Penyebab Penyakit Tipes Kambuh dan Cara Pencegahannya

Berita 0 Comments

PENYAKIT tipes bisa kambuh? Apa penyebab penyakit tipes kambuh? Kalau waktu kambuhnya setelah lama sembuh, bisa dipahami. Tetapi, terkadang tipes kambuh hanya dalam waktu pendek setelah sebelumnya dinyatakan sudah sembuh oleh dokter.

Jadi, apa yang menyebabkan tipes atau demam typhoid (tifoid) bisa kambuh dalam waktu cepat? Adakah cara-cara untuk mencegah agar sakit tipes tidak kambuh?

Ya, siapa pun setelah sembuh dari sakit yang dideritanya tak ingin penyakitnya kambuh. Mereka ingin sembuh total dan kembali sehat untuk selamanya.

Cara Menghindari Penyebab Penyakit Tipes Kambuh

penyebab penyakit tipes kambuh

(foto:rosyad.web.id)

Tetapi untuk sembuh permanen atau sembuh untuk waktu lama memang harus ada usaha. Misalnya tetap minum obat sampai tuntas, harus mengonsumsi makanan atau buah tertentu, harus menghindari makanan dan buah tertentu, dsb.

Tanpa usaha tertentu seperti disarankan dokter, tentu penyakit bisa kambuh. Bahkan, tidak menunggu lama. Dalam waktu dekat setelah dinyatakan sembuh, penyakit bisa kambuh.

Begitulah juga penyakit tipes. Gejala tipes biasanya muncul dua minggu setelah demam reda. Sekitar 10 persen penderita tipes memang sakit lagi (kambuh) selama 1–2 minggu.

Untuk mengatasi penyakit tipes kambuh, dokter biasanya kembali memberikan antibiotik. Tetapi, penyakit kambuhan tidak separah sebelumnya.

Bahkan, bila dari pemeriksaan masih ditemukan bakteri Salmonella typhi pada feses atau tinja pasien, maka Anda disarankan mengonsumsi antibiotik lagi selama 28 hari. Diharapkan dengan ini, bakteri bisa lenyap dan tipes tidak kambuh lagi nantinya.

Vaksin atau imunisasi memang tidak mampu melindungi Anda 100 persen dari tipes. Risiko kena sakit tipes masih bisa terjadi. Walaupun Anda sudah sudah mendapatkan imunisasi.

Tidak ada cara lain untuk menghindari terjadinya sakit tipes kecuali dengan memerhatikan gejalanya. Hindari bersentuhan dengan hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit tipes.

Menjaga Kebersihan Kunci Menghindari Tipes Kambuh

Selalu menjaga kebersihan adalah kunci sukses mengobati penyakit tipes. Supaya tipes tidak kambuh, Anda harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

1. Selalu cuci tangan ketika habis melakukan suatu pekerjaan / perbuatan atau ketika akan mengonsumsi makanan. Dengan cuci tangan diharapkan tak ada bakteri tipes yang masuk ke tubuh bersamaan dengan makanan minuman yang Anda konsumsi.

2. Gunakan air bersih mengalir saat membersihkan tangan. Bukan hanya telapak tangan, punggung tangan juga harus dibersihkan. Sela-sela jari dan kuku yang agak panjang.

3. Gunakan sabun ketika mencuci tangan. Sabun harus sampai berbusa dan busa itulah yang akan membersihkan tangan Anda.

4. Gosok tangan yang dibersihkan menggunakan busa sabun sekitar 20 detik

5. Bilas tangan Anda dengan air bersih mengalir.

6. Keringkan tangan Anda dengan handuk atau udara kering.

Penutup

Pengobatan yang tidak tuntas bisa menyebabkan penyakit tipes yang sudah dinyatakan sembuh bisa kambuh. Selain itu harus selalu menjaga keberhan diri dan lingkungan. Selalu cuci tangan saat akan makan atau mengonsumsi makanan apa pun.

!-- Ads 300x250 -->