14 Penyebab Gigi Berlubang dan 6 Cara Mengatasinya

Herbal, Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments

ANDA punya gigi berlubang? Apa penyebab gigi berlubang? Jika Anda tidak punya gigi berlubang, itu sangat baik. Itu berarti gigi Anda sehat.

Tetapi, Anda harus selalu merawat gigi agar selalu sehat. Tanpa perawatan yang baik, ya suatu saat nanti gigi Anda bisa sakit dan berlubang.

Banyak penyebab gigi berlubang sakit. Terkadang, saat berlubang, gigi Anda terasa sakit. Bahkan, sangat sakit. Untuk tidur sakit, untuk duduk sakit. Apalagi saat makan atau mengunyah makanan. Aduh, sakitnya bukan main.

Oleh karena itu, usahakan gigi Anda jangan sakit dan jangan berlubang. Hindari makanan penyebab sakit gigi. Demikian pula minuman yang bisa menyebabkan gigi sakit dan berlubang. Anda harus menghindarinya.

Sakit gigi berlubang bukan hanya dialami oleh orang dewasa. Banyak juga anak-anak menderita sakit gigi berlubang. Jumlah penderita gigi berlubang cukup besar di Indonesia.

Bahkan, ada daerah yang hampir 100% penduduknya kena sakit gigi berlubang. Ini terjadi di Kalimantan, kata Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Zaura Anggraeni.

Data lain menunjukkan bahwa 72% anak usia 12 tahun sudah menderita gigi berlubang (caries). Sungguh menyedihkan.

Tetapi, sebenarnya apa penyebab gigi berlubang dan bagaimana cara mengatasinya? Dapatkah Anda menghindari penyebab gigi berlubang?

Baca: Sukses Merapikan Gigi dengan Menggunakan Tangan

Ya, pada kesempatan ini akan kita perbincangkan mengenai penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya. Tujuannya biar kita semua bisa terhindar dari gigi berlubang.

Rincian Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Anda Perhatikan

Gigi berlubang terjadi akibat kerusakan di bagian luar (email) sampai bagian dalam (dentin) yang akhirnya terbentuklah gigi berlubang. Ada banyak penyebab yang bisa membuat gigi Anda berlubang.

penyebab gigi berlubang

(foto:dictio.id)

Jika Anda menderita gigi berlubang, Anda harus segera mengatasinya. Jika tidak, lubang akan makin luas dan dalam sehingga gigi akhirnya tanggal. Bisa pula terjadi infeksi.

Berikut adalah 14 penyebab gigi berlubang sakit. Anda perlu mencegah terjadinya penyebab gigi berlubang. Apalagi sampai gigi berlubang berdarah.

Anda harus selalu merawat gigi dengan baik. Rajin menyikat gigi setelah sarapan pagi dan menjelang tidur malam. Dengan perawatan yang baik, Anda akan terhindar dari adanya bakteri penyebab gigi berlubang.

  1. Banyaknya bakteri pada mulut, membuat gigi berlubang, bau mulut tidak sedap.
  2. Suka mengonsumsi makanan dan minuman manis
  3. Suka mengonsumsi makanan dan minuman rasa asam seperti es jeruk, buah-buah dengan rasa asam, dsb.
  4. Jarang menyikat atau membersihkan gigi
  5. Tidak menggosok gigi setelah sarapan pagi dan menjelang tidur
  6. Tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride ketika menggosok gigi.
  7. Mulut sering kering akibat sedikitnya produksi air ludah
  8. Menderita penyakit refluks asam lambung.
  9. Usia lanjut (mengalami gigi kerpos dan akhirnya tanggal).
  10. Tidak pernah periksa gigi ke dokter. Bahkan, gigi mulai berlubang pun tidak periksa dokter dan tidak ditambal.
  11. Karena keturunan
  12. Sering minum alkohol
  13. Adanya tumpukan plak di gigi. Kian lama bisa menyebabkan gigi berlubang.
  14. Makan minum sebelum tidur. Sisa makanan minuman yang tertinggal sampai pagi hari berpotensi membuat gigi berlubang.

