7 Pasta Gigi yang Bagus untuk Menghilangkan Karang Gigi

Sakit Gigi 0 Comments

UNTUK menghilangkan karang gigi, Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus. Yakni, pasta gigi yang bagus untuk menghilangkan karang gigi. Karang gigi sebaiknya memang harus dibersihkan supaya gigi Anda sehat dan bersih.

Selain bisa merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang, karang gigi juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Karang gigi bermula dari sisa makanan minuman yang terselip di antara gigi. Kotoran ini tak bisa dibersihkan dengan menyikat gigi.

Sikat gigi tidak mampu menjangkaunya. Cara membersihkan sisa makanan minuman di sela gigi, antara lain dengan benang gigi. Benang dibentangkan, lalu dimasukkan ke sela-sela gigi dan ditarik ke kanan giri.

Kotoran dari sisa makanan minuman yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi plak. Bahkan, akhirnya menjadi karang gigi setelah plak menumpuk cukup tebal dan berubah menjadi keras.

Beberapa Merk Pasta Gigi yang Bagus untuk Menghilangkan Karang Gigi

Salah satu cara menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi yang bagus untuk menghilangkan karang gigi.

pasta gigi yang bagus untuk menghilangkan karang gigi

Banyak merk bisa Anda pilih. Anda bisa memilih pasta gigi terbaik sesuai dengan kondisi gigi Anda.

1. Pasta Gigi Merk Colgate

Pasta gigi Colgate dikenal bisa memutihkan gigi dari masa ke masa. Dengan kandungan microcrystal yang sudah diuji secara klinis, Anda tidak perlu ragu menggunakan pasta gigi ini.

Selain bisa membuat gigi menjadi putih, pasta gigi ini juga bisa menghilangkan berbagai noda pada gigi, termasuk plak dan karang gigi. Harga pasta gigi Colgate dari Rp 9.000 – Rp 275.000, tergantung isi dan kualitasnya.

2. Pasta Gigi Merk Nasa

Pasta gigi Nasa juga bagus untuk menyehatkan gigi. Yakni, gigi putih bersih dan bebas dari plak dan karang gigi. Dengan gigi sehat, mulut pun bebas dari bau tidak sedap.

Pasta gigi ini juga mengandung fluoride dan bisa mencegah terjadinya gigi berlubang. Harga pasta gigi ini adalah dari Rp 1.000 – Rp 260.000.

3. Pasta Gigi Merk Enzim

Salah satu merk pasta gigi yang bebas dari detergen adalah pasta gigi merk Enzim. Dengan kandungan enzim yang tinggi, pasta gigi ini ampuh untuk mengatasi bakteri di mulut, gigi dan lidah.

Maka, pasta gigi ini dapat mengontrol dan mencegah terjadinya karang gigi. Harga antara Rp 6.240 – Rp 122.500

4. Pasta Gigi Merk Pepsodent

Hampir semua orang tahu tentang pasta gigi merk Pepsodent. Selain kualitasnya bagus, harga Pepsodent juga murah. Pepsodent memang punya perjalanan yang cukup panjang sebagai pasta gigi yang merakyat.

Pepsodent selain bisa membuat gigi menjadi bersih dan putih, juga mampu mencegah terjadinya gigi berlubang. Selain itu juga mampu membersihkan karang gigi. Harganya adalah Rp 1.450 – Rp 480.000

5. Merk Pasta Gigi Close Up

Pasta Gigi Close Up juga cukup terkenal. Produknya terdiri dari berbagai bentuk, ukuran dan banyak variannya.

Tetapi, secara keseluruhan, pasta gigi buatan Close Up bisa dikatakan mampu menghindarkan gigi dari bakteri penyebab bau mulut. Hasilnya, selain gigi putih, nafas Anda juga menjadi segar. Harga pasta gigi ini Rp 5.499 – Rp 163.000

6. Pasta Gigi Merk Ciptadent

Ciptadent juga bisa Anda andalkan untuk membersihkan karang gigi. Pasta gigi ini memang memiliki formula khusus yang bisa membasmi karang gigi. Tentu saja, Anda harus rutin menggosok gigi dengan pasta ini dua kali sehari, terutama menjelang tidur. Harga pasta gigi adalah Rp 1.500 – Rp 50.000.

7. Pasta Gigi Merk Formula

Pasta gigi Formula juga bisa Anda pilih sebagai pasta gigi pembasmi karang gigi. Pasta gigi ini mengandung zat flouride yang bisa mengatasi karang gigi, menyehatkan gusi dan mengatasi bau mulut. Maka, pasta gigi ini cukup populer di kalangan masyarakat.

Mencegah Terjadinya Karang Gigi

Yang terbaik, tentu saja Anda harus mencegah terjadinya karang gigi. Sebab, jika karang gigi muncul dan tidak dibersihkan bisa merusak gigi. Misalnya terjadi gigi berlubang, bau mulut yang tidak sedap, radang gusi dan gigi rusak/ patah.

Cara menghindarkan terjadinya karang gigi yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Rajin Menggosok Gigi

Seperti dijelaskan di atas, untuk mencegah terjadinya plak gigi dan karang gigi, Anda harus rajin menyikat gigi dua kali sehari. Habis sarapan pagi dan menjelang tidur malam.

2. Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Ketika menggosok gigi, Anda harus menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Umumnya kini pasta gigi mengandung fluoride yang bisa mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

Tetapi, Anda sebaiknya baca formula pasta gigi yang Anda beli. Mengandung fluoride atau tidak. Kini, beberapa pasta gigi juga mencantumkan kemampuannya mencegah terjadinya gigi berlubang.

3. Menggunakan Benang Gigi

Manfaat menggunakan benang gigi (flossing) untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan menyikat gigi. Benang gigi bisa dibeli di swalayan. Harganya murah.

4. Menggunakan Obat Kumur

Gigi Anda akan benar-benar bersih jika habis menggosok gigi, Anda berkumur dengan menggunakan obat kumur. Selain membersihkan gigi, obat kumur juga mencegah terjadinya bau mulut.

5. Hindari Makanan Manis dan Bertepung

Makanan yang sangat manis dan bertepung bisa mengundang bakteri. Jika Anda ingin gigi selalu bersih, tampil putih indah, ya jangan mengonsumsi makanan minuman manis dan makanan bertepung.

Penutup

Jika gigi Anda sekarang mulai ada plak, bahkan karang gigi, sebaiknya segera dibersihkan. Sebab, karang gigi yang dibiarkan bisa merusak gigi. Membuat gigi berlubang atau gigi rusak / patah.

Padahal, usia Anda masih muda. Sayang kalau Anda tidak memperhatikan kesehatan dengan selalu membersihkan gigi dan gusi. Semoga artikel ini bermanfaat.

!-- Ads 300x250 -->