Merk Susu Formula Untuk Bayi Susah BAB – Mana Yang Cocok?

Berita, Produk , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 5 minutes

MERK susu formula untuk bayi susah BAB, apa ya? tanya seorang Bunda yang bayinya baru berusia 3 bulan jarang BAB (buang air besar). Kadang BAB seminggu sekali, kadang 3 hari sekali.

Bunda pun bertanya susu formula merk apa yang bisa memperlancar BAB si kecil? Mengapa si bayi bisa menderita susah BAB?

Tentu saja banyak penyebab mengapa si kecil mengalami susah BAB. Tetapi, Bunda sebaiknya mengenali dulu tanda atau ciri-ciri bayi susah BAB.

Dengan mengenali ciri-ciri bayi sulit BAB, Bunda bisa segera mengatasinya dengan tepat sehingga si kecil bisa kembali BAB dengan lancar. Bayi tidak lagi susah BAB.

Ciri-ciri Bayi Susah BAB dan Penyebabnya

merk susu formula untuk bayi susah bab

susu pregestimil terbaik untuk bayi susah BAB (foto:bukalapak.com)

Berikut ini ciri-ciri bayi susah BAB dan penyebabnya, yang Bunda perlu tahu:

A. Ciri-ciri bayi susah BAB

Adapun ciri-ciri bayi susah BAB antara lain:

1. Satu minggu hanya BAB sekali

Jika bayi Bunda hanya BAB sekali dalam satu minggu, Bunda perlu mewaspadainya. Apalagi dalam seminggu sama sekali tidak BAB.

Tetapi bagi bayi yang mengonsumsi ASI (air susu ibu), BAB sekali dalam seminggu masih tergolong normal.

Baca: 24 Makanan Untuk Mengatasi Bayi Susah BAB

2. Bayi suka rewel atau menangis

Sulit BAB pada bayi juga bisa diketahui jika si kecil suka rewel dan menangis. Apalagi jika pada popok si kecil ada bercak darah.

Biasanya, hal ini terjadi akibat tinja bayi yang keras sehingga dinding rektum robek (luka) saat bayi BAB.

3. Jika bayi muntah, ada darah pada tinja, dsb.

Bunda sebaiknya segera membawa bayi periksa dokter jika bayi juga muntah, ada darah pada tinja, ada benjolan di anus, terjadi demam atau berat badannya turun.

B. Penyebab Bayi Sulit BAB

Setelah mengetahui tanda atau ciri-ciri bayi susah BAB, apa saja penyebabnya ya?

Dengan mengetahui kemungkinan penyebabnya, Bunda bisa mengatasinya dengan tepat.

1. Mengonsumsi susu formula

Mengonsumsi susu formula bisa menjadi salah satu sebab bayi menderita konstipasi atau sulit BAB. Ini berkaitan dengan kandungan protein susu formula yang belum bisa dicerna dengan baik oleh pencernaan si bayi yang masih lemah.

Apalagi, bayi masih usia di bawah 6 bulan. Dalam usia 0 – 6 bulan, seharusnya si bayi hanya menerima ASI.

Kandungan dan nutrisi ASI lebih lengkap dan berkualitas dibandingkan dengan susu buatan.

Maka, jika tidak ada hambatan medis, Bunda sebaiknya tetap memberi ASI kepada si kecil. Setidaknya sampai usia bayi 6 bulan.

Sementara, susu buatan seperti susu formula hanyalah sebagai pendamping atau pelengkap. Melengkapi kekurangan dari ASI yang Bunda berikan. Baik menyangkut kualitas maupun volumenya.

2. Kurang Air Minum

Kurang air minum (dehidrasi) juga bisa menyebabkan BAB bayi kurang atau tidak lancar. Oleh karena itu, Bunda harus selalu memperhatikan asupan yang diperlukan si kecil.

Jangan sampai si kecil menderita dehidrasi dan akibatnya bisa menderita susah BAB. Hal ini bisa terjadi terutama saat gigi tumbuh, kena sariawan atau demam.

3. Mengonsumsi Makanan Padat

Adakalanya bayi mengalami susah BAB (konstipasi) akibat mengonsumsi makanan padat, terutama bayi setelah usia 6 bulan.

Ketika bayi berusia 6 bulan, Bunda memang sebaiknya mulai memberikan makanan padat pendamping ASI atau MPASI kepada si kecil.

Tentu saja harus bertahap dan MPASI jangan terlalu padat. Harus sesuai dengan perkembangan umur bayi.

Menyajikan Susu Formula Pakai Air Hangat, Jangan Air Dingin

Pertanyaan selanjutnya adalah merk susu formula apa yang bisa memperlancar BAB si kecil? Bagaimana cara menyajikan susu formula bayi?

Terkadang konsumsi susu formula menyebabkan bayi sembelit atau BAB tidak lancar bukan akibat susu formulanya. Melainkan karena cara menyajikan susu yang kurang tepat.

Maka, Bunda perlu memperhatikan petunjuk pemakaian susu formula untuk bayi. Biar hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan Bunda.

Gunakan Air Hangat

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah saat menyiapkan susu formula untuk si kecil. Sebaiknya gunakan air hangat untuk menyajikan susu formula berupa bubuk. Bukan air dingin.

Selain itu, jumlah air hangatnya jangan terlalu sedikit. Ini membuat susu kurang cair atau masih terlalu kental.

Banyak orang tua menyiapkan susu formula untuk bayinya dengan sedikit air. Pikirnya, biar rasa susunya enak, gurih dan manis. Jika susu terlalu banyak air dianggapnya susu tak enak.