Dari ke-14 penyebab gigi berlubang di atas, coba cek kondisi gigi Anda. Jika ada, segera atasi biar gigi Anda tidak berlubang.

 Cara Mengatasi Penyebab Gigi Berlubang dengan Tepat

Penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya – Setelah mengetahui penyebab gigi berlubang dan mengecek kondisi gigi Anda, sekarang saatnya untuk action. Yakni, mengatasi gigi berlubang.

Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang yang tepat dan mampu membuat gigi selalu sehat dan bebas dari kemungkinan kena gigi berlubang?

Berikut cara mengatasi gigi berlubang dengan benar dan tepat, tetapi mudah.

A. Dengan cara menambal gigi berlubang

Ini adalah cara mengatasi gigi berlubang secara medis. Anda bisa datang ke Puskesmas terdekat di wilayah tempat Anda tinggal, dokter BPJS yang punya kartu BPJS atau dokter praktek swasta.

Setelah memeriksa kondisi gigi Anda, dokter akan menentukan cara mengatasinya. Bisa dengan tambal gigi atau pencabutan gigi. Semua tergantung pada kondisi gigi Anda.

Jika lubangnya masih sedikit atau kecil, dokter akan menambal gigi Anda. Tetapi jika lubangnya sudah parah, pencabtan gigi bisa menjadi solusi terbaik.

Untuk biaya tambal gigi di Puskesmas tentu saja murah karena subsidi pemerintah. Dokter Gigi di Puskesmas sama dengan dokter gigi di klinik kesehatan swasta. Mereka juga bekerja secara profesional berdasarkan sumpahnya.

Biaya tambal gigi di Puskesmas tentu berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Satu kota dengan kota lain atau satu kabupaten dengan kabupaten lain. Tetapi, aturan dasarnya sama se-Indonesia.

Yang lebih penting, gigi  harus selalu dirawat biar senantiasa sehat, tidak berlubang, tidak tanggal. Sebaliknya, gigi akan selalu bersih, putih dan selalu tampak rapi. 

B. Menggunakan obat herbal

Anda juga bisa mengatasi gigi berlubang dengan menggunakan obat herbal. Banyak juga orang yang bisa menyembuhkan sakit giginya dengan obat herbal, baik dengan minum obat sakit gigi atau obat untuk berkumur.

Berikut ini beberapa obat herbal yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi gigi berlubang.

1. Obat Kumur Walatra Propolis Brazilian

Anda bisa menggunakan obat kumur dari propolis brazilian yang pengolahannya memakai teknologi Nano. Daya serap obat herbal ini tinggi sehingga membuat penyembuhan gigi berlubang atau gigi rusak bisa maksimal.

Cara memakainya, siapkan 30 ml air hangat, tambahkan 2-3 tetes propolis dan aduk rata dengan sendok plastik (jangan sendok logam). Jika saat berkumur ada obat yang tertelan, tidak apa. Obat aman.

Cara lain adalah ambil kapas, tetesi propolis 2-3 tetes dan letakkan langsung ke gigi berlubang. Harga obat gigi berlubang ini Rp 115.000/botol.

Interupsi: Anda bisa menyimak video di bawah ini tentang cara dokter mengatasi gigi berlubang tanpa mencabut gigi. Banyak sisi negatifnya mencabut gigi.

2. Obat Gigi Berlubang Hersagi

Nama Hersagi adalah kependekan dari Herbal Sakit Gigi. Bahan pembuatan obat herbal ini adalah minyak zaitun, minyak caryophyli, pips, dan bahan-bahan berkhasiat lainnya.

Mengenai khasiat lain dari obat Hersagi adalah bisa menyegarkan bau mulut, melegakan nafas dan mengatasi rasa ngilu pada gigi.

