Penyakit Vertigo Apa Obatnya? Ada 5 Cara Mengatasi Bisa Anda Lakukan

Sakit Kepala 0 Comments

PENYAKIT vertigo sangat merepotkan. Ketika vertigo kambuh, orang harus menghentikan aktivitasnya. Apalagi terjadinya vertigo mendadak. Yang merepotkan, vertigo bisa kambuh kapan saja dan di mana saja.

Pertanyaannya, penyakit vertigo apa obatnya?

Ya, cara mengobati vertigo sangat penting supaya vertigo bisa disembuhkan dan tidak kambuh lagi. Atau kalau kambuh, ya tidak terlalu sering. Syukur Anda bisa mengantisipasinya sehingga bisa mencegah terjadinya vertigo kambuh.

Kondisi Tubuh Saat Terjadi Vertigo

Vertigo sesungguhnya bukan penyakit, tetapi suatu gejala tentang adanya penyakit tertentu. Hanya saja, karena vertigo adalah suatu kondisi di mana orang dalam keadaan tidak sehat, maka awam sering menyebutnya sebagai penyakit vertigo.

Ketika vertigo menyerang, penderita merasakan kondisi keliling berputar atau melayang. Dalam kondisi seperti itu, penderita kehilangan keseimbangan.

Dia tidak bisa berdiri tegak jika saat vertigo muncul dia sedang berdiri. Jika tidak segera berpegangan pada sesuatu, dia bisa terjatuh.

Demikian pula ketika terjadi vertigo dia sedang mengemudikan kendaraan atau sedang duduk. Penderita harus segera menghentikan kendaraannya dan istirahat seraya minum air putih.

Ya, kondisinya mirip orang akan pingsan di mana kesadarannya mulai menurun. Keseimbangan tubuh drop dan segera terjatuh.

penyakit vertigo apa obatnya

Minuman jahe, cara mengobati vertigo (foto:vemale.com)

Penyakit Vertigo Apa Obatnya agar Tidak Sering Kambuh

Jika Anda sudah kena vertigo, apa obatnya? Bagaimana cara mencegah terjadinya vertigo?

Vertigo sesungguhnya terdiri dari beberapa jenis. Maka, sebelum menentukan bagaimana pengobatannya, dokter yang memeriksa Anda akan mengetahui lebih dulu penyebab vertigo yang Anda derita, seberapa berat vertigo yang Anda alami, apa obat yang sudah Anda konsumsi, dsb.

Tujuannya untuk bisa menentukan pengobatan yang tepat sehingga vertigo Anda bisa teratasi. Itu pun tidak bisa dilakukan sekali saja. Tetapi, Anda harus melakukan kontrol atau periksa beberapa kali untuk mengetahui perkembangannya dan ketepatan pengobatannya.

Tetapi, jika penyakit vertigo yang Anda derita belum tergolong berat, Anda bisa mengambil tindakan pengobatan sendiri di rumah.

Atau sudah minum obat dari dokter, tetapi untuk mempercepat penyembuhan, adakalanya penderita juga melakukan cara mengobati vertigo secara alami. Misalnya dengan mengonsumsi rempah-rempah atau bumbu dapur yang sering digunakan Bunda untuk memasak.

Berikut ini cara-cara praktis untuk mengatasi vertigo saat kambuh. Penyakit vertigo apa obatnya?

1. Cara Mengatasi Vertigo Saat Kambuh

Ketika penyakit vertigo kambuh, Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini:

  • Sebaiknya Anda segera duduk selama vertigo kambuh sehingga tidak akan terjatuh.
  • Anda sebaiknya berbaring sejenak di ruangan yang tenang. Bahkan, juga bisa di ruangan yang gelap sehingga sensasi kepala pusing berputar bisa berhenti.
  • Jika vertigo kambuh saat Anda sedang berbaring, maka segera duduk dan tidak menggerakkan tubuh.
  • Ketika vertigo belum hilang benar, Anda sebaiknya tidak menonton TV, menggunakan komputer atau laptop, atau menyalakan lampu yang terlalu terang.

2. Mengobati Vertigo secara Alami dengan Ketumbar

Semua ibu rumah tangga, lebih-lebih yang biasa memasak, tentu tahu apa itu bumbu dapur ketumbar. Selain untuk bumbu memasak, ternyata ketumbar juga berkhasiat untuk mengobati vertigo.

Ketumbar bisa melawan infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan terjadinya vertigo. Dengan kandungan zat besi, ketumbar juga bisa menambah dan melancarkan peredaran darah yang bisa mengurangi risiko kena vertigo.

3. Cara Menyembuhkan Vertigo dengan Jahe

Jahe bisa digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, sudah dikenal sejak lama. Konsumsi jahe bisa mengatasi mual, muntah-muntah, pusing, dsb.

Jahe juga bisa melancarkan peredaran darah ke otak dan organ lain yang membutuhkan. Anda juga bisa menggunakan ramuan jahe untuk penyakit vertigo akibat infeksi virus atau bakteri.

Cara mengonsumsinya, Anda bisa menggunakan bubuk jahe yang bisa Anda beli. Atau Anda membuat ramuan sendiri. Anda bisa menambahkan sedikit daun mint untuk menghilangkan rasa mual.

Atau membeli minuman jahe di warung yang menjual minuman jahe. Selain rasa segar, sedikit pedas, hangat, minuman jahe sekaligus bisa mengatasi penyakit vertigo.

4. Cara Mengatasi Vertigo Menggunakan Lada Merah

Penyakit vertigo apa obatnya? Ya, cara mengatasi vertigo lainnya adalah dengan mengonsumsi lada merah. Tanaman obat ini sekarang juga menjadi populer di kalangan pencinta gaya hidup sehat, termasuk untuk mengatasi vertigo.

Lada yang kini banyak dijual dalam bentuk bubuk kaya dengan kandungan capsaicin. Konsumsi lada mampu menyeimbangkan keping darah (trombosit), melancarkan aliran darah menuju otak dan telinga bagian dalam.

Selain itu, juga mampu meringankan sakit kepala yang terjadi saat vertigo kambuh.

5. Cara Menyembuhkan Vertigo dengan Daun Selasih

Pernah tahu daun selasih atau basil? Daun selasih mirip daun kemangi. Sama dengan daun kemangi, daun selasih juga sering digunakan sebagai penyedap masakan (makanan).

Tetapi, daun selasih juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit vertigo. Daun selasih mengandung zat antibakteri dan antiradang. Mengonsumsi daun selasih akan membantu mengendalikan timbulnya gejala vertigo.

Di samping itu, daun selasih juga bisa mengurangi sensasi kepala berputar-putar sekaligus menjaga kesehatan pembuluh darah Anda.

Penutup

Demikian informasi mengenai Penyakit Vertigo Apa Obatnya. Jika vertigo kambuh, Anda bisa melakukan beberapa cara mengobati vertigo secara alami.

Jika vertigo cepat diatasi, maka penyakit kepala berputar ini tidak akan berkembang ke arah yang berat. Sebab, ketika sudah pada tahapan yang berat, pengobatannya tentu tidak ringan. Bisa jadi, Anda perlu operasi.

Maka, untuk mencegah vertigo kambuh, ya Anda harus mencegah penyebab vertigo kambuh.

!-- Ads 300x250 -->