6 Pantangan Makanan Penderita Tipes yang Harus Anda Hindari

Berita 0 Comments

MEMILIH makanan yang sehat bagi penderita tipes sangat penting. Sebab, sumber terjadinya penyakit tipes adalah makanan yang Anda konsumsi. Ini berarti Anda harus menghindari pantangan makanan penderita tipes.

Tipes terjadi akibat bakteri Salmonella typhi yang menyerang sistem pencernaan. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi.

Oleh karena itu, apabila Anda terkena penyakit tipes, maka Anda harus menghindari makanan pantangan bagi penderita tipes. Anda sebaiknya memilih makanan lain yang sehat dan menyehatkan untuk Anda.

Ada juga beberapa buah yang harus Anda hindari.

Makanan apa saja yang harus Anda jauhi?

6 Daftar Jenis Pantangan Makanan Penderita Tipes

Berikut ini daftar makanan yang harus Anda hindari, yakni:

pantangan makanan penderita tipes

1. Makanan Pedas – Penyembuhan Jadi Lebih Lama

Makanan pedas harus dihindari karena bisa mengakibatkan organ pencernaan, terutama usus yang telah luka karena infeksi, mengalami rasa panas. Bahkan bisa terjadi pembengkakan dan pendarahan.

Tentu saja, hal ini dapat memperparah kondisi kesehatan Anda. Bahkan, bisa membuat proses penyembuhan sakit tipes menjadi lebih lama.

Banyak makanan dengan rasa pedas, terutama makanan yang proses memasaknya menggunakan banyak cabai. Bahkan tiap daerah punya masakan khas dengan rasa pedas.

Misalnya seblak (Jawa Barat), penyetan (Jawa Timur), ayam betutu (Bali), rendang (Sumatera Barat), rica-rica (Menado), atan bajar taliwang (NTB), dsb.

Intinya, penderita tipes jangan mengonsumsi masakan pedas. Baik pedas akibat banyak cabai, banyak mrica atau lainnya.

2. Makanan Tinggi Serat – Pantangan Makanan Penderita Tipes

Makanan tinggi serat perlu Anda hindari karena makanan ini memerlukan waktu lama untuk proses di organ pencernaan. Ini membuat penyerapan nutrisi menjadi lambat. Sementara, produksi gas menjadi tinggi sehingga perut tidak nyaman.

Beberapa makanan tinggi serat antara lain roti gandum, oatmeal, kangkung, brokoli, pare, dan alpukat.

3. Sayuran yang Menghasilkan Banyak Gas

Anda juga perlu menghindari makanan yang banyak menghasilkan gas. Sebab, makanan banyak gas bisa mengganggu kesehatan pencernaan. Contoh makanan banyak gas adalah kol, kubis, dan paprika.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein yang sudah diproses lebih lembut agar mudah dicerna. Misal dada ayam tim, sup ikan, dan kentang tumbuk.

4. Makanan dengan Aroma yang Sangat Kuat

Pantangan makanan penderita tipes lain yang harus Anda hindari adalah makanan dengan rasa dan aroma terlalu kuat. Misal bawang merah dan bawang putih.

Makanan dengan aroma dan rasa yang menyengat bisa menurunkan nafsu makan. Sebagai gantinya, Anda gunakan rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan. Misalnya kepala dan kulit udang rebus, kaldu ayam, atau gula. Penderita tipes akan lebih lahap makan.

5. Makanan Tinggi Karbohidrat – Bisa Dikonsumsi jika Dihaluskan

Makanan tinggi karbohidrat sebaiknya juga Anda hindari. Mengapa? Karena makanan jenis itu sulit dicerna. Jika Anda tetap mengonsumsinya justru bisa membuat sakit tipes lebih parah.

Kecuali makanan yang telah dihaluskan. Misalnya, nasi beras dibuat jadi bubur. Ini tidak akan memberatkan tugas pencernaan.

Baca – Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Di sisi lain, Anda bisa mendapatkan karbohidrat yang menyehatkan. Makanan tinggi karbohidrat, misalnya beras merah, beras ketan, roti gandum, atau kue-kue manis.

6. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak juga termasuk pantangan makanan bagi penderita tipes. Misalnya aneka gorengan, makanan bersantan, junk food dan makan bermargarin.

Makanan-makanan berlemak juga memerlukan waktu lama saat diproses di pencernaan. Tidak hanya menambah beban bagi pencernaan. Mengonsumsi makanan berlemak juga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi tipes.

Penderita Tipes Mudah Merasa Haus

Selain memperhatikan makanan, penderita sakit tipes juga harus sering minum air putih. Sebab, penderita tipes sering merasa haus. Ini terjadi karena penderita sering mengalami diare.

Penderita harus selalu minum air putih paling tidak enam sampai delapan gelas air sehari. Jika itu masih dirasa kurang, Anda bisa minum lebih dari itu.

Baca – Cara Mengatasi Gigi Tonggos Secara Alami

Intinya, kebutuhan minum air putih harus tercukupi. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari risiko dehidrasi yang bisa meningkatkan intensitas sakit tipes.

Semoga artikel tentang pantangan makanan penderita tipes ini bermanfaat bagi Anda semua. Anda bisa bebas dari penyakit tipes.

!-- Ads 300x250 -->