5 Pantangan Makanan untuk Penderita Wasir

Berita 0 Comments

MENDERITA wasir atau ambeien tentu tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ada beberapa pantangan makanan penderita wasir yang harus Anda hindari.

Penyakit ambeien atau wasir adalah penyakit di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus) bengkak dan meradang.

Tidak diketahui pasti apa penyebab terjadinya wasir. Hanya diperkirakan hal itu berkaitan dengan tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus meningkat.

Baca – Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

5 Pantangan Makanan Penderita Wasir yang Harus Anda Jauhi

pantangan makanan penderita wasir
(foto:obatdemamtifoidalami.blogspot.com)

Untuk meredakan atau menyembuhkan penyakit ambeien, ada beberapa pantangan yang harus Anda hindari. Salah satu pantangan penyakit ambeien adalah makanan.

Anda sebaiknya menghindari makanan pantangan ambeien sehingga upaya menyembuhkan penyakit wasir ini bisa berlangsung lebih mudah dan cepat.

Berikut ini 10 pantangan makanan penyakit ambeien yang harus Anda jauhi.

1.Makanan Sedikit Serat

Makanan yang mengandung sedikit serat harus Anda jauhi karena mengonsumsi makanan itu justru bisa menyebabkan terjadinya wasir atau ambeien.

Baca – Cara Merapikan Gigi Gingsul Tanpa Behel

Tetapi jika Anda ingin mengonsumsi makanan rendah serat hendaknya makan sedikit saja. Makanan rendah serat, misalnya, daging, daging olahan, roti putih, produk olahan susu, karbohidrat olahan, makanan olahan, makanan beku, dan makanan cepat saji.

Demikian pula garam, minuman beralkohol, buah sitrus, dan makanan pedas. Juga harus Anda hindari.

2. Makanan Pedas seperti Cabai dan Sambal

Makanan pedas seperti cabai, merica, sambal, dsb juga harus Anda jauhi. Sebab, rasa pedas dari makanan-makanan itu bisa membuat penderita ambeien merasakan kesakitan yang tinggi saat BAB.

Bahkan bisa menyebabkan pendarahan di anus makin parah akibat capsicum yang terkandung di dalam cabai.

3. Makanan Rasa Asam

Makanan rasa asam juga termasuk pantangan penyakit ambeien yang harus Anda hindari. Rasa asam dari makanan yang Anda konsumsi akan membuat rasa perih ketika buang air besar (BAB). Makanan asam juga makanan pantangan asam lambung (maag).

Baca – Empat Cara Senyum Pemilik Gigi Tonggos

4. Makanan dengan Serat Berlebihan

Untuk menyembuhkan ambeien, Anda perlu mengonsumsi makanan berserat tinggi dan menghindarkan makanan dengan rendah serat seperti disinggung pada nomor 1 di atas.

Tetapi, mengonsumsi makanan tinggi serat tidak boleh berlebihan. Sebab, mengonsumsi makanan berserat yang berlebihan juga membuat BAB kurang lancar. Yang terbaik mengonsumsi dalam jumlah sedang.

Baca – Cara Mengundurkan Gigi Tonggos dan Biayanya

Makanan yang kaya serat antara lain kacang-kacangan, alpukat, gandum utuh, brokoli, pisang, apel, buah pir, dan oatmeal.

5. Makanan yang Masih Panas

Hindari mengonsumsi makanan dalam kondisi panas. Ini bisa memberikan kontribusi berupa rasa panas di perut dan juga di anus. Bahkan, terjadi BAB kurang lancar. Bisa pula cenderung menderita ambeien.

Demikian artikel mengenai pantangan makanan penderita wasir atau ambeien. Semoga Anda bisa terhindar dari sakit ambeien atau wasir.

!-- Ads 300x250 -->