16 Penyebab Gigi Keropos di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Sakit Gigi 0 Comments

PENYEBAB gigi keropos di usia muda. Ah, masih muda giginya sudah keropos dan berlubang? Ya, kini masalah gigi keropos tidak hanya dialami orang tua. Baru usia 20 tahun giginya sudah berlubang juga banyak.

Bahkan ada anak usia 18 tahun giginya mulai keropos. Lalu ditambal oleh dokter gigi. Lumayan. Tetapi 3 tahun kemudian, giginya kembali mengalami pengeroposan.

Bahkan, tidak hanya satu gigi. Dari tahun ke tahun, jumlah giginya yang keropos dan berlubang terus bertambah. Hampir separo giginya rusak akibat keropos dan berlubang.

Oleh seorang dokter gigi yang dikunjunginya, dia disarankan untuk memasang gigi palsu. Sebab, giginya yang rusak sudah terlalu banyak. Tak mungkin diperbaiki tanpa menggunakan gigi palsu.

Kasus Gigi Keropos di Usia Muda Cukup Tinggi – Banyak Tak Peduli

penyebab gigi keropos di usia muda

anak usia 15 tahun giginya berlubang (foto:tribunnews.com)

Kasus gigi keropos dan berlubang memang masih cukup tinggi di Indonesia. Bahkan juga di dunia. Maka, Anda yang masih muda sebaiknya berhati-hati untuk selalu menjaga agar gigi Anda tidak keropos atau berlubang.

Punya gigi keropos tentu tidak nyaman. Apalagi gigi berlubang disertai rasa sakit. Wuhh… rasanya tak tertahankan. Dibuat duduk sakit. Dibuat tidur ya sakit. Apalagi dibuat makan. Saat makanan menyentuh gigi keropos atau gigi berlubang, wuhh.. sakit bukan main.

Meski banyak juga gigi berlubang yang tidak sakit. Tahu-tahu lubang gigi sudah melebar dan dalam. Bahkan, akhirnya gigi rusak.

Gigi keropos terjadi akibat enamel gigi terkikis oleh zat asam. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, gigi bisa menjadi berlubang sampai gigi patah atau rusak.

Bahkan, bisa menyebabkan kesehatan tubuh juga terganggu. Antara lain bisa infeksi di ruang jantung dan katup jantung, infeksi sinus, dsb.

Penyebab Gigi Keropos / Berlubang di Usia Muda

Apa saja penyebab gigi keropos  pada usia muda? Ya, penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya:

1. Anda terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis / asam.

2. Mulut sering kering karena sedikitnya air liur.

3. Anda mengidap penyakit asam lambung atau maag

4. Mengalami gangguan makan

5. Mengonsumsi obat ataupun suplemen yang mengandung tinggi gula (rasa sangat manis).

6. Banyak plak, bahkan karang gigi, juga menjadi penyebab gigi keropos / berlubang.

7. Sedikitnya asupan fluor.  Fluor bisa diperoleh dari pasta gigi yang mengandung fluor. Maka, untuk menggosok gigi, pilihlah pasta gigi yang mengandung flour.

Tentu saja, penanganan gigi keropos atau berlubang sesuai dengan kondisi gigi tiap pasien. Artinya, penanganan didasarkan pada penyebab gigi keropos/berlubang.

Penanganan gigi keropos atau berlubang, antara lain dengan penambalan gigi, perawatan saluran akar, pemasangan crown, atau gigi harus dicabut jika kerusakannya sudah parah.

Jika gigi Anda harus dicabut, maka sebagai gantinya perlu pemasangan gigi palsu. Baik gigi yang dicabut hanya satu, dua atau lebih. Pilihan mana yang tepat, dokter perlu memeriksa langsung kondisi gigi Anda.

Cara Mencegah Gigi Keropos pada Usia Muda

Cara yang terbaik untuk menghindari atau mencegah gigi keropos di usia muda adalah Anda harus selalu memelihara gigi dengan baik. Beberapa cara berikut ini bisa mencegah gigi keropos atau berlubang.

1. Anda harus selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi saat pagi dan sebelum tidur.

2. Selalu membersihkan sisa makanan di sela gigi dengan benang gigi.

3. Selalu berkumur sesudah makan. Akan lebih baik menggunakan obat kumur.

4. Kurangi konsumsi makanan minuman manis dan asam. Buat minuman jangan terlalu manis. Demikian pula dengan makanan, jangan mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Atau mengonsumsi makanan dan buah yang terlalu asam.

5. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang sangat panas.

6. Perbanyak minum air putih. Setidaknya minum ait putih minimal 2 liter (6 – 8 gelas) per hari.

7. Sering mengonsumsi makanan ringan atau cemilan pada malam hari.

8. Kekurangan kalsium. Sebaiknya Anda selalu mengonsumsi makanan yang cukup kandungan kalsiumnya. Misal bayam, kale, lobak, sawi hijau, okra, brokoli, dan bok choy, ikan sarden, tongkol, salmon, sayuran dan buah.

9. Kurangi merokok dan minum alkohol

Penutup

Mengetahui penyebab gigi keropos sangat penting. Dengan cara ini, Anda bisa mencegah terjadinya gigi keropos di usia muda. Gigi Anda akan selalu sehat dan rapi sekaligus putih.

Semoga sajian dari waraswiris ini bermanfaat untuk Anda semua yang punya gigi keropos atau berlubang. Tetapi, mencegah gigi keropos juga sama pentingnya.

!-- Ads 300x250 -->