11 Merk Susu Formula Untuk Bayi Diare Akibat Alergi

Produk ratnasilvi 0 Comments

BAYI Anda menderita diare ketika Bunda memberinya susu formula? Ya, sebagian bayi memang tidak toleran dengan susu formula yang menggunakan bahan susu sapi. Anda bisa menggantinya dengan merk susu formula untuk bayi diare.

Susu formula memang secara khusus untuk bayi dan anak balita yang alergi dengan susu sapi.

Oleh karena itu, Bunda tidak perlu khawatir dengan bayi yang mengalami alergi susu sapi. Selalu ada jalan keluar untuk masalah bayi.

Terjadinya diare pada bayi yang minum susu formula karena daya tahannya yang belum sempurna. Daya tahan (imun) bayi sesungguhnya hanya untuk melawan infeksi dari bakteri, jamur dan virus.

Tetapi pada beberapa bayi tertentu, daya tahan tubuh mereka memperlakukan protein susu sapi seperti infeksi. Kondisi ini memicu munculnya reaksi alergi dan mengeluarkan bahan kimia seperti histamine.

Baca – 11 Susu Formula Bayi Yang Mendekati Kualitas ASI

Bentuk alergi antara lain bayi muntah-muntah, diare, kolik, konstipasi, pembengkakan, pilek, batuk, sesak napas, atau gatal-gatal.

Dikutip dari review.bukalapak.com, alergi susu sapi ini bisa terjadi pada bayi dan anak sampai usia 3 tahun.

Yang pasti, alergi susu sapi tidak akan terjadi seumur hidup. Pertanyaannya, susu formula apa yang bisa melawan alergi pada si kecil? Bagaimana harga dan cara meminumkannya?

susu formula untuk bayi diare
bayi alergi susu formula (foto:alomedika.com)

11 Merk Susu Formula untuk Bayi Diare Atau Alergi

Melihat kenyataan itu, beberapa produsen susu bayi mengeluarkan produk baru sebagai solusinya. Yakni, susu formula untuk bayi diare.

Di antaranya mereka memproduksi susu formula hidrolisat parsial atau susu hipoalergenik (HA). Bayi yang tadinya alergi dengan susu sapi akan aman dengan mengonsumsi susu formula untuk bayi diare ini.

Merk susu formula untuk bayi diare apa saja yang tersedia di pasaran? Berikut daftarnya.

1. Enfamil A+ Gentle Care

Susu formula khusus ini mengandung protein kasein dan Whey terhidrolis parsial. Susu ini sangat baik untuk bayi usia 0 – 6 bulan.

Dengan mengonsumsi susu formula ini, Bunda tidak perlu khawatir tentang terjadinya alergi seperti perut bayi kembung, sering buang angin, dan diare.

Produksi susu sapi formula ini menggunakan sistem PHP (Partially Hydrolyzed Protein).

Tujuannya untuk memisahkan rantai protein tertentu yang bisa memicu alergi. Dengan cara itu, si kecil bisa mengonsumsi protein susu sapi dengan aman. Tidak ada lagi alergi.

Harga susu formula untuk bayi diare ini adalah Rp170 ribuan.

2. Nutramigen LGG

Merk susu formula untuk bayi diare Nutramigen LGG juga bisa Bunda pilih untuk bayi yang alergi susu sapi. Susu formula Nutramigen LGG mengandung formula hypoallergenic dari protein hidrolisat ekstensif yang bisa mengatasi bayi alergi susu sapi, termasuk alergi susu sapi ringan.

Protein hidrolisat ekstensif merupakan protein yang telah mengalami proses pemecahan senyawa sampai menjadi lebih kecil. Dengan pengolahan itu, bayi tidak lagi alergi susu sapi.

Selain itu, susu formula seperti Nutramigen LGG juga mengandung formula hypoallergenic. Fungsinya untuk mencegah munculnya gejala alergi setelah mengonsumsi susu ini.

Baca – 11 Susu Penambah Berat Badan Bayi Usia 0 – 6 Bulan Yang Aman

Dengan demikian, Bunda tidak perlu khawatir lagi untuk memberikan formula khusus kepada si kecil. Harganya adalah Rp 260.000-an.

3. Isomil Plus Advance Soya

Untuk mengatasi bayi alergi mengonsumsi susu formula dari susu sapi, Bunda bisa memberikan susu kedelai. Misalnya Susu formula Isomil Plus Advance Soya.

Bunda bisa memberikan susu kedelai ini kepada anak yang telah berusia 1 tahun ke atas dengan masalah alergi susu sapi.

Tentu saja, susu formula kedelai ini mengandung isolat protein kedelai yang bebas laktosa dan susu sapi. Kandungan dalam susu ini bisa memenuhi kebutuhan gizi khusus dan pertumbuhan anak yang alergi susu sapi.

Kandungan lain dari susu Isomil Plus Advance Soya adalah kalsium. Fungsinya untuk pembentukan tulang dan gigi.

Susu juga mengandung banyak karbohidrat. Ini akan membuat anak punya energi cukup untuk beraktivitas seharian, untuk pertumbuhan badannya dan peningkatan kecerdasannya.

Anda bisa mendapatkan susu formula untuk bayi diare ini dengan harga Rp 223.000.

4. Morinaga BMT P-HP MoriCare

Susu formula Morinaga BMT juga bisa Bunda pilih untuk si kecil yang alergi terhadao susu sapi.

Merk susu formula untuk bayi diare ini merupakan hasil kerja sama Kalbe Nutritional dan Morinaga Nutrition Research Center, Jepang.

Si kecil bisa mencerna susu formula ini dengan mudah karena protein susu sapinya sudah diolah secara enzimatik.

Maka, reaksi hipersensitivitas bisa berkurang dan risiko alergi susu sapi pada bayi bisa juga bisa teratasi.

Kandungan lain dari susu formula plus ini adalah nutrisi untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh si kecil.

Anak nantinya bisa tumbuh menjadi anak cerdas dan memiliki daya tahan tubuh yang terus meningkat.

Baca – Susu Formula Untuk Bayi Usia 6-12 Bulan Agar Cepat Gemuk

Susu untuk bayi diare ini, harganya adalah Rp 265.000.

5. Nutribaby Royal Soya

Tersedia dua varian dari merk susu formula untuk bayi diare. Yakni susu formula Nutribaby Royal Soya 1 untuk bayi usia 0-6 bulan dan Nutribaby Royal Soya 2 untuk bayi usia 6-12 bulan.

Susu formula yang tidak membuat bayi menderita diare ini menggunakan isolat protein kedelai yang aman. Kandungan isolat protein kedelai berkualitas memang sampai 100%.

Kegunaan protein ini membuat bayi tidak alergi terhadap protein susu sapi. Jadi, kebutuhan protein untuk si kecil selalu terpenuhi dengan baik.

Ada juga kandungan IcFos yang memperkuat daya tahan tubuh, minyak ikan untuk meningkatkan kecerdasan, kalsium dan asam amino untuk meningkatkan pertumbuhan badannya.

Susu formula bagi bayi diare ini harganya Rp 104.000.

6. SGM LLM+ Presinutri

Merk susu formula untuk bayi diare yang ini tentu tidak asing bagi konsumen Indonesia. Ini memang produksi dalam negeri asli.

Untuk mengatasi bayi diare akibat minum susu formula, Bunda bisa memilih Susu Formula SGM LLM+ Presinutri. Susu untuk bayi 0-12 bulan ini tidak mengandung laktosa.

Oleh karena itu, susu formula SGM ini aman untuk pencernaan si kecil. Bahkan, konsumsi susu SGM ini membuat diare bayi langsung terhenti, hanya sekali minum.

Maka, banyak dokter anak yang merekomendasikan susu SGM untuk mengatasi masalah pencernaan pada si bayi. Susu ini sangat mudah dicerna oleh perut bayi.

Baca – 5 Susu Penambah Berat Badan Anak Usia 1 Tahun Lebih

Harga susu formula buat bayi diare ini adalah Rp 60.000.

7. Nestle NAN Lactose-Free

Bunda juga bisa memilih susu formula Nstle NAN Lactose-Free untuk si kecil yang alergi susu sapi. Susu formula ini mengandung protein yang mengurangi risiko alergi.

Susu formula merk Nestle ini mengandung protein tanpa laktosa. Selain itu juga mengandung Probiotik Bifidobacterium Lactis yang bisa mempertahankan fungsi saluran cerna.

Ada juga kandungan nutrisi LA & ALA, sumber asam lemak essensial. Bisa membantu anak punya otak yang cerdas.

Selain mengurangi risiko alergi, Nestle Nan Lactose-Free juga mengandung minyak ikan, omega 6 dan kalsium yang bermanfaat untuk kepadatan tulang dan gigi.

Harga susu untuk bayi diare ini adalah sekitar Rp 150.000.

8. Susu SGM LLM+ Mengatasi Diare

Susu SGM LLM+ juga bisa untuk mengatasi anak penderita diare. Ini pengalaman seorang ibu yang dimuat di kumparan.com. Mula-mula anak dari seorang ibu ini menderita demam tinggi.

Dia minumi obat diare pembelian di apotek. Tetapi ketika demamnya turun, justru muncul diare. Dia pun memberikan obat diare, menambah pemberian ASI dan memberikanMpasi. Tujuannya untuk menghentikan diare.

Tetapi sampai 1 minggu, diarenya malah makin parah. Anaknya sering buang air besar dan ruam. Akhirnya dia bawa anaknya periksa dokter.

Ternyata, dari pemeriksaan dokter, anak mengalami dehidrasi atau kurang minum.

Akhirnya, dokter meminta saya untuk memberi minum susu SGM LLM+ dengan ukuran atau dosis yang berlaku. Setelah 3 hari minum susu SGM sesuai dosis yang berlaku, diare anaknya sembuh.

Susu SGM LLM adalah susu bebas laktosa dan khusus untuk bayi yang intoleransi terhadap laktosa dan galaktosemia. Cocok untuk mengatasi si kecil yang diare.

Berapa harga susu SGM ini? Ya, harga susu ini untuk bayi diare isi 200 gram ini Rp 35.000.

9. Pregestimil

Bunda juga bisa memberikan susu Pregestimil ketika si kecil mengalami diare akibat intoleransi (tidak bisa mencerna) laktosa. Bayi bahkan mengalami diare yang tak sembuh-sembuh akibat diare.

Laktosa adalah sumber karbohidrat terpenting dalam ASI dan susu formula. Menurut dr Badriul Hegar, PhD, SpA, meskipun si kecil memiliki intoleransi laktosa, sebaiknya tetap harus mengonsumsi ASI.

Susu formula Pregestimil merupakan susu khusus bayi alergi protein susu sapi, intoleransi laktosa, dan tidak mampu mencerna protein susu sapi dan lemak rantai panjang.

Bunda bisa memberikan susu Pregestimil ini kepada si kecil umur 0-12 bulan. Harga susu formula ini adalah Rp 340 ribuan isi 400g.

10. Neocate LCP

Sementara itu, Susu formula produksi Nutricia ini bermanfaat untuk mengatasi bayi yang mengalami intoleransi protein dan alergi susu sapi. Susu Neocate LCP ini sangat baik untuk bayi busia 0-12 bulan.

Susu mengandung bahan dasar asam amino non-alergenik. Biaya susu formula untuk bayi diare ini adalah Rp 330 ribuan isi 400 gram.

11. Susu Formula PurAmino

Susu PurAmino juga merupakan susu formula dengan bahan dasar asam amino hipoalergenik. Bayi yang alergi protein susu sapi sangat baik mengonsumsi susu formula PurAmino.

Susu berukuran 400 gram ini diperuntukkan pada bayi usia 0-24 bulan. Berapa harga susu formula untuk bayi diare ini Rp 430 ribuan. Anda bisa mendapatkan susu ini di toko-toko online.

Baca: 10 Peringkat Terbaik Susu Formula Untuk Bayi 6 – 6 BulanĀ 

Demikian artikel mengenai susu formula untuk bayi yang mengalami diare. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.