Mengonsumsi Minuman Manis Bisa Berakibat Buruk bagi Kesehatan

Herbal 0 Comments

MINUMAN manis. Hati-hati mengonsumsinya. Banyak penyakit yang timbul akibat minuman manis atau makanan manis. Meskipun mengonsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi sangat nikmat, segarr…

Bahkan, banyak orang yang tidak merasa puas mengonsumsi kecuali minuman yang rasanya sangat manis. Saat minum, mereka selalu minta tambah gula supaya minuman yang dikonsumsi terasa nikmat.

Padahal di balik itu, banyak penyakit yang mengancamnya. Banyak dari mereka yang tidak menyadari bahwa kebiasaan menenggak minuman dengan banyak gula bisa mengundang banyak penyakit. Penyakit apa saja?

Di Singapura, mulai Oktober 2019 ini pemerintah melarang iklan penjualan minuman dengan kandungan gula yang tinggi dalam kemasan. Tujuannya untuk mencegah meluasnya penyakit diabetes (gula darah) di negeri jiran itu.

1. Bisa Kena Penyakit Jantung

Ya, benar. Sering mengonsumsi minuman manis, apalagi sangat manis, bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sebab, kandungan glukosa yang terdapat pada minuman manis akan menyebabkan perubahan protein pada jantung.

minuman manis

(foto:tribunenews.com)

Akibatnya, risiko terkena gagal jantung atau sakit jantung makin tinggi. Maka, hati-hati jika Anda selalu minum minuman dengan banyak gula.

Boleh mengonsumsi minuman dengan rasa sangat manis. Tetapi, jangan tiap hari atau sepanjang hari. Selingi dengan banyak minum air putih atau minum minuman lain yang tidak terlalu manis.

2. Minuman Manis Menyebabkan Diabetes

Anda juga bisa kena penyakit diabetes jika sering mengonsumsi minuman dengan rasa manis. Entah itu minuman es teh, soda, minuman berenergi atau lainnya.

Risiko terkena penyakit diabetes karena produksi hormon insulin di dalam tubuh terhambat akibat kandungan gula berlebih di dalam minuman itu.

Ya, hati-bati bagi Anda yang sangat menyukai minuman dengan rasa manis tiap hari. Boleh minum tetapi dibatasi. Demikian pula minuman sejenis lainnya.

Jika selama ini penggemar minuman sangat manis yang sudah berlangsung bertahun-tahum coba, cek gula darahmu. Kalau ternyata kadar gula darah Anda tinggi, maka turunkan biar kamu tidak kena penyakit diabetes.

3. Bisa Menyebabkan Anda Kena Asam Urat

Penyakit lain yang bisa menyerang tubuh Anda akibat sering mengonsumsi minuman banyak gula adalah sakit asam urat. Yakni, rasa sakit yang menyerang sendi di jari kaki, lutut, tangan, dsb.

Maka, Anda perlu hati-hati jika selama ini sangat suka mengonsumsi minuman dengan rasa aduhai manisnya dan minuman bersoda dan minuman kemasan lainnya. Anda punya risiko tinggi kena asam urat.

4. Risiko Menderita Obesitas (Badan Gemuk)

Sering mengonsumsi minuman dengan tinggi gula juga bisa menyebabkan berat badanmu terus naik. Tampilan fisik bertambah gemuk. Meskipun kamu jarang makan nasi. Penyebabnya karena kamu terlalu sering mengonsumsi minuman yang rasanya manis.

Minuman seperti itu mengandung fruktosa yang tinggi. Akibatnya, sel-sel lemak visceral menjadi matang sehingga terjadilah penimbunan lemak di dalam tubuh, terutama di perut.

5. Rentan Terkena Kanker Pankreas

Jika Anda sekarang ini sudah menderita sakit diabetes dan obesitas, maka hati-hati. Anda mudah terkena kanker pankreas. Maka, satu-satunya jalan adalah Anda harus mengurangi konsumsi minuman makanan dengan banyak kandungan gula, terutama dengan pemanis buatan.

Jika tidak Anda kurangi atau dihentikan, kondisi kesehatan yang lebih buruk mengancam Anda. Saya yakin Anda tidak ingin mendapatkan penyakit kanker. Ya, kanker apa pun, termasuk kanker pankreas.

7. Membuat Gigi Rusak

Banyak minuman ringan dan minuman olahraga yang mengandung banyak gula. Hal ini bisa mengikis enamel gigi dan mengakibatkan kerusakan gigi.

Bagi Anda yang sudah punya gigi berlubang, hati-hati mengonsumsi makanan minuman dengan rasa manis. Minuman ini bisa mengakibatkan keasaman pada mulut. Pada gilirannya gigi akan mengalami kerusakan. Selain itu, juga bisa menjadi faktor utama dalam kerusakan gigi.

8. Terjadi Kerusakan Hati

Terlalu sering mengonsumsi makanan minuman dengan banyak gula dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan hati.

Jika Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, maka tubuh akan kelebihan fruktosa (zat gula). Tentu saja, hal ini bisa membebani hati dan banyak lemaknya. Ini bisa memicu terjadinya komplikasi kesehatan.

9. Disfungsi Metabolik

Mengonsumsi makanan minuman dengan gula yang tinggi bisa mengakibatkan sindrom metabolik klasik. Misalnya terjadi berat badan yang berlebih (kegemukan), obesitas abdominal, penurunan HDL (kolesterol baik), peningkatan LDL (kolesterol jahat), gula darah tinggi, peningkatan trigliserida, dan tekanan darah tinggi.

Penutup

Minuman dan makanan dengan rasa manis sebaiknya Anda hindari. Sebab, minuman seperti sangat potensial mendatang banyak penyakit. Boleh mengonsumsi minuman dan makanan dengan diberi gula.  Tetapi, jangan banyak gilanya dan jangan tiap hari.

!-- Ads 300x250 -->