Akibatnya, setelah susu yang kurang cair dikonsumsi si bayi, susu kurang lancar ketika melewati usus. Efeknya terjadilah bayi menderita sembelit atau susah BAB.

Jika Si Kecil Masih Menderita BAB

Jika Anda sudah menyiapkan susu formula sedemikian rupa tetapi si kecil masih menderita BAB, maka konsultasikan dengan dokter Anda.

Bisa jadi, si kecil menderita susah BAB akibat kondisi pencernaan bayi. Bukan akibat kualitas susu.

Misalnya si kecil mengalami alergi laktosa dari susu sapi atau intoleransi laktosa. Penyebabnya, dalam tubuh bayi kurang enzim. Sementara, enzim berfungsi untuk mencerna laktosa.

Pilih Susu Formula Yang Sesuai dengan Kondisi Bayi

Meskipun sama-sama susu formula, tetapi kandungan masing-masing merk susu formula bayi memiliki aturan sendiri. Komposisi dan kandungan nutrisi tiap merk susu formula juga tidak sama.

Nah, di sini perlunya memilih susu bayi yang komposisinya sesuai dengan kondisi bayi Bunda. Sebab, tidak semua bayi dalam kondisi sehat 100%. Ada yang alergi laktosa, alergi ini, alergi itu, dsb.

Pilih Susu Formula Rendah Laktosa

Lantas, merk susu formula untuk bayi susah bab apa yang terbaik untuk si kecil? Atau dengan kata lain, susu formula apa yang tidak membuat bayi susah BAB? 

Ya, berikut ini pilihan susu formula untuk bayi susah BAB. Tetapi sebelum mengganti dengan merk susu formula untuk bayi susah BAB, ada baiknya Bunda lebih dulu memperbaiki penyajian susu untuk si kecil.

Jika tadinya susu yang Bunda sajikan agak kental, coba air hangatnya ditambah biar susu lebih cair dan menjadi lancar di pencernaan. Atau cek dengan petunjuk dari produsen. Sudah sesuai atau belum.

Setelah penyajian susu formula diperbaiki, apakah si kecil masih susah BAB? Jika masih susah BAB, ya susu formula untuk si kecil bisa diganti dengan susu bebas laktosa atau susu rendah laktosa.

Bisa jadi si kecil alergi laktosa sehingga susah BAB atau justru menderita diare.

Jadi, pilihan susu formula untuk si kecil sekarang adalah susu formula bebas laktosa atau rendah laktosa.

Selain bebas laktosa, susu formula pengganti tetap harus mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Kandung itu sangat penting untuk meningkatkan berat badan, sumber energi dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi / anak.

Rekomendasi Susu Rendah Laktosa Untuk Bayi Susah BAB

Berikut rekomendari merk susu rendah laktosa untuk bayi sulit BAB. Susu merk apa saja yang rendah laktosa atau bebas laktosa?

1.Pregestimil

Tersedia untuk bayi umur 0 – 12 bulan. Yakni bayi yang alergi protein susu sapi, alergi laktosa (intoleransi laktosa), dan tidak mampu mencerna protein susu sapi. Harga susu formula bayi ini adalah Rp 340.000-an untuk isi 400 gr.

2. Enfamil A+ Gentle Care

Bisa mengatasi resiko alergi susu sapi. Sebab, susu formula untuk bayi usia 0 – 12 bulan ini mengandung protein whey dan kasein. Harga susu rendah laktosa ini Rp 170.000-an.

3. Nutramigen LGG

Merk susu formula yang memperlancar BAB si kecil lainnya adalah Susu Nutramigen. Susu formula ini juga tersedia untuk bayi 0 – 12 bulan.

Kandungan protein dalam susu bayi terbaik ini sudah terhidrolisa ekstensif sehingga kecil kemungkinan menimbulkan alergi.

Harga susu rendah laktosa ini Rp 330.000-an untuk susu isi 400 gr.

4. Susu Kedalai

Bunda juga bisa memberi si kecil merk susu formula untuk bayi sembelit berupa susu kedelai. Ya, ini sebagai susu alternatif untuk si kecil yang alergi susu sapi.

Susu kedelai mengandung kalori, protein, lemak, zat besi, kalium, dan kalsium.

Tetapi, susu kedelai ini diperuntukkan bagi bayi usia 6 bulan ke atas. Harga susu kedelai atau susu soya bervariasi. Sekitar Rp 30.000-an – Rp 40.000-an.

5. Susu Almond

Susu yang dibuat dari kacang almond juga bisa menjadi alternatif untuk susu si kecil yang susah BAB. Kacang almond dipanggang, lalu dihaluskan.

Setelah Anda mencampurnya dengan air, maka jadilah susu almond. Yakni susu formula untuk bayi sembelit.

Kandungan serat dalam susu almond bisa mengatasi konstipasi atau bayi susah BAB.

Kandungan lain dalam susu almond adalah protein, kalori, kalium, dan kalsium fortifikas. Harga susu almond antara Rp 19.000-an sampai Rp 210.000-an.

Penutup

Susu formula bisa menjadi susu tambahan untuk bayi selain minum ASI. Tetapi, terkadang minum susu formula bisa membuat bayi susah BAB atau menderita sembelit.

Solusinya: memperbaiki cara penyajian atau berganti susu formula merk lain. Jika ganti merk susu, pilih merk susu formula untuk bayi susah BAB.