Penderita Tipes Boleh Mandi atau Tidak – Yang Penting Banyak Istirahat

Berita 0 Comments

PENDERITA tipes boleh mandi atau tidak? Sebenarnya tidak ada larangan untuk mandi bagi penderita tipes. Entah dari mana informasi itu sehingga menyebar luas dalam masyarakat.

Yang benar, penderita tipes jangan banyak gerak. Tujuannya supaya bakteri penyebab sakit tipes bisa segera menghilang sehingga penderita cepat sembuh.

Jadi, yang harus dilakukan penderita agar sakitnya cepat sembuh jangan banyak bergerak. Mereka harus lebih banyak istirahat atau istirahat total.

Jika penderita tipes banyak gerak, maka bakteri penyebab tipes terus berkembang biak. Selain itu, suhu tubuh juga terus dalam kondisi tinggi.

Munkin sebagian orang menganggap tidak boleh gerak itu termasuk tidak boleh mandi. Sebab, orang mandi juga banyak gerak. Dan, banyak gerak juga menyebabkan suhu tubuh penderita meningkat.

Ada 3 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Supaya Sakit Cepat Sembuh

Penderita Tipes Boleh Mandi atau Tidak

Menurut dr Dante Saksono H SpPD, PhD, dokter RSCM Jakarta, ada tiga cara untuk menyembuhkan penderita tipes, yakni:

1. Mengonsumsi antibiotik yang tepat

2. Banyak istirahat di tempat tidur

3. Rajin mengonsumsi air putih.

Penderita harus istirahat total dan tidak banyak gerak supaya panas badan cepat turun. Sebaliknya, jika penderita banyak gerak, maka suhu badan akan naik dan kuman tipes terus berkembang biak masuk ke dalam darah.

Selain itu, usus halus penderita sedang dalam kondisi radang akibat infeksi bakteri Salmonella typhi. Di dalam usus inilah bakteri tipes berkembang biak.

Penderita tidak boleh banyak gerak supaya ususnya yang sedang ringkih akibat luka bisa kembali baik sekaligus mencegah bakteri berkembang biak. Dengan cara ini, penyakit tipes bisa segera disembuhkan.

Selain rajin menjalani 3 hal di atas, penderita sakit tipes sebaiknya tidak mengonsumsi sayur berserat tinggi. Sebab, makanan berserat tinggi sulit dicerna oleh pencernaan. Pilih saja makanan terbaik yang bisa mempercepat penyembuhan sakit tipes.

Padahal, usus penderita sedang luka akibat infeksi tipes. Jika Anda selalu mengonsumsi makanan berserat, ya sakitnya tidak segera sembuh. Maka, hindari juga makanan larangan.

Sayuran yang mengandung banyak serat antara lain selada, lobak, wortel mentah, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, brokoli, dan kacang panjang.

Buah yang banyak serang antara lain buah jeruk, apel, pisang, pir, mangga, persik, sukun, beri, dan buah ara.

Proses Terjadinya Penyakit Tipes

Anda sebaiknya mengenali proses terjadinya sakit tipes sehingga bisa segera mengatasi jika ada gejala yang menunjukkan terjadinya penyakit ini.

Tipes hakikatnya merupakan penyakit radang pada usus akibat infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyebaran atau penularan penyakit tipes melalui mulut, menyebar ke lambung dan masuk ke usus halus.
Di dalam usus halus inilah bakteri berkembang biak.

Adapun prosesnya adalah:

Minggu pertama: kuman tifus baru bisa dilihat dari fases.

Minggu kedua: kuman tifus bisa dilihat melalui darah. Kuman di usus memang sudah masuk ke pembuluh darah.

Minggu ketiga: diagnosis dapat dilihat positif di urin.

Gejala sakit tipes yang muncul adalah badan panas atau demam selama beberapa hari, sakit di perut bagian kiri, lidah bagian tengah warna putih tapi pinggirnya merah, dan ada perubahan pola buang air besar (BAB).

Dari uraian di atas, intinya penderita tipes ingin mandi tidak masalah. Anda juga boleh tidak mandi dengan tujuan tidak banyak gerak dan penyakit tipes segera sembuh.

Tetapi kalau tidak mandi merasa tidak nyaman dan badan bau, penderita ingin mandi juga tidak masalah. Tidak ada larangan bagi penderita tipes untuk mandi.

Tetapi ketika ingin mandi, Anda sebaiknya menggunakan air hangat apabila tubuh terasa dingin. Ya, tubuh Anda perlu penyesuaian dengan suhu di mana Anda berada.

Semoga artikel mengenai penderita tipes boleh mandi atau tidak bisa bermanfaat untuk Anda. Yang penting bagaimana mempercepat penyembuhan sakit tipes sehingga Anda atau anak Anda bisa segera kembali sehat. Sehat itu nyaman.

!-- Ads 300x250 -->