Pengusaha Kaya Jusuf Hamka Ingin Bangun 1.000 Masjid

Berita ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

RASANYA bangga dan gembira ada bos jalan tol yang membeli tanah luas untuk pendidikan Islam. Pengusaha kaya raya itu bernama Jusuf Hamka. Tidak salah, dia adalah keluarga (anak angkat) dari tokoh Islam di Indonesia Prof Hamka (almarhum).

Tanah yang dibelinya itu terletak di area Tol Krukut, Depok, Jawa Barat. Tidak dijelaskan dibeli dengan harga berapa tanah yang dia informasikan lewat instagramnya, Senin, 17 Agustus 2020.

Tanah yang sudah dibelinya itu akan dijadikan bangunan untuk mengharumkan nama Islam. Jusuf Hamka mengaku akan membangun tempat untuk Manasik Haji dan beberapa miniatur masjid dunia.

Jusuf Hamka: Akan Dibangun Miniatur-Miniatur Masjid Dunia

jusuf hamka

Jusuf Hamka menandatangani piagam ikrar putrinya sebagai pemeluk agama Islam (foto:idtoday.co)

Kata dia, “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Sahabat-sahabat warga Depok, warga Krukut, warga Sawangan dan sekitarnya.

“Saya ingin menyampaikan bahwa hari ini saya di depan jalan tol Krukut dan saya baru mengambil tanah ini di daerah Krukut,” ungkapnya melalui sebuah video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Senin 17/8/2020.

Jusuf Hamka memberitahukan bahwa tanah yang dibelinya itu akan digunakan untuk mengharumkan nama Islam.

“Insyallah tanah seluas 1,3 ha tersebut akan saya manfaatkan untuk mengharumkan nama Islam. Di antaranya saya akan bangun untuk tempat Manasik Haji dan Miniatur Masjid-Masjid Dunia,.”

Pengusaha Kaya Jusuf Membantu Pendidikan Islam

Selain itu, Jusuf berharap tempat ini akan membantu para generasi muda untuk lebih mengenal lagi tentang pendidikan Islam. Mulai dari sejarah hingga perjalanan ritual yang wajib dilakukan di Tanah Suci, yakni haji dan umrah.

“Semoga nantinya tempat ini akan membantu adik-adik dan anak-anak kita untuk belajar mengenai sejarah Haji dan perjalanan ritual apa saja yang wajib dilakukan di Tanah Suci,” sambungnya.

Menurut dia, jika bangunan yang dirancangnya itu sudah jadi dan sudah operasional, maka tempat itu tidak hanya diperuntukkan bagi orang Muslim dan Muslimah saja.

Bagi orang yang bukan pemeluk agama Islam juga diperbolehkan datang ke tempat tersebut.

“Dan teman-teman yang ingin ikut hadir di sini walaupun bukan Muslim, kami persilakan,” tambahnya.

Mohon Doa Restu

Pada akhirnya informasinya, Jusuf Hamka berharap pembangunan di atas tanah baru di Depok itu bisa berjalan lancar.

Oleh karena itu, Jusuf Hamka tak lupa memohon restu kepada masyarakat luas agar apa yang dirancangnya demi kemajuan Islam di Indonesia itu berjalan lancar.

“Mohon doa restunya. Semoga Allah SWT senantiasa melancarkan pembangunan tempat ini. Amin YRA,” sambungnya.

Pengusaha Jusuf Hamka Menjual Nasi Kuning Murah

Meskipun dikenal sukses sebagai pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka tidak menutup diri. Sebaliknya, dia dikenal sebagai pribadi yang dermawan.

Jusuf kerap bersedekah dengan menjual nasi kuning murah seharga Rp 3.000 hingga gratis. Sedekah dia tujukan pada kaum fakir miskin dan dhuafa.

“Kalau pernah ditolong, ya harus mau menolong orang lain,” itu filosofi Jusuf Hamka.

Bahkan, dia menyerahkan sendiri sedekahnya itu kepada mereka yang berhak. Terkadang juga disertai anak-anaknya, Fitria Yusuf dan Feisal Hamka.

Anaknya juga tidak canggung untuk membagikan nasi sedekah kepada fakir miskin.

Jusuf Hamka Ingin Membangun 1.000 Masjid

Ketua Organisasi Muslim Tionghoa ini berencana membangun 1.000 masjid di berbagai tempat. Bahkan dia juga telah membangun masjid di bawah jembatan tol Sunter, Jakarta Utara.

Masjid-masjid yang dibangunnya ada ciri khusus dengan sebagian menggunakan arsitektur Tionghoa, termasuk warna cat masjid.

Jusuf Hamka mengaku masjid-masjid yang dibangunnya menggabungkan dua budaya. Yakni budaya Islam dan Tionghoa.

Baca Juga:

Kok tidak ada dari budaya Indonesia, bos? Ya, ini sekadar usul bos. Biar lebih lengkap, memadukan budaya Indonesia, Arab dan Tionghoa. Gitu maksud gue, bos.

Demikian sekelumit tentang rencana pengusaha kaya Jusuf Hamka mengenai cita-cita luhurnya untuk kemajuan umat Islam Indonesia. Semoga semua rencana bisa terwujud.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *