5 Obat Vertigo Ampuh Mencegah Vertigo Sering Kambuh

ANDA telah beberapa kali kena sakit vertigo? Maksudnya, saat pusing terasa kondisi sekeliling berputar cepat? Dalam situasi seperti itu, Anda bisa terjatuh jika tidak berpegangan sesuatu atau duduk. Untuk mengatasinya, obat vertigo apa yang bisa dikonsumsi?

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit vertigo. Antara lain dengan menggunakan pengobatan alami. Tetapi bisa pula dengan menggunakan obat medis, melakukan olahraga vertigo atau senam, dsb.

Jika pakai obat medis, obat vertigo apa saja yang terbaik? Manfaat obat sakit vertigo untuk meredakan kepala pusing berputar dan mencegah vertigo kambuh.

Pengobatan vertigo juga membuat Anda bisa istirahat dengan baik. Vertigo pun segera sembuh.

Obat Vertigo: Benzodiapen, Betahistine, Dimenhydrinate

Berikut ini beberapa obat vertigo di apotik (medis) atau di toko-toko online yang bisa Anda pilih.  Sebaiknya Anda baca dulu petunjuk cara pemakaian sebelum Anda mengonsumsinya.

Selain itu, Anda harus makan makanan sehat dan menghindari makanan penyebab vertigo. Dengan cara seperti itu, penyakit vertigo yang sering kambuh secara tiba-tiba itu bisa teratasi.

 

obat vertigo
obat benzodiapen (foto:balaihatpen.dephub.co.id)

1. Obat Benzodiapen

Benzodiapen adalah obat penenang. Fungsinya untuk menekan respon vestibular di sistem saraf pusat.

Dengan minum Benzodiapen, gejala vertigo bisa teratasi atau ditekan sehingga penyakit ini tidak kambuh.

Tetapi untuk menggunakan Benzodiapen harus ada resep dokter. Penggunaan berlebihan bisa menyebabkan Anda kecanduan, menderita gangguan memori, dsb.

2. Obat Betahistine

Obat vertigo lain yang juga ampuh adalah Betahistine. Betahistine ini merupakan analog histamin yang bertindak sebagai agonis H1 lemah dan antagonis reseptor H3 kuat.

Dengan mengonsumsi Betahistine ini, aliran darah ke telinga bagian dalam akan meningkat. Penyakit vertigo bisa reda sehingga tidak kambuh lagi.

Tetapi penderita asma bronkial dan sakit maag (tukak lambung) jangan minum obat ini. Penyakit mereka bisa makin buruk.

3. Obat Dimenhydrinate

Dimenhydrinate bisa Anda beli tanpa resep dokter. Tetapi obat vertigo generik ini efektif untuk mencegah mual dan muntah berkaitan dengan vertigo.

Anda perlu hati-hati dengan efek sampingnya. Antara lain mulut jadi kering (produksi air liur menurun) dan mengantuk.

4. Obat Meclizine

Obat lain yang juga ampuh untuk mengatasi penyakit vertigo Anda, terutama vertigo pada fase akut adalah obat Meclizine.

Ibu hamil boleh minum obat ini. Dan ini satu-satunya obat untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Anda yang melakukan perjalanan jauh juga bisa minum Meclizine ini. Tujuannya biar Anda tidak mabuk dalam perjalanan, termasuk perjalanan melalui laut.

Minum 1 – 4 kali sehari untuk obat ukuran 25mg. Minum 2 kali sehari untuk obat ukuran 50mg. Obat bisa Anda beli tanpa resep dokter. Hati-hati dengan efek samping. Mulut bisa kering dan mengantuk.

5. Obat Promethazine

Obat lainnya adalah Promethazine. Selain untuk menyembuhkan vertigo, obat ini juga sering dikonsumsi setelah seseorang melakukan operasi.

Fungsinya untuk mengatasi rasa mual dan muntah, termasuk saat menderita vertigo.

Dosis minum Promethazine adalah 12,5 – 25mg tiap 4 – 6 jam sesuai dengan kebutuhan. Tetapi Anda perlu resep dokter.

6. Betaserc

Betaserc juga obat vertigo yang cukup terkenal dan bisa Anda pilih. Betaserc  betahistine. Obat ini bekerja dengan mengurangi tekanan dan meningkatkan aliran darah di dalam telinga.

Cara kerja tersebut dapat meringankan pusing berputar. Tetapi ibu hamil dan menyusui tidak boleh minum obat Betaserc.

Terapi Vertigo Tanpa Obat

Anda juga bisa mengatasi vertigo tanpa obat. Caranya? Ya, silakan pakai terapi vertigo yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Pertanyaan tentang Vertigo Kambuh

Apa yang harus dilakukan ketika sakit vertigo kambuh?

Tinggalkan aktivitas Anda. Carilah pegangan atau bersandar pada sesuatu atau duduk. Tujuannya biar Anda tidak terjatuh ketika terasa tubuh berputar saat vertigo kambuh.

Ada baiknya Anda berbaring di ruangan yang gelap dengan mata memejam. Dengan cara ini, sensasi seperti sekeliling berputar bisa hilang. Anda pun kembali sehat. Walaupun belum 100%.

Apa pantangan penderita vertigo yang perlu dihindari biar vertigo tidak sering kambuh?

Beberapa makanan pantangan vertigo yang harus Anda hindari antara lain aneka gorengan, minum kafein seperti minuman kopi, teh, makanan tinggi garam, makanan tinggi gula, dsb.

Penutup 

Ya, punya vertigo memang sangat merepotkan. Vertigo bisa kambuh kapan saja dan di mana saja. Maka, jika Anda menderita vertigo, segera sembuhkan. Banyak cara bisa Anda lakukan. Misalnya dengan minum obat vertigo.

Selain itu, Anda juga harus selalu menghindari gerakan badan atau anggota badan yang bisa membuat vertigo kambuh. Bahkan cara tidur pun harus sesuai aturan. (update 19 Juni 2023).