Penyakit Meniere, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sakit Kepala 0 Comments

SALAH satu penyebab terjadinya vertigo adalah penyakit meniere. Yakni, penyakit kronis yang terjadi pada bagian dalam telinga dan bisa menyebabkan vertigo.

Sebagian penderita sakit meniere merasa ada dengungan dalam telinga, sebagian lainnya menderita tuli (kehilangan pendengaran). Ada juga yang menderita penyakit vertigo.

Gangguan meniere ini hanya mengenai satu telinga, baik telinga kiri atau telinga kanan.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin menderita vertigo, ya sebaiknya menjaga agar telinga selalu sehat. Tidak menderita gangguan apa pun yang akhirnya bisa menyebabkan cacat permanen dan menderita penyakit vertigo.

9 Cara Mencegah Penyakit Meniere

Penyakit meniere bisa menimpa siapa saja. Tetapi, umumnya penderita adalah mereka yang berusia antara 20 tahun sampai 50 tahun. Ya, hati-hati Anda yang berusia rentang 20 – 50 tahun. Jangan sampai terjadi gangguan telinga dalam yang bisa menyebabkan vertigo.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah terjadinya sakit meniere? Apakah yang harus dilakukan supaya kita tidak dihinggapi penyakit meniere atau gangguan telinga bagian dalam?

Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit meniere. Atau mencegah penyakit ini sering kambuh sehingga tidak terjadi vertigo.

penyakit meniere

Selain minum obat sesuai dengan saran dokter (jika Anda periksa dokter), maka Anda bisa mencegah terjadinya penyakit meniere dengan melakukan tindakan sebagai berikut:

1. Membatasi atau menghindari konsumsi garam (diet garam). Maksimal 1 sendok teh per hari atau 2400 mg.

2. Membatasi atau menghindari konsumsi kafein, baik kafein dalam minuman kopi, minuman teh atau lainnya,

3. Membatasi atau menghindari konsumsi cokelat

4. Membatasi atau menghindari konsumsi alkohol

5. Membatasi atau menghindari konsumsi MSG (monosodium glutamat) atau penyedap masakana.

6. Minum air putih 6 – 8 gelas tiap hari.

7. Berhenti merokok dan menghindari alergen. Nikotin dalam rokok dan alergi (makanan yang menyebabkan alergi) bisa menyebabkan gejala sakit meniere makin buruk.

8. Selalu menjaga kebugaran tubuh dan ketenangan pikiran dengan senam seperti senam yoga dan meditasi serta lainnya.

9. Selalu mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang tidak penyebabkan terjadinya sakit meniere atau menyebabkan terjadi penyakit vertigo.

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk mengobati dan/atau mencegah terjadinya sakit meniere. Obat herbal dari jahe banyak digunakan di banyak negara di dunia. Lainnya yang juga banyak digunakan di dunia adalah vinpocetine, valerian, dan ginko biloba.

Penyebab Terjadinya Penyakit Meniere

Penyebab pasti dari sakit meniere hingga sekarang belum diketahui. Hanya saja, penyakit vertigo terjadi berkaitan dengan gangguan pada telinga bagian dalam.

Penyebab terjadinya gangguan meniere yang paling umum adalah mengonsumsi banyak garam, mengonsumsi banyak minuman tinggi kafein, nikotin (merokok) dan stres.

Konsumsi rendah garam bisa dilakukan bertahap. Masakan diberi garam tetapi sedikit saja. Hati-hati dengan makanan kaleng yang menggunakan banyak garam (natrium). Di sini Anda bisa melakukan diet dash.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya sakit meniere. Artinya, jika Anda punya berbagai masalah kesehatan berikut ini, maka ada kemungkinan bisa terkena meniere.

Penyebab lain terjadinya penyakit meniere adalah:

  • Aliran cairan dalam telinga Anda buruk
  • Ada gangguan pada daya tahan tubuh.
  • Pernah terkena penyakit migrain
  • Adanya infeksi virus seperti meningitis.
  • Adanya alergi
  • Pernah mengalami cedera kepala
  • Ada keluarga yang pernah sakit meniere
  • Sering merokok dan mengonsumsi minuman alkohol

Untuk menghindari terjadinya penyakit meniere, Anda harus selalu menjaga kesehatan telinga dari berbagai gangguan. Selalu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari berbagai faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit meniere.

Gejala Penyakit Meniere

Apa saja gejala atau tanda terjadinya penyakit meniere?

Ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai berkaitan dengan terjadinya penyakit meniere, yaitu:

1. Vertigo sering kambuh yang ditandai dengan penderita mengalami kepala pusing berputar yang muncul dan menghilang secara mendadak. Kondisi ini bisa terjadi selama 20 menit atau beberapa jam.

2. Tinnitus atau telinga berdenging.

3. Adanya tekanan pada telinga. Dalam hal ini, Anda akan merasakan telinga penuh.

4. Penderita kehilangan pendengaran atau tuli. Mula-mula pendengaran timbul tenggelam. Terkadang pendengaran bisa mendengar dengan baik dan kadang penderita tidak mendengar sesuatu dengan jelas.

Penutup

Jaga kesehatan telinga supaya tidak terjadi penyakit meniere yang akhirnya membuat Anda kena vertigo. Sebab, jika Anda kena penyakit vertigo, maka Anda akan sering mengalami sakit kepala dengan sensasi keadaan sekeliling berputar cepat.

Ini terkadang membuat tubuh sakit dan dan ketahanan tubuh menurun. Terpaksa Anda harus beristirahat cukup lama selama vertigo sering kambuh. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga Anda sehat selalu.

!-- Ads 300x250 -->