Penyebab Penyakit Vertigo Akibat Salah Posisi Tidur

Sakit Kepala 0 Comments

PENYEBAB penyakit vertigo banyak. Salah satunya adalah salah posisi tidur. Artinya, Anda tidur tidak pada posisi yang benar. Maka, cara penyembuhannya harus dengan membetulkan cara tidur. Anda harus tidur pada posisi yang benar.

Bagaimana posisi tidur yang benar sehingga tidak menyebabkan terkena penyakit vertigo? Tentu saja, untuk memastikan penyebab sakit vertigo yang Anda derita, dokter akan melakukan pemeriksaan secara khusus.

Dalam artikel ini hanya akan disampaikan pengalaman seorang penderita vertigo akibat sering salah posisi waktu tidur.

Akibat penyakit vertigo yang dideritanya, pasien ini sampai harus berobat ke Singapura. Tidak tahunya, penyebab penyakit vertigo yang dideritanya adalah akibat salah posisi tidur. Ya, tampaknya sepele. Salah posisi tidur. Tetapi, akibatnya bisa berat. Terkena penyakit vertigo.

Vertigo Kambuh: Seperti Diayun ke Segala Arah Tanpa Jelas

Pasien ini atau tepatnya bekas pasien vertigo ini menceritakan ketika penyakitnya masih sering kambuh. Aduh, rasanya seperti berada di sebuah round table, lalu diputar berkeliling atau terkadang terasa seperti diayun ke segala arah yang tidak jelas. Lalu diangkat tinggi dan berputar semuanya.

penyebab vertigo kambuh

cara tidur penderita vertigo (foto:vemale.com)

Ketika vertigo kambuh, kepala diletakkan di atas bantal juga tidak nyaman. Rasanya terus ingin berputar dan kita seakan ingin mencari pegangan kemana-mana.

Apalagi untuk melihat atau menunduk ke bawah, jelas tidak mungkin. Cara itu justru akan membuat vertigo terasa makin berat.

Dalam kondisi demikian, rasanya tidak ingin tidur berbaring. Tetapi tidur dengan duduk supaya kepala sakit atau vertigo kambuh tidak terjadi.

Rasa percaya diri juga menurun karena vertigo bisa terjadi atau muncul kapan saja. Repotnya, vertigo muncul tanpa ada tanda-tanda.

Minum obat tidak bisa menyembuhkan vertigo sampai tuntas. Vertigo masih saja kambuh.

Bahkan, kian lama intensitas vertigo makin tinggi.Tiap tidur dalam posisi miring ke kanan, vertigo langsung kambuh. Begitu berulang-ulang. Akhirnya dia berpikir, ini pasti ada yang salah. Cuma salahnya di mana, dia tidak tahu.

 Terapi di RS Singapura: Disuruh Tiduran dengan Menoleh ke Kiri dan Kanan 

Dalam suatu reuni Lebaran, oleh seorang temannya dia disarankan untuk berobat ke RS. Mt Elizabeth Singapura. Ada profesor neorolog yang ahli stroke. Dia pun memenuhi saran temannya itu dengan terbang ke Singapura.

Di rumah sakit itu, pertama dia dicek aliran darahnya melalui blood circulation scan. Apakah ada bagian pembuluh darah yang mampet atau alirannya kurang lancar sehingga menyebabkan dia terkena penyakit vertigo. Di sini, dokter mengecek di mana sumber penyebab vertigo sering kambuh.

Setelah itu, dia diharuskan menjalani terapi di atas kursi sofa oleh seorang suster / perawat. Dia disuruh telentang di atas kursi sofa dengan kepala nongol ke luar kursi. Tentu saja tanpa bantal.

Oleh suster, dia disuruh menoleh ke kiri. Kontan saja, vertigonya kembali kambuh. Keadaan sekeliling seperti berputar dan dia mencari pegangan.

Tetapi, suster itu hanya meminta dia untuk tenang. Tidak lama kemudian, vertigo pun reda. Perasaan bahwa kondisi sekeliling berputar hilang.

Lalu, dia disuruh menoleh ke kanan. Aduh, penyakit vertigo kembi kambuh. Tetapi, kondisinya lebih ringan dibandingkan ketika dia diminta menoleh ke kiri.

Setelah penyakit vertigo reda, dia diminta tengkurap dan melihat lantai. Setelah itu, ia diminta bangun perlahan-lahan dengan mata melihat ke bahu. Setelah itu diminta duduk di kursi.

Terapi selanjutnya adalah dia diminta tidur dengan posisi miring ke kiri dan miring ke kanan bergantian. Semua proses terapi itu tidak lebih dari 15 menit.

Penyebab Penyakit Vertigo: Kristal dalam Telinga Terlepas

Setelah terapi selesai, dia pun bertanya mengapa dirinya bisa kena penyakit vertigo. Jawabannya sangat sederhana. Karena dia selalu tidur dengan hanya miring ke salah satu sisi. Misalnya, selalu miring ke kanan dan tidak pernah miring ke kiri. Atau sebaliknya.

Kondisi itu bisa menyebabkan kristal pada telinga terlepas sehingga menyebabkan keseimbangannya terganggu. Dengan terapi, adanya kristal dikembalikan lagi sehingga bisa terhindar dari gangguan penyakit vertigo.

Jika setelah terapi penyakit vertigo masih terjadi, ia diminta minum tablet yang diberikan. Tablet itu hanya satu. Kebetulan, setelah terapi, vertigo yang dideritanya tidak kambuh.

Malam hari setelah terapi, dia bisa tidur nyenyak tanpa gangguan vertigo. Tidurnya dengan miring ke kanan dan miring ke kiri. Jadi, tidur dengan miring yang seimbang. Penyebab tidur telah teratasi.

Karena sebelumnya dia sering pijat, pasien ini juga bertanya kepada dokter terapi apakah setelah ini dia boleh pijat. Dia disarankan tidak pijat karena dikhawatirkan kalau terjadi salah pijat.

Diceritakan, vertigo terakhir sebelum terapi di Singapura, kambuh saat dia dipijat kepalanya. Ya, mungkin salah pijat sehingga vertigonya kambuh.

Sebelum kembali ke Indonesia, dia kembali menjalani terapi serupa. Ternyata, vertigonya tidak muncul pada terapi kedua seperti halnya waktu terapi pertama.

Itulah terapi vertigo yang sangat sederhana, tetapi ampuh menyembuhkan vertigo yang dia derita. Dia belum pernah menerima saran terapi dari dokter di Indonesia. Walaupun ia sering periksa dokter sebelum terapi di Singapura.

Bisa Anda Coba: Tidur Miring ke Kiri dan Miring ke Kanan

Jenis vertigo memang ada beberapa. Sebab, penyebab penyakit vertigo kambuh tidak hanya satu. Yang dialami pasien Khurniawan di atas hanya salah satu jenis penyakit vertigo.

Tetapi, jika Anda sering menderita vertigo, bisa mencoba apa yang dialami pasien di atas saat terapi di rumah sakit di Singapura. Yakni, tidur dengan miring ke kanan dan ke kiri ataupun telentang bergantian.

Ya, siapa tahu dengan mencoba tidur miring ke kanan dan kiri atau telentang bisa membuat Anda sehat. Penyakit vertigo tidak lagi kambuh.

Saran ini tidak hanya untuk mereka yang telah dan pernah kena vertigo. Saran ini juga untuk Anda yang sehat, yang tidak punya penyakit vertigo. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penyakit vertigo. Sebab, kalau Anda sudah kena vertigo, akan sangat repot. Vertigo bisa kambuh kapan saja dan di mana saja Anda berada.

Sekali lagi, jangan tidur hanya miring pada satu posisi. Sebab, cara itu bisa menjadi penyebab penyakit vertigo. Tetapi, miringlah ke kanan, miring ke kiri atau telentang. Semua perlu Anda jalani supaya tetap sehat, tidak terkena penyakit vertigo.

Penutup

Demikian artikel mengenai pengalaman serorang pasien tentang penyebab penyakit vertigo dan cara menyembuhkannya dengan cara yang sangat sederhana. Cara ini diperoleh saat pasien di atas melakukan terapi vertigo di sebuah rumah sakit di Singapura.

Walaupun ini hanya salah satu jenis terapi, tetapi siapa tahu model terapi ini cocok dengan Anda. Bisa menyembuhkan vertigo Anda. Menghindarkan Anda dari kena penyakit vertigo yang sering kambuh.
(sumber utama dari Kompasiana.com).