Penyakit Tipes – Penularan, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Berita 0 Comments

BAGAIMANA cara penularan penyakit tipes? Hal ini perlu diwaspadai supaya Anda atau anak Anda tidak terkena penyakit tipes.

Tipes adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Banyak aktivitas bisa menjadi cara penularan penyakit tipes.

Berikut ini beberapa cara yang sering menjadi media penularan penyakit tipes, yaitu:

1. Minum air yang kotor, air mentah dan air yang telah terjangkiti bakteri penyakit tipes (Salmonella typhi).

2. Mengonsumsi makanan mentah atau dimasak tetapi kurang matang. Misalnya daging steak rare/medium rare, sushi dan sashimi, seafood setengah matang, dan telur setengah matang.

3. Menggunakan air yang terkontaminasi bakteri tipes. Misalnya air yang sudah digunakan mencuci bahan makanan, peralatan masak, dsb.

Tentu saja, orang awam tidak bisa dan tidak mudah mengenali bakteri penyebab tipes. Yang penting mereka harus menggunakan air minum yang bersih dan matang. Atau mengonsumsi makanan yang dimasak dengan sempurna.

Bukan dimasak setengah matang. Ini yang harus diperhatikan biar Anda tetap sehat. Tidak terkena penyakit tipes.

penyakir tipes
seorang anak kena tipes (foto:rumahjerawat.blogspot.com)

Gejala dan Penularan Tipes Ditandai dengan Radang

Sebagian penularan tipes adalah melalui konsumsi makanan minuman. Jadi, bakteri penyakit ini ( Salmonella typhi) menular melalui mulut. Selanjutnya masuk ke saluran pencernaan dan terserap ke dalam aliran darah.

Dari dalam darah, bakteri menuju ke hati, limpa, dan sumsum tulang belakang. Setelah berkembang biak, bakteri kembali memasuki aliran darah. Bakteri yang telah berkembang biak kembali ke pencernaan.

Mengetahui hal itu, sistem imun segera melawan bakteri tipes hingga muncullah peradangan pada tubuh Anda. Ini ditandai dengan adanya berbagai gejala penyakit tipes, antara lain:

  • Badan demam
  • Ada bintik-bintik merah di dada
  • Merasa sakit atau kram perut
  • Diare atau sembelit
  • Terkadang terjadi mual dan muntah

Hati-hati, Anda Bisa Tertular Tipes

Hati-hati dengan penderita tipes. Sebab, tipes menular. Artinya, tipes merupakan penyakit menular. Bisa menular ke orang-orang di dekat penderita tipes.

Supaya tidak menulari orang lain, maka sakit tipes harus segera diobati. Dengan pengobatan yang baik, risiko orang lain akan tertulari penyakit tipes bisa dihindari.

Tentu saja, cara penularannya tidak sama. Maka supaya Anda tidak tertulari tipes dari orang lain, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Antara lain:

1. Jangan makan makanan yang telah disentuh oleh penderita sakit tipes. Demikian pula dengan minuman. Bila disentuh penderita, juga bisa menularkan tipes. Terutama pasien yang habis dari toilet tidak cuci tangan lalu memegang makanan.

2. Jangan menyentuh toilet yang telah terkontaminasi oleh feses (tinja) pengidap tipes. Jika menyentuh, Anda harus cuci tangan sampai bersih.

Jika tidak cuci tangan dan selanjutnya tangan Anda menyentuh mulut atau memasukkan sesuatu ke mulut, maka bakteri tipes telah masuk ke mulut Anda.

Cara terbaik dan teraman, dari mana pun dan dalam kondisi apa pun, Anda selalu cuci tangan. Dari bepergian, cuci tangan. Mau makan sesuatu, cuci tangan. Syukur cuci tangan dengan obat pencuci tangan. Ya, ini sangat penting supaya Anda tidak tertular atau kemasukan bakteri tipes.

Bahkan, tipes juga bisa menular jika pasangan cinta Anda menderira sakit tipes.

9 Cara Mencegah Penyakit Tipes

Pertanyaannya sekarang, bagaimana supaya kita bisa terhindar dari sakit tipes? Artinya, kita tidak mudah tertulari sakit tipes dari orang lain?

Penyebaran tifus bisa terjadi kapan saja. Tetapi paling banyak terjadi di musim kemarau. Cuaca panas menyebabkan bakteri tipes mudah berkembang biak.

Cara mencegah tipes yang perlu Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan diri dan kebersihan makanan kita.

Cara lain yang perlu Anda lakukan biar tidak terkena penyakit tipes adalah:

1. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan pakai air bersih dan sabun.

2. Selalu mencuci tangan sesudah dari toilet.

3. Jangan minum air yang tidak diketahui sehat tidaknya. Selalu pilih minuman dari air kemasan atau air matang.

4. Selalu mencuci buah dan sayuran pakai air matang (masak).

5. Jangan mendatangi daerah rawan atau tinggi kasus tipes

6. Ketika bepergian, jangan mengonsumsi buah yang sudah dikupas kulitnya.

7. Apabila membeli minuman di pinggir jalan, sebaiknya tidak ditambahkan es batu.

8. Simpan makanan yang mudah basi di lemari es (kulkas).

9. Sedapat mungkin hindari mengonsumsi makanan siap saji.

Demikian artikel mengenai penyakit tipes, cara penularannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->