7 Olahraga untuk Penderita Vertigo – Cara Mudah Menghilangkan Vertigo

Sakit Kepala 0 Comments

OLAHRAGA untuk penderita vertigo – Anda sebaiknya rajin melakukan olahraga biar sakit vertigo tidak sering kambuh. Olahraga memang bisa membuat tubuh sehat dan punya kekebalan untuk mencegah terjadinya penyakit, termasuk menangkal penyakit vertigo.

Tetapi, untuk penderita vertigo, olahraga apa saja yang cocok? Apa yang harus dipersiapkan penderita vertigo ketika akan berolahraga? Olahraga apa yang sebaiknya dihindari?

Ya, olahraga memang sangat penting bagi siapa pun untuk membuat diri mereka sehat dan tidak mudah dihinggapi penyakit. Olahraga harus dilakukan secara rutin yang sesuai dengan jadwal.

Hanya saja, tidak semua jenis olahraga cocok untuk mereka yang memiliki penyakit tertentu seperti vertigo, diabetes, darah tinggi, sakit jantung, dsb. Bahkan, ada olahraga yang harus dihindari karena tidak menyembuhkan penyakit. Justru membuat Anda bertambah sakit.

Mereka harus memilih olahraga yang sehat dan menyehatkan. Bukan sebaliknya, berolahraga malah membuat sakit karena jenis olahraga yang dipilih tidak sesuai dengan kondisi kesehatan mereka.

Olahraga untuk Penderita Vertigo dan Cara Melakukannya

olahraga untuk penderita vertigo

(foto:tribune.com)

Banyak jenis olahraga atau senam yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi penyakit vertigo. Atau, dengan olahraga dan senam diharapkan vertigo tidak sering kambuh. Syukur nanti Anda bisa terbebas dari penyakit vertigo alias sembuh dari sakit kepala berat ini.

Yang perlu diperhatikan ketika melakukan olahraga vertigo adalah Anda tidak menggerak-gerakkan kepala dengan cara yang tidak sehat. Cara seperti ini justru menyebabkan penyakit vertigo Anda bisa kambuh.

Oleh karena itu, olahraga vertigo harus dilakukan dengan benar. “Menggerakkan kepala tidak boleh asal. Tetapi, harus sesuai dengan aturan yang benar sehingga senam/olahraga bisa membantu menyembuhkan vertigo,” kata Dr Jenny Bashiruddin, PhD, d Jakarta.

Berikut ini 5 olahraga atau gerakan tubuh yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit vertigo:

1. Olahraga Vertigo dengan Menggerakkan Tubuh

Olahraga untuk vertigo ini sangat penting. Pengaruhnya besar untuk kesembuhan penyakit vertigo Anda. Caranya, pertama melebarkan kaki ke kanan dan kiri. Lalu angkat kedua tangan ke atas.

Gerakkan badan ke kanan dan ke kiri. Gerakan perlahan-lahan hingga kepala pada kemiringan tertentu. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa cukup.

Ya, ini jika Anda melakukan senam sendirian. Kalau senam dalam grup, pemandu senam akan memberikan aba-aba sambil memandu senam. Jika di tengah senam Anda meresa puring, solakan beristirahat.

2. Olahraga untuk Vertigo Menengok Kanan Menengok Kiri

Olahraga untuk penderita vertigo lainnya adalah menengok ke kanan dan ke kiri. Senam ini bisa membuat keseimbangan tubuh. Tujuannya supaya ketika penyakit vertigo kambuh, tubuh Anda tetap tegar.

Tidak sempoyongan sehingga membuat Anda mudah terjatuh. Lakukan senam vertigo ini secukupnya dengan gerakan yang hati-hati. Gerakan tidak terlalu cepat. Perlahan tetapi serius.

3. Senam Hidung dan Lengan

Senam vertigo ini juga bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam koordinasi antara organ tubuh Anda. Problem utama penderita vertigo adalah suasana di sekitar seperti berputar sehingga Anda seolah akan terjatuh.

Senam kedua organ tubuh ini dilakukan untuk melatih keseimbangan dari koordinasi gerak beberapa bagian tubuh. Lakukan bersama seseorang.

Misalnya, coba Anda menunjuk hidung sendiri dengan jari telunjuk. Setelah itu, Anda menunjuk hidung orang lain dengan jari telunjuk yang sama. Lalu, pegang tangan orang lain dan angkatlah untuk menunjuk hidung Anda ataupun menunjuk hidung orang lain.

Kini, ganti memegang ujung telinga Anda sendiri. Lalu, silangkan tangan Anda ketika memegang telinga. Tangan kanan memegang telinga kiri dan tangan kiri memegang telinga kanan. Posisi tangan kanan di luar diubah berada di dalam dan seterusnya. Lakukan beberapa cara untuk mengurangi efek samping dari penyakit vertigo.

4. Senam Duduk Berdiri – Duduk Berdiri

Olahraga ini bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh. Caranya, Anda mula-mula duduk di kursi. Dengan mata tertutup, Anda bangun dari tempat duduk di kursi. Lalu duduk lagi, berdiri, duduk, berdiri dan seterusnya sampai Anda anggap cukup.

Jika olahraga untuk menyembuhkan penderita vertigo sudah berjalan dengan baik dan tidak Anda masalah, Anda bisa melakukan gerakan olahraga vertigo dengan duduk berdiri ini dengan mata terbuka.

Olahraga / senam lain dengan tujuan sama yang bisa Anda lakukan adalah jalan kaki sambil mata ditutup. Dengan banyak latihan, Anda akan bisa sembuh dari vertigo. Setidaknya, vertigo jarang kambuh.

5. Duduk dengan Memegang Benda Sejajar dengan Mata

Duduk di kursi sambil memegang suatu benda yang sejajar dengan mata. Anda duduk tegak dengan memandang ke arah benda yang Anda pegang. Lalu, mata melirik ke kanan dan ke kiri, tetapi pandangan tetap ke benda itu sejajar dengan posisi mata. Lakukan gerakan itu berulang-ulang sampai tercipta keseimbangan pada tubuh Anda. Keseimbangan akan membuat penyakit vertigo makin lama makin mereda dan jarang kambuh.

6. Berdiri Tegak, Ayunkan Badan ke Depan dan Belakang

Olahraga untuk penderita vertigo yang lain adalah berdiri tegak lalu tubuh Anda ayunkan ke depan dan belakang. Lakukan gerakan ini setiap hari biar vertigo tidak kambuh. Ya, gerakan menyembuhkan penyakit vertigo dengan sangat mudah. Anda bisa melakukan sendiri di rumah.

7. Merebahkan Diri lalu Bangun di Tempat Tidur

Anda juga bisa melatih keseimbangan tubuh dengan duduk di tempat tidur sambil memandang ke satu titik tertentu. Setelah beberapa saat lalu Anda merebahkan diri di tempat tidur dengan pandangan tetap tertuju pada titik yang sama.

Lakukan gerakan itu beberapa kali. Merebahkan tubuh ke arah kanan atau ke kiri sambil mata tetap memandang obyek yang telah ditentukan.  Jika kepala terasa pusing atau lelah, ya latihan/olahraga vertigo dihentikan untuk istirahat.

Demikian beberapa olahraga untuk penderita vertigo yang bisa Anda lakukan untuk mencegah vertigo sering kambuh. Olahraga vertigo adalah olahraga ringan. Olahraga berat dengan gerakan cepat justru bisa menyebabkan vertigo sering kambuh. Misalnya lari, berenang, basket, dan sepakbola.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua dan Anda bisa bebas dari vertigo.