5 Pantangan Makanan Radang Tenggorokan yang Harus Dihindari

Bau Mulut 0 Comments

MENDERITA radang tenggorokan tentu sangat tersiksa. Saat menelan makanan, bahkan minuman, tenggorokan terasa sakit. Anda sebaiknya menghindari pantangan makanan radang tenggorokan biar sakitnya cepat sembuh.

Apalagi, makanan dan minuman yang jika Anda konsumsi bisa mengiritasi tenggorokan. Misalnya makanan dan minuman panas, buah rasa asam seperti jeruk, tomat, jeruk nipis, lemon, anggur, dsb.

Berikut ini beberapa pantangan makanan yang harus Anda jauhi supaya sakit tenggorokan bisa cepat sembuh. Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi obat radang tenggorokan, termasuk obat herbal.

Selain menjauhi pantangan makanan, penderita sakit tenggorokan juga harus menjauhi / menghindari penyebab terjadinya radang tenggorokan.  

1. Makanan Renyah dan Keras – Bisa Mengiritasi Tenggorokan

Makanan yang keras dan renyah bisa membuat radang tenggorokan terasa sakit saat Anda mengonsumsinya.

Makanan renyah dan keras yang harus Anda hindari antara lain kerupuk, keripik kentang, popcorn, roti kering, kacang-kacangan, atau sayuran mentah.

 

Pantangan Makanan Radang Tenggorokan

2. Buah dan Jus Jeruk – Rasa Asam

Anda yang menderita sakit tenggorokan harus menghindari makanan dan minuman rasa asam. Sebab, mengonsumsi makanan seperti itu justru bisa mengiritasi permukaan tenggorokan.

Meskipun mengonsumsi minuman jeruk, apalagi jus jeruk, akan terasa sangat segar. Apalagi saat musim kemarau atau dalam kondisi cuaca panas.

Tetapi bagi Anda yang sedang menderita radang tenggorokan, kondisi sakit Anda bisa lebih buruk jika mengonsumsi jeruk atau jus jeruk.

3. Alkohol dan Produk yang Mengandung Alkohol

Minuman alkohol dan obat/produk yang mengandung alkohol juga harus Anda jauhi. Alkohol dan minuman atau obat yang mengandung alkohol seperti obat kumur bisa menyebabkan sensasi menyengat di tenggorokan yang sedang sakit.

Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir dan wine juga bisa membuat Anda mengalami dehidrasi (kurang air minum). Tentu saja, hal ini tidak baik untuk mereka yang sedang menderita sakit tenggorokan.

4. Makanan Rasa Pedas

Makanan rasa pedas juga harus Anda hindari. Sambal dengan berbagai jenisnya, cabai rawit, bumbu dapur yang terasa pedas seperti mrica, saus rasa pedas, pala, mrica dan paprika, semuanya harus Anda hindari karena rasanya yang pedas.

5. Makanan dan Minuman Dingin

Pantangan makanan radang tenggorokan lainnya adalah minuman atau makanan yang dingin atau mengandung es. Semua harus Anda dihindari agar radang tenggorokan cepat mereda.

Bahkan, es bisa memperparah gejala radang tenggorokan. Tentu saja, kondisi demikian tidak Anda inginkan. Yang Anda ingini, radang tenggorokan bisa segera mereda dan bisa cepat disembuhkan.

Makanan Minuman Penyembuh Radang Tenggorokan

Sebaliknya, Anda harus mengonsumsi makanan minuman yang bisa mempercepat kesembuhan radang tenggorokan. Makanan minuman ini juga dengan mudah bisa Anda temukan. Makanan minuman ini sekaligus bisa sebagai pengobatan radang tenggorokan secara alami. 

Misalnya pisang, sup ayam, madu, lemon, telur, jus delima, dan sayuran yang dimasak dengan baik dan tepat. Air putih, peppermint, garam, sari cuka apel, dan bubuk soda kue.

Penderita radang tenggorokan sebaiknya mengonsumsi makanan sehat bernutrisi, bertekstur lembut, dan mudah ditelan. Cara ini bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan. Makanan dan minuman hangat bisa membuat rasa nyaman pada tenggorokan.

Demikian artikel mengenai makanan pantangan radang tenggorokan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. 

!-- Ads 300x250 -->