Minum Yakult Saat Perut Kosong: Bahaya Untuk Lambung?

Herbal, Produk , , ratnasilvi 0 Comments

BOLEHKAH Anda minum yakult saat perut kosong? Pertanyaan ini muncul karena rasa yakult yang agak asam bercampur manis.

Biasanya, sering mengonsumsi minuman atau makanan rasa asam ketika perut kosong, bisa membuat seseorang terkena sakit maag atau asam lambung. Kalau sudah kena sakit maag / asam lambung, aduhh.. sakitnya tidak habis-habis.

Maksudnya, maag atau asam lambung sering kambuh. Meskipun Anda sudah sering mengonsumsi obat.

Lantas, bagaimana dengan minum yakult? Bolehkah minum ketika perut kosong? Jika tidak boleh, apa efeknya?

Sebelum menjawab pertanyaan boleh tidaknya minum yakult saat perut kosong, Anda perlu tahu bahwa yakult adalah minuman probiotik.

Maksudnya, minuman yang dibuat dengan menggunakan bahan hasil fermentasi antara susu skim, gula, dan bakteri Lactobacillus casei.

Rasa yakult adalah manis dan sedikit asam. Ya, mirip rasa yogurt. Hanya saja, yakult dalam bentuk cair.

Menurut dr Nadia Nurotul Fuadah, dengan kandungan probiotik, yakult bisa menekan perkembangan mikroorganisme penyebab infeksi.

Dengan demikian, manfaat minum yakult bisa mengatasi risiko diare, wasir, dan mengatasi beragam gejala peradangan lain di saluran pencernaan. Bukan sebaliknya. Menyebabkan diare, beberapa kali BAB, perut perih, dsb.

minum yakult saat perut kosong
minum yakult saat perut kosong, bolehkah? (foto:tokopedia.com)

Manfaat Yakult Untuk Pencernaan dan Kekebalan Tubuh

Dengan bahan yang mengandung probiotik, yakult memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi, yakult mengandung 6,5 miliar bakteri baik dalam yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh.

Dengan rajin minum, bakteri baik dalam tubuh akan terus bertambah. Otomatis, bakteri jahat yang sering menyebabkan terjadinya infeksi bisa dihambat atau dienyahkan.

Manfaat minum yakult antara lain:

  1. Anda tidak mudah kena penyakit alias badan selalu sehat.
  2. Bisa mengatasi wasir atau ambeien.
  3. Mampu mengatasi diare
  4. Mencegah dan memperlancar sembelit (susah BAB).
  5. Mengatasi sindrom iritasi usus.
  6. Meringankan peradangan usus
  7. Mengatasi infeksi bakteri helicobacter pylori.

Bahkan, manfaat minum yakult dengan kandungan bakteri Lactobacillus casei juga bisa mengatasi alergi, eksim, dermatitis, flu, jerawat, masalah pernafasan, masalah mulut seperti plak dan infeksi gusi, sariawan, infeksi telinga, dan infeksi saluran kencing.

Penyakit apa yang ingin Anda atasi dengan minum yakult?

Meskipun manfaatnya besar untuk kesehatan pencernaan dan membuat daya tahan tubuh makin tinggi, tetapi Anda tidak boleh mengonsumsi yakult berlebihan.

Anda harus mengikuti aturan minum yakult. Yakni, minum yakult sekali dalam sehari.

Anda ingin diet? Minum saja yakult.

Waktu Terbaik Untuk Mengonsumsi Yakult

Bagaimana dengan rasa asam pada yakult? Berbahayakah ketika diminum saat perut kosong?

Dengan kandungan banyak bakteri baik, yakult justru lebih baik Anda konsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Misalnya minum yakult pagi sebelum sarapan. Dengan minum yakult, di dalam usus makin banyak bakteri baik.

Tetapi ada yang mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk minum yakult adalah sesudah makan. Ya, seperti umumnya waktu yang tepat untuk minum obat.

Pilih yang mana?

Ya, silakan pilih cara minum yakult sesuai dengan kondisi yang Anda hadapi. Anda bisa minum yakult pagi hari saat perut kosong, bisa pula minum yakult setelah perut kenyang usai makan.

Yang perlu diperhatikan adalah Anda jangan minum yakult bersamaan dengan waktu mengonsumsi makanan minuman panas. Sebab, saat itu banyak bakteri Lactobacilli masuk ke dalam tubuh.

Tetapi jika dalam waktu bersamaan Anda mengonsumsi minuman panas, maka akan banyak bakteri baik di dalam usus yang mati.

Baca: Menyembuhkan Sakit Wasir dengan 8 Terapi Buah

Tentang penyimpanan yakult, Anda perlu menyimpannya di dalam kulkas biar yakult tetap dingin dan aman.

Sejak dulu produk kesehatan yakult selalu tampil dalam botol kecil ukuran 65 ml dan 100 ml.  Tidak lain supaya kesehatan yakult selalu terjaga dengan baik. Tidak kemasukan bakteri yang merusak manfaat yakult.

Jadi: dengan ukuran botol kecil, sekali minum yakult langsung habis. Dengan botol besar, biasanya akan tersisa saat seseorang tidak minum sampai habis. Dikhawatirkan akan ada bakteri jahat masuk ke yakult sisa.

Jika Ternyata Diare, Perut Sakit, BAB Beberapa Kali Setelah Minum Yakult, Mengapa?

Jika kenyataannya ada orang yang minum yakult saat perut kosong lantas menderita diare, sakit perut, sering BAB, dsb, mengapa bisa terjadi seperti itu? Apa penyebabnya?

Menurut dr Nadia Nurotul Fuadah, hal itu terjadi akibat orangnya tergolong sensitif. Apalagi minum yakult berlebihan, asam lambung bisa meningkat dan terjadi iritasi pencernaan.

Akibatnya, perut akan terasa perih, diare, atau muntah, kram perut kembung, sesak nafas, dsb.

Cara mengatasi kondisi seperti itu bisa dengan mengompres perut yang nyeri pakai kompres hangat, makan porsi kecil tetapi sering, jangan makan makanan pedas, masam, minuman berkafein, minuman bersoda, susu, banyak istirahat, banyak minum air putih, dsb.

Baca Juga:

Berapa Harga Yakult?

Harga yakult bervariasi. Tiap penjual bisa memberikan harga yang berbeda dengan lainnya. Secara umum, harga yakult per pack isi 5 botol adalah Rp 8.500. Harga yakult satuan Rp 3.000. Harga yakult 1 ball isi 50 pcs Rp 85.000.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Anda selalu sehat dengan minum yakult.