6 Penyebab Gigi Sensitif (Ngilu) dan Cara Mengatasinya

Bau Mulut, Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

PUNYA gigi sensitif tentu tidak nyaman. Untuk mengatasi gigi sensitif, Anda perlu tahu apa penyebab gigi sensitif. Begitu Anda bisa menghindari penyebabnya, maka gigi sensitif akan teratasi.

Anda tidak akan khawatir lagi dengan terjadinya gigi sensitif. Meskipun Anda tetap perlu hati-hati ketika akan mengonsumsi makanan yang bisa membuat gigi Anda sensitif.

Tetapi secara bertahap, gigi Anda tidak akan sensitif lagi.

Pertanyaannya, apa saja penyebab gigi sensitif? Lalu, bagaimana cara mengatasi gigi sensitif?

Perbincangan berikut akan cari tahu jawaban atas pertanyaan itu sehingga nantinya Anda bisa mengatasi gigi sensitif dan akhirnya bisa bebas dari gigi sensitif.

Pengertian Gigi Sensitif

penyebab gigi sensitif

gigi sensitif (foto:klikdokter.com)

Apa maksud dari “gigi sensitif”? Jika Anda mengonsumsi minuman dingin atau panas dan tiba-tiba gigi terasa ngilu (mak cleng), itu tandanya gigi Anda adalah gigi sensitif.

Tidak hanya orang dewasa. Gigi sensitif bisa terjadi pada anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua (lansia). Jadi: siapa saja bisa mengalami gigi sensitif.

Menurut dr Kevin Adrian, gigi sensitif terjadi akibat lapisan dentin gigi terbuka. Maka, bagian akar gigi yang punya banyak saraf akan mudah terkena rangsangan tertentu.

Baca: 9 Cara Memperbaiki Susunan Gigi Yang Berantakan

Contohnya terkena suhu panas atau dingin. Terkena makanan atau minuman yang manis dan asam.

Penyebab Gigi Sensitif

Ada banyak penyebab terjadinya gigi sensitif (terasa ngilu) yang perlu Anda kenali. Dengan mengetahui penyebab gigi sensitif, maka Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Bahkan, Anda bisa mengatasi sendiri tanpa harus pergi ke dokter gigi.

Apa saja penyebab gigi sensitif? Penyebabnya antara lain:

1. Menggosok Gigi dengan Kuat

Sebaiknya Anda menggosok gigi dengan perlahan. Jangan terlalu keras.

Menggosok gigi terlalu kuat bisa membuat enamel gigi atau lapisan pelindung gigi cepat terkikis atau rusak. Atau terjadi abrasi gigi.

Akibatnya, dentin terbuka. Efek selanjutnya, gigi Anda menjadi sensitif. Dentin memang sensitif terhadap rangsangan nyeri seperti makanan panas atau dingin.

2. Gigi Retak, Patah Atau Berlubang

Gigi yang rusak, patah atau berlubang bisa mengakibatkan berbagai gejala. Antara lain membuat gigi sensitif.

Tentu saja, biar gigi Anda tidak sensitif, masalahnya harus Anda atasi. Penyebabnya harus Anda hilangkan. Gigi yang rusak, patah atau berlubang harus Anda atasi.

3. Gusi Membengkak

Gusi yang bengkak juga bisa mengakibatkan gigi sensitif. Sebab, gusi yang sakit (ngingivitis) akan membuat gusi tertarik dan akar gigi terbuka. Jika gusi bengkak tidak segera Anda atasi, maka gigi bisa menjadi sensitif.

4. Gusi Mengkerut

Gusi yang mengkerut juga bisa menyebabkan gigi sensitif. Ini terjadi pada mereka yang telah lanjut usia.

Baca: 11 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Disertai Rasa Nyeri

Akibat gusi yang mengkerut, maka bagian gigi yang seharusnya tertutup menjadi terbuka. Padahal, bagian gigi yang ini sensitif terhadap rangsangan nyeri.

5. Sering Pakai Pemutih Gigi, Makanan Minuman Rasa Asam

Gigi Anda juga bisa menjadi sensitif jika sering terkena zat iritatif.

Antara lain mengonsumsi makanan minuman yang mengandung zat asam, asam lambung atau produk pemutih gigi.

Maka, biar gigi tidak sensitif, kurangi konsumsi makanan minuman rasa asam. Demikian pula pemakaian produk pemutih gigi, sebaiknya Anda kurangi.

6. Banyaknya Plak di Gigi

Plak gigi yang menumpuk juga bisa membuat gigi sensitif. Maka, Anda sebaiknya selalu menghindari terjadinya plak gigi dengan rajin membersihkan gigi.

Jika muncul plak, Anda cepat membersihkannya. Sebab, plak yang menumpuk bisa membuat banyak bakteri di permukaan gigi.

Banyaknya bakteri bisa menghasilkan banyak zat asam yang mengakibatkan lapisan gigi terkikis. Makin lama, gigi Anda bisa menjadi sensitif.

gigi sensitif

gigi sensitif (foto:liputan6.com)

7 Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Nah, setelah tahu penyebab gigi sensitif, lalu bagaimana cara mengatasi gigi sensitif?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara mengatasi gigi sensitif tentu saja harus Anda sesuaikan dengan penyebabnya. Antara lain:

1. Pakai Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi untuk gigi sensitif bisa mencegah timbulnya rasa nyeri yang diakibatkan oleh gigi sensitif.

Gunakan pasta gigi ini sampai beberapa kali. Pasta gigi akan menahan respons rasa nyeri di permukaan gigi sehingga tidak sampai ke saraf gigi.

Kini makin banyak merk pasta gigi untuk gigi sensitif. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan pasta gigi khusus ini.

Harga pasta gigi sensitif juga murah. Ada yang harganya Rp 16.000 (Siwak F), Rp 17.000 (Dentova), Rp 23.000 (Pepsodent), dsb.

2. Pakailah Fluoride Berbentuk Gel

Apabila pakai pasta gigi khusus gigi sensitif tidak bisa mengatasi rasa ngilu pda gigi, maka Anda bisa memakai fluoride berbentuk gel.

Cara menggunakannya, fluoride Anda oleskan pada gigi yang sensitif. Lapisan terluar gigi atau enamel bisa menguat dan rasa ngilu akan berkurang.

Jika tidak bisa atau ragu untuk menggunakan fluoride sendiri, Anda bisa periksa ke dokter gigi.

3. Pakai Bahan Pengurang Gigi Sensitif

Terkadang akar gigi bisa terbuka akibat pergeseran posisi gusi. Biasanya, dokter gigi akan mengoleskan bahan desensitivitas atau bahan bonding ke permukaan gigi yang sensitif.

4. Sering Merawat Gusi

Sama dengan gigi, maka gusi juga perlu Anda rawat biar selalu sehat. Jika tidak ada perawatan, gusi juga bisa rusak. Perawatan gusi akan mengurangi rasa ngilu (sensitif).

5. Menambal Gigi Berlubang

Jika gigi Anda berlubang, maka perlu penambalan. Biarpun lubangnya kecil, tetap perlu penambalan biar tidak timbul gigi sensitif atau muncul rasa ngilu / nyeri.

6. Perawatan pada Saluran Akar Gigi

Apabila berbagai upaya di atas belum mampu menghentikan gigi sensitif, bahkan rasa ngilu makin parah (berat), maka dokter akan melakukan perawatan saluran gigi.

Cara ini juga menangani masalah pada saraf gigi.

7. Hindari Makanan Banyak Gula

Cara lain mengurangi gigi sensitif adalah mengurangi konsumsi gula. Baik untuk makanan ataupun minuman.

Demikian pula makanan minuman terasa asam. Anda perlu menghindarinya. Makanan yang sangat manis atau sangat asam bisa merusak gigi.