

Sebaliknya, periodontitis merupakan tingkatan penyakit gusi yang parah. Pada penyakit ini, biasanya disertai kerusakan tulang dibawahnya.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami

Gusi bengkak merupakan sakit gusi yang dialami banyak orang. Umumnya orang mengabaikan penyakit ini. Dianggapnya sakit gusi ini akan sembuh sendiri.

5 Cara Mengatasi Masalah Gusi Berdarah

Ada beberapa cara mengatasi gusi berdarah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1.Berkumur dengan larutan air garam.

Anda bisa mencoba berkumur dengan larutan air garam. Banyak orang sukses mengatasi gusi berdarah dengan air garam, yaitu air putih ditambah garam.

Caranya, air larutan garam dibuat berkumur. Sifat anti-inflamasi dan antiseptik pada garam bisa menghentikan pembengkakan dan infeksi yang menyebabkan gusi berdarah.

2. Air jeruk lemon dan air hangat

Air jeruk lemon sangat bagus untuk mengobati gusi yang bengkak. Kandungan lemon berupa vitamin C bisa membantu menurunkan sakit gigi akibat kurang vitamin.

Baca – Harga Pemasangan Behel Gigi di Jakarta

Selain itu berkumur dengan air perasan lemon sekaligus membasmi kuman dan bakteri di dalam mulut. Dengan sering minum air perasan lemon, kekebalan tubuh Anda meningkat.

3. Kunyit dan minyak kelapa

Anda juga bisa memanfaatkan kunyit dan minyak kelapa untuk mengobati gusi yang tidak sehat seperti sering berdarah atau bengkak.

Caranya, buat krim dari campuran kunyit bubuk dengan minyak kelapa dengan diberi sedikit air. Oleskan krim tersebut pada bagian gusi yang berdarah.

Kandungan kurkumin pada kunyit bisa mengecilkan pembengkakan dan sakit gusi cepat sembuh. Oleskan krim kunyit dan diamkan sekitar 15 menit. Lalu, berkumur dengan air hangat.

4. Konsumsi Makanan yang Banyak Nutrisi

Pola makan berpengaruh besar pada kesehatan gusi. Bukan hanya makanan yang sangat manis (gula tinggi) yang harus Anda hindari.

Makanan kurang nutrisi seperti roti tawar yang sudah dihaluskan juga buruk untuk gusi.

Makanan kaya nutrisi seperti sayuran dan makanan olahan akan membuat gusi sehat dan kuat.

Demikian pula makanan yang kaya zinc juga penting untuk kesehatan gusi dan gigi. Makanan kaya zinc, misalnya bayam, kacang merah dan kacang panjang.

5. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Sering merokok juga bisa membuat gusi Anda bengkak. Para ilmuwan menyatakan bahwa merokok mencegah gusi mendapat nutrisi-nutrisi penting.

Akibatnya, orang yang sering merokok lebih rentan terhadap peradangan yang mengakibatkan sakit gusi. Demikian mengonsumsi minuman alkohol. Kedua hal itu harus Anda hindari supaya gusi selalu sehat.

6. Mengonsumsi Obat Herbal Gusi Bengkak Berdarah

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk mengatasi gigi bengkak atau dengan gusi berdarah. Banyak obat herbal yang bisa mengatasi penyakit gusi Anda dengan cepat. Selain itu bebas dari efek samping.

  1. Obat Gusi Bengkak Propolis Brazil – Mengatasi gusi bengkak, gusi berdarah, obat kumur-kumur, obat kesehatan mulut dan gigi, dsb. Cara memakai: teteskan 3 4 kali pada air 1/2 gelas. Harga Rp 115.000/botol.
  2. QnC Jelly Gamat – Menyembuhkan radang gusi, bau mulut, bengkak, warna gusi berubah, gusi berdarah, sakit gigi, plak, karang gigi, infeksi gusi, panas dalam, sakit tenggorokan,dan radang tenggorokan. Harga Rp 155.000.
  3. Daun Sirih Kering Bekhasiat Mengatasi Gusi Berdarah – Cara menggunakannya: ambil 1 genggam daun sirih, cuci dengan air mengalir, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan air susut menjadi setengahnya. Gunakan untuk berkumur pagi, siang dan malam sebelum tidur. Harga Rp 15.000/bungkus.

Demikian beberapa cara mengatasi gusi bengkak dan berdarah yang bisa kamu coba. Tetapi. jika setelah 2 minggu gusi bengkak dan berdarah belum ada perubahan, maka kunjungi dokter . Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->