9 Penyebab Bau Mulut Akut dan Cara Mengatasinya – Mudah Murah

Bau Mulut 0 Comments

MENGETAHUI penyebab bau mulut sangat penting. Usaha menghilangkan bau mulut akan berjalan baik jika Anda juga menghindari penyebab bau mulut.

Kedua hal itu harus dilakukan bersamaan. Mengatasi bau mulut sekaligus menghindari penyebabnya. Jika tidak dilakukan bersamaan, hasilnya tidak efektif. Tidak bisa manjur. Tidak cepat mendapatkan hasil.

Ibarat orang menyapu sampah. Jika di belakang penyapu sampah ada warga yang membuang sampah sembarangan, ya tempat itu tidak bisa bersih. Kerja penyapu sampah akan sia-sia.

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Lantas, apa saja penyebab bau mulut akut yang harus Anda hindari?

Mengetahui penyebab bau mulut penting karena penyebab bau mulut tiap orang tidak sama. Tentu cara mengatasi bisa berbeda.

penyebab bau mulut

1. Kurang Minum Air Putih

Idealnya, Anda harus minum air putih 6 – 8 gelas per hari. Kurang dari itu, Anda akan mengalami dehidrasi (kurang minum). Maka, biarpun tidak merasa haus, Anda tetap harus minum.

Kurang minum bisa menyebabkan terjadinya banyak bakteri dalam mulut. Banyaknya bakteri membuat bau mulut tidak sedap.

Selain itu, kurang minum akan membuat produksi air liur (saliva) berkurang. Padahal, air liur sangat diperlukan untuk membersihkan bakteri dalam mulut.

Kurangnya air liur juga bisa menyebabnya banyak sel mati. Sel-sel yang mati akhirnya berubah menjadi bau tidak sedap dari mulut.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tiap hari menyiapkan sekitar 2 liter air putih untuk dihabiskan. Penyiapan itu rutin tiap hari sehingga bisa dijamin Anda tidak akan mengalami dehidrasi (kurang air minum).

Dengan cara itu, Anda akan memiliki bau mulut yang segar dan nyaman. Anda tidak lagi rendah diri di tengah pergaulan bersama teman atau siapa pun.

2. Sisa Makanan di Sela-sela Gigi

Tiap kali selesai makan, selalu ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Meskipun Anda sudah berkumur atau menyikat gigi, sering sebagian sisa makanan masih menempel di sela-sela gigi.

Anda perlu membersihkan secara khusus dengan benang gigi atau cara lain. Sisa makanan di sela gigi yang tidak dibersihkan bisa menjadi sumber bau mulut.

Sisa makanan yang tidak dibersihkan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri di dalam mulut. Bahkan, 85% bau mulut bersumber dari sisa makanan ini.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya juga melakukan pembersihan di sela-sela gigi dengan benang gigi. Anda bisa membeli benang gigi di swalayan. Harganya murah, tetapi manfaatnya besar untuk membasmi penyebab bau mulut akut.

Selain itu, Anda bisa melengkapi dengan obat kumur. Harga obat kumur juga tidak mahal.

3. Lidah Tidak Pernah Disikat

Selain bagian gigi, maka lidah juga perlu Anda bersihkan rutin. Mengapa? Karena lidah juga menjadi tempat bersarangnya banyak bakteri penyebab bau mulut.

Oleh karena itu, Anda harus sering membersihkan lidah biar tidak menebar bau tidak sedap. Kini, hampir semua produk sikat gigi dilengkapi sikat untuk lidah.

Posisi sikat lidah di bagian belakang atas. Tentu bentuknya beda dengan bentuk sikat gigi yang menggunakan bulu sikat gigi. Untuk sikat lidah hanya berbentuk bintik-bintik kecil dan jika diraba terasa agak kasar.

Ya, gunakan juga sikat lidah biar mulut Anda tidak menebarkan bau tidak sedap. Selain itu, Anda bisa menggunakan obat kumur sebagai pelengkap.

4. Mengonsumsi Makanan Berbau Tak Sedap

Penyebab bau mulut akut lainnya adalah Anda mengonsumsi makanan yang baunya menyengat dan tidak nyaman. Jika Anda mengonsumsi makanan seperti itu, ya nantinya bau mulut Anda tidak sedap. Muncul bau seperti bau makanan yang Anda konsumsi.

Makanan yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap, antara lain jengkol, petai, bawang putih, bawang merah, dsb.

Di balik bau yang kurang sedap, beberapa sayuran itu juga mengandung zat-zat yang bisa mengatasi banyak penyakit. Kini tinggal Anda bagaimana mengaturnya supaya terhindar dari hal-hal negatif dari makanan berbau tidak sedap.

5. Penyakit Gusi

Penyebab bau mulut lainnya adalah kondisi gusi yang tidak sehat atau sakit. Ada hubungan langsung antara radang gusi dan bau mulut. Bau tidak sedap di mulut merupakan hasil dari bakteri yang berada di dalam mulut.

Kesehatan gusi juga perlu Anda perhatikan. Kesehatan mulut tidak hanya menyangkut gigi, tetapi juga gusi.
Penyebab gusi berdarah antara lain penumpukan plak di garis gusi, menyikat gigi terlalu keras, perubahan hormon saat hamil, ada infeksi, terkena leukemia, dsb.

Intinya, Anda juga perlu memelihara kesehatan gusi. Antara lain dengan menyikat gigi rutin dengan bulu sikat yang lembut, flossing gigi dua kali sehari biar tidak ada plak, diet seimbang, dsb.

Penutup

Menghindari penyebab bau mulut adalah cara efektif untuk membuat mulut Anda tidak berbau. Cara menghindari penyebab bau mulut tidak sulit. Anda bisa melakukan sendiri cara itu dengan mudah. Hanya saja, kebanyakan dari kita mengabaikan atau kurang peduli dengan kesehatan mulut.