Merk Susu Formula Untuk Bayi Sembelit

Produk ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

TERKADANG susu formula bisa menyebabkan bayi menderita sembelit. Jika kondisi seperti itu terjadi pada buah hati Bunda, Bunda tidak perlu risau. Cara mengatasi: ganti saja dengan “merk susu formula untuk bayi sembelit”.

Tanda bayi Bunda menderita sembelit atau susah BAB, antara lain satu minggu hanya BAB dua kali atau kurang dari itu. Selain itu, tinjanya keras sehingga sulit keluar.

Penyebab Bayi Sembelit

Ada beberapa penyebab mengapa bayi sembelit. Untuk mengatasi bayi menderita sembelit, Bunda sebaiknya menghindari penyebab bayi sembelit. Apa saja?

1. Susu Yang Bunda Sajikan Kurang Cair

Tetapi, Bunda lebih dulu perlu tahu apa penyebab bayi menderita sembelit. Kejadian itu tidak selalu disebabkan oleh kualitas susu yang Bunda berikan. Atau susu tidak cocok untuk si kecil.

Adakalanya bayi menderita sembelit akibat susu formula yang Bunda berikan kepada si kecil kurang cair.

Akibatnya, pencernaan tidak bisa segera menyerap asupan susu dengan baik. Proses susu yang Bunda berikan kepada si kecil tidak bisa berjalan lancar.

Maka, terjadilah si kecil mengalami sembelit, konstipasi atau susah BAB.

Jika ini yang terjadi, maka solusinya adalah Bunda harus memberikan tambahan air hangat biar susunya lebih cair.

Ya, ini berlaku untuk susu bubuk. Gunakan air hangat untuk penyajian susu buat si kecil.

Dengan cara itu, proses konsumsi susu di organ pencernaan si kecil akan berjalan lancar. Si bayi tidak akan menderita sembelit lagi karena pencernaan mampu menyerap susu yang dikonsumsi.

Baca Petunjuk Lengkap: Bunda sebaiknya membaca petunjuk penggunaan susu bayi dengan lengkap. Tiap merk susu formula untuk bayi punya aturan yang berbeda.

Oleh karena itu, aturan konsumsi susu bayi tidak semua sama untuk semua merk.

merk susu formula untuk bayi sembelit
varian susu Dancow Excelnutri + (foto:blibli.com)

2. Kurang Cairan Atau Dehidrasi

Penyebab bayi sembelit lainnya adalah kurang cairan (dehidrasi). Ini ada kaitannya dengan penyebab yang pertama.

Dengan berkurangnya cairan, maka tinja menjadi kering dan keras. Kondisi ini bisa terjadi antara lain akibat kurang asupan ASI, bayi menderita sariawan, gigi tumbuh, dsb.

3. Ketika Si Bayi Mulai Mendapatkan MPASI

Saat awal si kecil mulai dikenalkan dengan makanan padat atau MPASI (makanan pendamping ASI), terutama jika penyajian MPASI kurang pas dengan kondisi pencernaan si kecil.

Apalagi jika Bunda memberikan asupan MPASI yang kurang serat seperti nasi. Efeknya bisa membuat tinja keras dan terjadilah bayi susah BAB.

Menu MPASI terbaik yang tidak membuat bayi mengalami sembelit antara lain sereal dicampur pisang. Ini sangat bagus. Sereal mengandung serat tinggi dan kaya vitamin B.

Supaya si kecil menyukai sajian sereal, maka sebaiknya Bunda mencampurnya dengan pisang. Buah pisang kaya vitamin C dan kalium. Baik kesehatan tubuh dan detak jantung si kecil.

Asupan lain yang bisa mencegah terjadinya bayi sembelit adalah konsumsi buah apel, wortel, brokoli, dan kentang.

Susu Formula Yang Memperlancar Si Kecil BAB

Adakah susu formula yang bisa memperlancar BAB? Susu formula seperti apa yang bisa dipilih?

Salah satu susu formula terbaik untuk mengatasi bayi menderita sembelit adalah susu Dancow EXCELNUTRI+. Susu Dancow ini mengandung kombinasi bakteri Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum.

Dengan mengonsumsi asupan yang kaya serat dan minum air putih cukup ditambah konsumsi susu Dancow Excelnutri+, maka proses pencernaan si kecil selalu berlangsung baik dan sehat.

Baca: 9 Susu Formula Terbaik Untuk Balita 1 – 3 Tahun

Sembelit tidak lagi dialami oleh si kecil.

Susu Bebas Laktosa: Aman Untuk Bayi Alami Sembelit

Bunda juga bisa memberikan susu formula bebas laktosa atau susu rendah laktosa kepada bayi yang menderita sembelit. Susu bebas laktosa tersedia untuk si kecil yang alergi dengan susu sapi.

Selain itu, sangat baik Bunda berikan susu bayi ini kepada si kecil yang menderita sembelit. Antara lain:

1. Nestle Nan Lactose Free: Mampu menguatkan pencernaan sehingga selalu sehat dan tak terjadi sembelit. Selain itu juga bisa membuat bayi bebas dari kemungkinan menderita kolik. Harga susu bebas laktosa ini dari Rp 125.000.

2. Nestle Lactogen LLF: Susu formula rendah laktosa yang bisa mengatasi bayi sembelit atau bayi diare. Termasuk susu formula untuk bayi sembelit. Harga susu formula terbaik ini dari Rp 20.800.

3. Enfamil A+ LactoFree: Kaya nutrisi yang bisa membuat si kecil cerdas otaknya. Selain itu, susu Enfamil ini bebas laktosa sehingga bayi yang mengonsumsinya tidak akan sembelit. Harga susu bebas laktosa ini dari Rp 198.000.

Penutup 

Banyak penyebab bayi sembelit. Jika bayi Bunda sembelit, cek dulu apa penyebabnya. Mungkin cara penyajian susu formula, kurang cairan (dehidrasi), dsb. Ikuti aturan pakai susu dengan tepat.

Tidak sedikit kejadian bayi sembelit karena cara penyajian susu formula tidak pas. Tetapi Bunda bisa pilih merk susu formula untuk bayi sembelit.