12 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Manjur & Cepat Reda

MENDERITA sakit gigi berlubang tentu tidak nyaman. Apalagi disertai rasa nyeri yang tidak tertahankan. Sakit gigi juga sampai ke kepala. Untuk mengatasi rasa nyeri dan sakit, Anda bisa mengonsumsi obat sakit gigi berlubang.

Beberapa merk obat sakit gigi tersedia di apotek, online atau offline. Antara lain obat gigi berlubang Burung Kakak Tua, Cataflam, Ponstan, Fasidol Force, dsb.

Anda bisa memilih mana yang cocok. Semua obat sakit gigi berlubang terbaik yang manjur untuk Anda. Tetapi untuk mengetahui manfaat dan kandungan masing-masing, baca artikel berikut ini.

Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Orang Dewasa

obat sakit gigi berlubang yang ampuh
aduh sakitnya gigi ini

 

Banyak penyebab sakit gigi berlubang. Misalnya karena banyak bakteri dalam mulut, kebersihan gigi yang kurang terjaga, jarang menyikat gigi, banyaknya plak atau karang gigi, dsb.

Sebaiknya Anda mencegah terjadinya sakit gigi dengan rajin menyikat gigi 2 kali sehari, pakai pasta gigi dengan kandungan fluoride, menggunakan obat kumur, dan selalu membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Terutama sisa makanan manis yang lengket.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi bisa mencegah munculnya banyak bakteri di mulut. Bakteri itulah perusak gigi dan penyebab bau mulut.

Untuk mengatasi gigi berlubang yang cekot-cekot, Anda bisa menggunakan obat sakit gigi berlubang. Anda bisa mendapatkan obat gigi tersebut di toko / apotek online atau offline.

Berikut ini 12 obat sakit gigi berlubang untuk orang dewasa yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Cataflam

Obat sakit gigi ini mengandung anti nyeri dari potassium diclofenac. Oleh karena itu, dengan minum obat ini, nyeri sakit gigi Anda akan segera mereda.

Obat sakit gigi Cataflam 50 gr ini untuk anak usia 14 tahun ke atas, termasuk orang dewasa. Anak usia dibawah 14 tahun belum boleh minum obat ini. Dosisnya 1 tablet, minum 2 – 3 kali sehari.

Minum obat Cataflam bisa mengurangi nyeri, migrain akut, dan peradangan setelah operasi gigi dan ortopedi. Termasuk obat keras.

2. Panadol Extra

Cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak juga bisa menggunakan Panadol Extra. Obat sakit gigi ini berisi 10 kaplet. Ampuh karena mengandung paracetamol dan kafein.

Paracetamol bisa meningkatkan ambang rasa sakit. Sementara, kafein bisa mengurangi rasa nyeri. Obat Panadol Extra untuk anak usia 12 tahun keatas, termasuk orang dewasa.

Dosis 1 kaplet, sehari bisa minum 3 – 4 kali.

3. Bodrex Extra

Anda juga bisa memilih cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak dengan Bodrex Extra. Ini adalah obat sakit gigi yang ampuh.

Tiap kaplet mengandung paracetamol 350 miligram, ibuprofen 200 miligram, dan caffeine 50 miligram.

Dengan minum Bodrex Extra, nyeri dan sakit gigi segera mereda. Adapun dosis untuk anak usia 12 tahun keatas dan orang dewasa 1-2 kaplet, 3-4 kali sehari. Anak 6-12 tahun ½ kaplet, 3-4 kali sehari

Baca: 7 Cara Menghilangkan Gigi Berlubang Hitam

mefinal, obat gigi berlubang
obat gigi berlubang mefinal

4. Mefinal 500 mg

Cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan Obat sakit gigi berlubang Mefinal. Mefinal mengandung asam mefenamat yang bisa mengatasi rasa nyeri.

Selain mengobati sakit gigi, obat Mefinal juga bisa mengatasi nyeri rematik, cedera jaringan lunak, nyeri muskuloskeletal, dismenorea, sakit kepala, dan nyeri pasca operasi.

Dosis untuk anak usia 14 tahun keatas, termasuk orang dewasa adalah 1 kaplet X 3 kali sehari. Tiap kaplet mengandung 500 miligram.

5. Ibuprofen 100 mg/5 ml Sirup 60 ml

Anda juga bisa memilih obat sakit gigi berlubang Ibuprofen. Dengan sifat analgesik, antipiretik dan antiinflamasi, Ibuprofen mampu mengatasi rasa nyeri pada sakit gigi atau sakit lainnya.

Minum obat gigi berlubang ini setelah makan. Dosisnya adalah:

  • Dewasa : 3-4 kali/hari, 1 sendok takar.
  • Anak 1-2 tahun : 3-4 kali/hari 1/4 sendok takar (50 mg).
  • Anak 3-7 tahun : 3-4 kali/hari, 1/2 sendok makan (100 mg).
  • Anak 8-12 tahun : 3-4 kali/hari, 1 sendok takar (200 mg).

6. Pamol 500 ml 10 Tablet

Pamol 500 mg 10 tablet juga termasuk obat sakit gigi berlubang yang banyak dipilih. Mengandung paracetamol, obat gigi ini mampu menurunkan demam dan rasa nyeri. Baik nyeri pada sakit kepala atau sakit gigi.

Dosisnya, untuk dewasa 1 – 2 kaplet dan minum obat 3 sampai 4 kali per hari. Maksimum 8 kaplet per hari. Untuk anak 6 – 12 tahun minum 1/2 – 1 kaplet, 3 – 4 kali sehari.

7. Betadine Mouthwash and Gurgle

Betadine obat kumur mengandung zat aktif povidone iodine. Bisa untuk mengatasi sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut dan napas tidak segar.
Tiap kumur selama 30 detik. Anda bisa berkumur 3-5 kali per hari atau sesuai dengan kebutuhan. Cara pakai, tuangkan Betadine obat kumur 15 ml pada tutup botol. Berkumurlah selama 30- 60 detik.
aloclair obat gigi berlubang

8. Aloclair Plus

Aloclair Plus adalah obat pereda nyeri pada rongga mulut. Misalnya mengatasi sakit sariawan, luka pada mulut, dan keluhan berkaitan rongga mulut lainnya seperti gigi berlubang.

Ada yang berbentuk gel, obat kumur dan semprotan. Obat ini mengandung aloe vera (lidah buaya) dan asam hialuronat. Jadi, terbuat dari bahan alami sehingga aman dipakai.

Pemakaian 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan. Selain untuk sariawan, Aloclair juga bisa mengatasi rasa nyeri dan mencegah infeksi.

Baca: 10 Cara Mencegah Gigi Berlubang agar Tidak Membesar

9. Fasidol Forte

Pilihan lain untuk obat sakit gigi berlubang terbaik adalah Fasidol Forte. Tersedia ukuran 650 mg isi 10 kaplet. Mengandung zat aktif paracetamol.

Obat ini bermanfaat untuk mengatasi demam dan pereda nyeri. Misalnya nyeri di kepala, sakit gigi, nyeri habis operasi, panas karena flu dan sesudah vaksinasi, serta nyeri ringan lainnya.

Dosis: Untuk dewasa sekali minum bisa 1 – 2 kaplet dan minum 3-4 kali sehari. Anak usia 7 – 12 tahun minum 0,5 – 1 kaplet 3 – 4 kali sehari.

10. Neuralgin RX Tablet

Neuralgin RX Tablet adalah obat nyeri pada syaraf (neuralgia). Contohnya nyeri pada gigi atau penyakit degeneratif di rangkaian tulang belakang.

Beberapa kandungan Nauralgin antara lain metampiron. Berfungsi untuk mengatasi rasa nyeri pada kepala, gigi, sendi dan menurunkan demam.

Kandungan lain adalah thiamine (Vitamin B1). Tujuannya untuk mencegah defisiensi atau kekurangan vitamin B1. Kandungan lain adalah vtamin B6 dan B12.

11. Obat Gigi Berlubang Ponstan

Pilihan lain obat sakit gigi berlubang yang juga ampuh adalah Ponstan 500 mg 10 Tablet. Kandungan penting dari obat antiinflamasi nonsteroid ini adalah asam mefenamat.

Manfaat asam mefenamat adalah menurunkan rasa nyeri atau ngilu. Baik nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, maupun nyeri pasca operasi.

Baca petunjuk pemakaian obat dan minum obat sesuai dengan petunjuk yang ada. Ya, biar aman dan obat bisa menyembuhkan sakit gigi Anda. Dosis orang dewasa, minum obat 3 kali sehari.

12. Burung Kakak Tua

Anda juga bisa mengatasi gigi berlubang dengan obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua. Obat sakit gigi ini terbuat dari bahan minyak cengkeh.

Burung Kakak Tua merupakan obat antiseptik yang bisa membasmi kuman penyebab sakit gigi. Manfaat lain bisa meredakan rasa nyeri yang timbul akibat gigi berlubang.

Cara menggunakan obat gigi berlubang ini sangat mudah. Siapkan sedikit kapas, tuangkan obat Burung Kakak Tua pada kapas, lalu tempelkan kapas pada gigi yang sakit.

Efek samping dari pemakaian obat gigi berlubang ini antara lain muncul sariawan, sensasi panas di mulut, dan reaksi hipersensitivitas.

Penutup

Demikian artikel mengenai 10 obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda pilih. Tetapi selain obat apotek, Anda juga bisa mengatasi sakit gigi dengan obat gigi berlubang alami. Cara ini juga bagus dan bisa menyembuhkan sakit Anda tanpa efek samping.