Cara memakainya, teteskan obat herbal ini pada gigi berlubang atau gusi bengkak. Anda bisa meneteskan obat herbal ini langsung atau pakai kapas. Sebelumnya, Anda lebih dulu berkumur dan menyikat gigi. Lakukan 3 – 5 kali sehari.

Harga obat gigi berlubang ini Rp 31.000 untuk satu botol isi 12 ml. Ada juga ukuran botol lebih besar.

3. Herbal Alami Jelly Gamat QnC

Obat herbal ini sudah sangat terkenal. Bahan pembuatan obat herbal ini adalah teripang laut. Jelly Gamat ini punya banyak khasiat. Selain mengatasi gigi berlubang, juga mengobati sakit gigi, gusi bengkak, gusi berdarah, infeksi gusi, abses gigi, gigi ngilu, bau mulut, dsb.

Anak-anak, balita, remaja, dewasa ataupun orang tua bisa mengonsumsi obat herbal ini untuk berbagai penyembuhan.

Cara mengonsumsinya mudah. Sehari dua kali, pagi dan malam, masing-masing 1 sendok makan. Harga obat herbal ini Rp 155.000

4. Obat Kumur TLF Beauty Water

Obat herbal ini berkhasiat untuk mengatasi gigi berlubang, mengatasi bau mulut, sakit sariawan, efektif menyembuhkan sakit gigi, dan gusi biar lebih sehat.

Pembuatan obat herbal ini dari bahan ramuan herbal dan ekstrak daun sirih alami. Cara memakainya, semprotkan obat kumur ini pada gigi yang sakit setelah menyikat gigi atau semprotkan ke mulut.

Harga obat kumur ini adalah Rp 50.000 untuk satu botol isi 100 ml. Rp 95.000 untuk satu botol isi 250 ml.

5. Obat Gigi Berlubang Super Green Plus

Sementara itu, Anda bisa menggunakan obat gigi Super Green Plus untuk mengatasi gigi yang berlubang, gigi sakit, gusi bengkak dan menyegarkan bau mulut.

Setelah menyikat gigi dan membersihkan mulut, Anda bisa meneteskan obat herbal super green plus ini ke gigi berlubang Anda.

Atau Anda meneteskan obat herbal Super Green Plus langsung ke gigi berlubang atau menggunakan kapas. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

Anda juga bisa melakukan cara ini sebelum tidur. Caranya, teteskan obat gigi ke kapas, lalu kapas Anda tempelkan pada gigi yang berlubang sampai pagi (bangun tidur).

Lakukan setidaknya 3 malam berturut-turut. Harga obat gigi berlubang ini adalah Rp 85.000.

6. IDR MADU HERBAL

Anda bisa mengatasi gigi berlubang dengan IDR Madu Herbal. Obat herbal ini terbuat dari madu sialang, zaitun, habbatusauda, temulawak, propolis, kunir curcuma, jus kurma, zaitun asli Indonesia, dsb.

Baca: 8 Cara Merapikan Gigi, Pilih Cara Mana Yang Cocok & Cepat

Selain mengatasi gigi berlubang, obat herbal ini juga berkhasiat mengatasi banyak penyakit lain.

Misalnya, asam lambung, maag kronis, maag akut, gerd, kanker lambung, asam urat, stroke, jantung koroner, wasir, darah tinggi, darah rendah, kolesterol, dan masih banyak lagi.

Harga obat gigi berlubang ini Rp 185.000/botol.

Penutup

Demikian artikel mengenai penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang giginya berlubang san perlu perawatan.

Sesungguhnya mengatasi dan mencegah gigi berlubang mudah. Hindari penyebab gigi berlubang. Beres.

Caranya, ya Anda harus selalu merawat gigi dengan rutin menyikat gigi, berkumur menggunakan obat kumur, membersihkan sisa makanan di sela gigi menggunakan benang gigi, dsb.

Semoga artikel yang persembahan waraswiris.com ini bermanfaat untuk Anda semua. Oke??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *