8 Penyebab Ambeien dan 6 Cara Mengatasinya

Berita ratnasilvi 0 Comments

PENYEBAB ambeien dan cara mengatasinya. Menderita ambeien atau wasir, rasanya sangat tersiksa. Ketika buang air besar, rasa sakitnya tidak tertahankan. Apalagi disertai keluar darah.

Tidak hanya saat BAB. Ketika duduk di kursi pun tidak nyaman. Apalagi saat anus menyentuh tempat duduk. Uh, rasanya sangat sangat sakit.

Lalu, apa penyebab ambeien dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyakit ambeien (wasir, hemorrhoid) terjadi saat pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Wasir bisa muncul di dalam rektum, yakni saluran yang menghubungkan usus besar dan anus.

Penyakit ambeien atau wasir umumnya terjadi akibat terlalu lama mengejan ketika kesulitan buang air besar (BAB).

Maka, hati-hati ketika BAB. Jika BAB mengalami kesulitan, jangan dipaksa dengan mengejan. Tetapi, usahakan dengan cara lain yang tidak membuat Anda terkena ambeien.

Baca – 5 Menu Makanan yang Baik untuk Penderita Ambeien

Anda juga perlu tahu penyebab ambeien dan cara mengatasinya. Agar tidak terkena ambeien, Anda harus menghindari penyebab ambeien.

penyebab ambeien
(foto:liputan6.com)

Jika Anda sudah menderita ambeien, maka ketahui bahwa Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah. Cara mengatasi ambeien mudah dan murah.

8 Penyebab Ambeien dan Cara Mengatasi

Apa saja penyebab ambeien atau wasir? Jika Anda sudah tahu penyebab sakit ambeien, maka Anda dengan mudah bisa menghindari ambeien / wasir.

Penyebab ambeien antara lain:

1.Sering Mengejan Ketika BAB

Sulitnya buang air besar (BAB) karena fases mengeras akibat sembelit. Umumnya saat kesulitan buang besar, orang lalu mengejan dengan harapan BAB bisa berjalan lancar.

Baca – 6 Cara Menyembuhkan Penyakit Ambeien dan Wasir

Tetapi, tekanan ekstra saat mengejan justru memicu terjadinya pembengkakan pembuluh darah di anus. Inilah salah satu penyebab ambeien atau wasir.

Saat Anda mengalami kesulitan buang air besar, sebaiknya tidak memaksakan diri dengan mengejan. Tetapi, mencari solusi lain yang tepat.

2. Duduk Terlalu Lama Penyebab Ambeien

Bagi pekerja kantor yang selalu duduk saat bekerja, Anda perlu hati-hati. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan sembelit. Bahkan lebih berat lagi, yakni sering duduk terlalu lama bisa menyebabkan sembelit kronis.

Selain itu, duduk terlalu lama bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan bisa menekan dinding pembuluh darah. Bahkan dari waktu ke waktu, pembuluh darah makin membesar dan terjadilah ambeien atau wasir.

3. Sering Mengangkat Benda Berat.

Anda yang sering mengangkat benda berat juga bisa kena penyakit ambeien / wasir. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan tekanan di bagian rektum. Pada gilirinnya, hal itu memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

4. Usia Tua / Lanjut

Usia lanjut juga bisa membuat seseorang menderita ambeien. Sebab, dengan bertambahnya usia, maka jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus kian melemah dan meregang. Bahkan rentan terjadi pembengkakan. Maka terjadilah wasir / ambeien.

5. Hamil

Kehamilan juga bisa menjadi penyebab ambeien. Maka, Bunda yang sedang hamil perlu hati-hati dengan kemungkinan menderita ambeien / wasir.

Baca – 5 Pantangan Makanan untuk Penderita Wasir

Dengan kehamilan yang bertambah besar, maka rahim Bunda juga ikut berkembang sejalan dengan perkembangan janin. Tekanan pada rahim ini pada gilirannya menekan pembuluh darah di usus besar. Lalu muncullah benjolan di daerah anus.

6. Menderita Diare

Diare juga bisa menjadi penyebab ambeien / wasir. Ini bisa terjadi ketika tekanan pada pembuluh darah anus meningkat. Lebih-lebih jika Anda mengejan sewaktu BAB atau frekuensi BAB meningkat.

7. Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Berat badan yang melebihi angka normal (obesitas) juga bisa menjadi penyebab ambeien. Sebab, obesitas (kegemukan) memberikan tekanan yang lebih besar pada area pinggul dan rektum.

Kondisi ini bisa melemahkan pembuluh darah dan otot di area tersebut. Efeknya bisa terjadi ambeien atau wasir.

8. Kurang Asupan Makanan Berserat

Makanan berserat, baik dari makanan atau buah, sangat penting untuk mencegah terjadinya ambeien / wasir. Ada banyak makanan dan buah mengandung serat tinggi yang bisa Anda konsmsi sehingga Anda bisa selalu sehat, bebas dari ambeien.

Baca – Ingin Selalu Sehat? Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Berbagai Cara Mengatasi Ambeien

Penyebab ambeien dan cara mengatasinya. Setelah mengetahui beberapa penyebab ambien, kini saatnya kita ketahui cara mengatasinya. Anda beberapa cara mengatasi ambeien yang bisa Anda lakukan. Caranya mudah dan murah.

A. Cara Mengatasi Ambeien secara Alami

Anda bisa mengatasi ambeien dengan cara alami, yaitu:

1.Mengonsumsi Makanan Berserat

Anda bisa mengatasi penyakit ambeien dengan mengonsumsi makanan berserat dalam jumlah yang cukup. Mengonsumsi makanan berserat penting karena serat mampu mengubah tinja menjadi lunak sehingga BAB lancar.

Makanan dengan serat tinggi antara lain biji-bijian atau gandum utuh, buah, sayur berdaun gelap dan kacang-kacangan.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak minum air putih bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi ambeien. Maka, supaya Anda terhindar dari kesulitan untuk buang air besar atau sembelit dan bebas ambeien / wasir, Anda perlu banyak minum air putih. Paling tidak tiap hari minum 2 liter (6 – 8 gelas) air putih.

Air putih akan membuat tinja lunak sehingga Anda terhindar dari ambeien. Sebaliknya, hindari minum minuman berkafein seperti minuman kopi dan minuman teh serta alkohol.

3. Membuat Anus Selalu Bersih

Usahakan selalu membersihkan kulit di sekitar anus. Tetapi, cara membersihkan jangan pakai sabun yang berbau harum. Melainkan gunakan handuk kecil yang lembap atau kapas basah. Menggunakan sabun harum bisa menyebabkan iritasi.

Baca – Cara Mudah Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami

4. Lakukan BAB dengan Segera

Jika Anda ingin BAB, segera lakukan. Jangan ditunda-tunda biar tidak terjadi sembelit atau bahkan ambeien. Penundaan BAB bisa menyebabkan tinja jadi keras dan kering. Akibatnya BAP menjadi sulit.
Selain itu, biasakan setiap hari BAB. Jangan sampai ada hari tanpa BAB. Biar tidak ada dorongan untuk BAB. Rasa ingin BAB akan muncul setelah Anda di kamar khusus untuk itu.

5. Lakukan Olahraga Teratur / Rutin

Rajin berolahraga juga bisa membuat pencernaan Anda sehat. Anda tiap hari selalu BAB dengan lancar. Lakukan olahraga minimal 30 menit tiap per hari selama minimal 4 hari dalam seminggu.

B. Cara Mengatasi Ambeien dengan Obat Alami / Herbal

Anda juga bisa mengatasi ambeien dengan menggunakan obat alami atau obat herbal. Obat alami, misalnya menggunakan bawang putih, kulit manggis, daun sirsak, lidah buaya, cocor bebek, daun ungu, bunga pagoda, dan akar kankung.

Tentu saja, Anda harus membuat sendiri ramuan obat alami untuk menyembuhkan penyakit ambeien atau wasir.

Jika Anda tidak ingin membuat obat alami sendiri, ya Anda bisa menggunakan obat herbal untuk mengatasi ambeien / wasir. Anda bisa mendapatkan di toko online. Tersedia banyak obat herbal untuk mengatasi sakit ambeien / wasir.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *