Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah – Cara Mengatasi dan Mencegah

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

PUNYA gusi bengkak dan bernanah tentu tidak nyaman. Jangankan anak-anak. Orang tua pun akan merasa sakit dan nyeri punya gusi bengkak. Pertanyaannya, apa penyebab gusi bengkak dan bernanah?

Mengetahui penyebab suatu penyakit, termasuk gusi bengkak dan bernanah, tentu saja sangat penting. Dengan cara itu, Anda bisa mengatasi gusi bengkak dengan tepat dan tuntas.

Yang Anda atasi bukan hanya sakitnya, tetapi juga sumber terjadinya penyakit (rasa sakit).

Lantas, apa saja penyebab gusi bengkak dan bernanah? Bagaimana cara mengobati gusi bengkak atau / dan gusi bernanah?

Apa Saja Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah

Punya gusi bengkak, apalagi bernanah, memang sangat merepotkan. Anda tidak hanya menahan rasa nyeri dan sakit. Kondisi itu juga bisa menyulitkan Anda untuk makan, berbicara atau tidur.

Maka, cara terbaik adalah segera mengatasi gusi bengkak bernanah saat tahap awal timbul. Bukan menunggu setelah gusi bengkak menjadi parah.

Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah

Apakah dengan periksa ke dokter, mengonsumsi obat penyembuh gusi bengkak, termasuk obat herbal atau menggunakan obat tradisional gusi bengkak.

Kini, kita ketahui dulu apa sesungguhnya penyebab gusi bengkak dan bernanah. Ini penting untuk Anda ketahui supaya cara mengatasi gusi bengkak bernanah bisa tuntas. Gusi bengkak atau gusi bernanah tidak akan terjadi lagi.

Ada beberapa penyebab gusi bengkak bernanah, yakni:

1. Terkena Infeksi:

Gusi yang kena infeksi adalah gusi yang tampak membesar. Sementara, nanah dan darah sering tampak di sekitarnya. Infeksi gusi yang umum terjadi adalah sariawan.

Gusi yang menderita infeksi terlihat lebih merah dibandingkan area gusi di sekitarnya. Jika tidak segera diobati, maka timbullah gusi bengkak bernanah.

2. Radang gusi: 

Ini adalah penyebab gusi bengkak paling banyak. Radang gusi atau gingivitis sering terjadi akibat plak yang sudah menumpuk di gigi.

Plak akhirnya mengiritasi gusi. Bahkan bisa menyebabkan gusi terkena infeksi. Akibat lanjutannya, maka terjadilah gusi bengkak bernanah.

3. Kekurangan vitamin B dan C:

Kedua vitamin itu memang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan kedua vitamin itu bisa menyebabkan gigi dan gusi tidak sehat dan mudah terjadi bengkak dan bernanah.

Maka, usahakan selalu bisa mengonsumsi kedua vitamin itu sehingga gigi dan gusi sehat. Menemukan makanan dan buah yang mengandung kedua vitamin itu sangat mudah dan murah. Lebih jauh tentang Kekurangan Vitamin C.

4. Sedang hamil:

Bunda yang sedang hamil juga perlu berhati-hati. Perubahan produksi hormon selama Bunda hamil bisa membuat aliran darah ke gusi meningkat.

Kondisi ini bisa menyebabkan gusi mudah terkena iritasi dan pembengkakan. Apabila disertai infeksi, maka bisa terjadi gusi bengkak dan bernanah.

5. Menggosok gigi terlalu keras:

Hati-hati ketika menggosok gigi. Jangan terlalu keras. Cukup perlahan-lahan saja. Demikian juga saat melakukan flossing gigi (membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan benang gigi). Tujuannya supaya gusi tidak berdarah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah

Bagaimana cara mengobati gusi bengkak sekaligus gusi bernanah?

Jika Anda berkunjung ke dokter gigi, maka dokter akan lebih dulu membersihkan nanah pada gusi dan menghilangkan infeksi yang menyebabkan gusi bengkak bernanah. Selain itu juga melakukan perawatan saluran akar (perawatan endodintik).

Setelah gusi bersih dari nanah dan tidak berdarah lagi, dokter baru akan melakukan penambalan gigi.  Gusi bengkak dan bernanah biasanya akibat gigi berlubang yang tidak diatasi sampai tuntas.

Jika infeksi pada gusi akibat plak dan karang gigi yang menumpuk, maka dokter akan melakukan pembersihan plak dan karang gigi atau hal lain yang dipandang perlu sesuai dengan hasil pemeriksaan atas kondisi gusi. Setelah itu barulah mengobati gusi bengkak dan gusi bernanah.

Bagaimana Cara Mencegah Gusi Bengkak dan Bernanah

Cara terbaik tentu saja mencegah jangan sampai gusi Anda bengkak dan bernanah. Sebab, gusi bengkak dan bernanah tentu merupakan gusi yang tidak sehat. Anda pun akan merasa tidak nyaman dan terganggu dengan kondisi gusi bengkak.

Untuk mencegah terjadinya gusi bengkak dan gusi bernanah, maka Anda bisa melakukan saran berikut ini:

1.Rajinlah menggosok gigi, setidaknya dua kali dalam sehari. Lakukan cara menyikat gigi dengan benar.

2. Selalu berkumur dengan obat kumur antiseptik setelah menyikat gigi. Obat kumur akan membunuh bakteri penyebab infeksi pada gigi, mulut atau gusi.

3. Perbanyak minum air putih, terutama sesudah makan. Penting untuk membantu membersihkan sisa makanan pada gigi.

4. Jangan merokok. Zat dalam kandungan rokok bisa menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit gigi dan gusi.

5. Jangan stres. Bisa menyebabkan peradangan di gusi.

Baca – Cara Merapikan Gigi Renggang dengan Sendok Kayu

6. Gusi bengkak bernanah harus segera diatasi. Jika tidak segera ditangani, infeksi bisa menyebar ke area lain di sekitarnya. Jaringan gigi dan gusi bisa rusak. Maka, jika Anda menderita gusi bengkak dan bernanah, harus segera disembuhkan.

Demikian artikel mengenai Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah serta Cara Mencegah dan Mengobatinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.