10 Cara Penanganan Vertigo di Rumah Secara Mandiri

Sakit Kepala 0 Comments

PENANGANAN vertigo di rumah. Anda bisa mengatasi vertigo sendiri di rumah atau di mana pun saat penyakit kepala berputar kambuh. Apa yang disarankan dokter ketika Anda periksa, sebaiknya Anda cacat semua dan Anda jadikan sebagai panduan penanganan vertigo di rumah secara mandiri.

Jadi, tidak perlu setiap penyakit vertigo kambuh, Anda periksa dokter. Yang terpenting adalah bagaimana Anda berusaha mencegah vertigo supaya tidak sering kambuh. Syukur bisa sembuh dan Anda tidak menderita vertigo lagi.

Di antara cara mencegah vertigo kambuh dengan minum air putih yang cukup, tidur cukup, menghindari stres, tidak mengubah posisi kepala secara mendadak, sering berolahraga yang tidak berat, dsb.

Cara Terbaik Mencegah Vertigo Sering Kambuh

Penyakit vertigo memang sangat merepotkan. Ketika vertigo kambuh, Anda harus beristirahat cukup sehingga kesehatan Anda bisa pulih kembali. Badan terasa lemas dan tidak nyaman bisa segera hilang.

 

Ketika vertigo menyerang, Anda akan kehilangan keseimbangan. Kondisi sekeliling seperti berputar dan Anda seperti akan ikut terbawa oleh putaran itu.

Dalam kondisi kepala sakit berat, Anda bisa terjatuh jika tidak segera duduk atau mendapatkan pegangan. Yang repot jika vertigo terjadi saat Anda dalam perjalanan dengan mengendarai motor atau mengemudikan mobil.

Cara mengatasi vertigo terbaik adalah Anda berusaha mencegah vertigo agar tidak sering kambuh. Syukur nantinya Anda juga bisa menghentikan sensasi vertigo sehingga Anda dapat hidup dengan nyaman.

penanganan vertigo di rumah

mencegah vertigo sering kambuh (foto:merdeka.com)

10 Cara Penanganan Penyakit Vertigo di Rumah

 

 

Berikut ini 10 cara penanganan vertigo di rumah secara mandiri. Ya, mungkin awalnya sering bingung apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukan terapi vertigo supaya vertigo tidak sering kambuh. Atau saat kambuh cepat berhenti.

Penanganan vertigo di rumah secara mandiri antara lain:

1. Segera duduk ketika vertigo menyerang.

Jika penyakit vertigo kambuh, maka sebaiknya Anda segera duduk dan / atau berpegangan sesuatu. Demikian pula ketika Anda dalam perjalanan, segera cari pegangan sehingga Anda tidak terjatuh. Sebab, saat vertigo kambuh, penderita kehilangan keseimbangan.

Yang merepotkan adalah vertigo bisa kambuh kapan saja. Siang, malam, pagi, sore, petang dan vertigo bisa kambuh saat Anda berada di mana saja. Ketika dalam perjalanan, mengendarai motor atau nyetir mobil.

2. Hindari menggerakkan atau menggelengkan kepala dengan cepat.

Gerakan kepala dengan cepat harus Anda hindari karena cara itu bisa memicu terjadinya vertigo. Jadi, hati-hati saat menggerakkan atau menggelengkan kepala.

3. Hati-hati ketika kepala akan mendongak.

Jangan mendongak seperti halnya orang sehat. Ingin melihat ke atas karena ada sesuatu yang penting, langsung saja mendongak ke atas. Itu adalah cara mendongak orang sehat. Cara itu justru bisa menjadi penyebab vertigo kambuh. Jika ingin mendongak, lakukan perlahan-lahan.

4. Nyalakan lampu saat tidur malam

Ketika sedang tidur malam, lampu kamar sebaiknya tidak terlalu terang. Hindari tidur miring dengan posisi bagian kepala yang sering mengalami vertigo berada di bawah.

Saat tidur, gunakan dua bantal biar posisi kepala lebih tinggi dari badan. Tetapi, bantal jangan terlalu tinggi.
Ketika bangun jangan bangkit terlalu cepat. Tetapi usahakan perlahan-lahan.

Sebelum turun dari tempat tidur, sebaiknya berhenti sejenak dengan duduk di tempat tidur. Lalu, secara perlahan turun dari tempat tidur.

5. Jaga kesehatan telinga.

Ini sangat penting karena syaraf telinga berhubungan dengan syaraf-syaraf di kepala. Anda sebaiknya membersihkan telinga minimal 2 kali dalam sepekan.

Tujuannya supaya bakteri tidak bersarang di dalam telinga. Menjaga kesehatan telinga juga bisa menghindarkan Anda dari bahaya vertigo akut. Hanya saja, Anda perlu hati-hati supaya cara Anda membersihkan telinga tidak membahayakan kesehatan telinga.

6. Perbanyak minum air putih.

Setidaknya Anda perlu minum air putih sebanyak 6 – 8 gelas per hari sehingga Anda bisa terhindar dari dehidrasi (kurang minum). Dehidrasi justru bisa menyebabkan vertigo kambuh.

7. Hindari konsumsi makanan yang bisa menyebabkan vertigo kambuh.

Ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari karena bisa menyebabkan vertigo sering kambuh. Antara lain makanan dengan tinggi kolesterol, makanan tinggi garam, makanan tinggi gula atau terlalu manis, kacang-kacangan atau biji-bijian, dsb. Selengkapnya baca 11 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh.

8. Hindari olahraga yang memerlukan gerakan cepat.

Olahraga berat yang seharusnya dihindari oleh penderita vertigo, antara lain lari, bola voli, sepak bola, renang, bersepeda, dsb. Ini bisa menyebabkan vertigo kambuh karena olahraga itu membutuhkan banyak gerakan.

9. Latihan menggerakkan kepala, sendi dan bola mata.

Layihan menggerakkan kepala secara perlahan, menggerakkan sendi dan menggerakkan bola mata adalah terapi fisik yang sangat baik bagi penderita vertigo. Atau melakukan yoga biar Anda bisa menjaga keseimbangan tubuh.

Gerakan bola mata ke kanan dan ke kiri juga bisa membuat keseimbangan tubuh terjaga sehingga tidak membuat vertigo mudah kambuh. Cara ini bisa membuat syaraf di kepala selalu aktif sehingga tidak kehilangan kesadaran saat terserang vertigo.

10. Selalu sarapan pagi.

Sarapan pagi sangat penting untuk memberi nutrisi dan asupan energi untuk menjalani berbagai aktivitas saat bekerja. Tanpa sarapan pagi, seseorang bisa cepat merasa lelah dan berisiko munculnya penyakit seperti vertigo. Demikian pula makan siang dan makan malam, perlu Anda lakukan tepat waktu.

Penutup

Demikian artikel mengenai penanganan vertigo di rumah. Maksudnya, bagaimana Anda bisa menangani vertigo secara mandiri tanpa harus periksa doker atau harus mengonsumsi obat. Cari cara penanganan vertigo secara alami yang aman dari efek samping. Sebab, penyakit vertigo bisa berlangsung sangat lama.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua. Bagikan artikel ini kepada teman dan relasi biar mereka juga selalu sehat tanpa dihantui vertigo.